Kepemimpinan Kepala Sekolah Pada SD Negeri Winangun

Elni J. Usoh, Viktory N. J Rotty, Yudi Betsi Londa, Sifra Ch. Kalangi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang: (1) Kepemimpinan kepala sekolah pada SD Negeri Winangun, (2) Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan kepemimpinan kepala sekolah pada SD Negeri Winangun. (3) Upaya yang dilakukan untuk menanggulangi kendala kepemimpinan kepala sekolah pada SD Negeri Winangun. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan sejak bulan Desember 2018 sampai dengan Maret 2019, dengan metode kualitatif dan menggunakan teknik wawancara tak terstruktur, studi dokumentasi, observasi pada SD Negeri Winangun. Berdasarkan paparan data, temuan penelitian dan pembahasan penelitian, disimpulkan  bahwa: 1) Kepala SD Negeri Winangun menerapkan. Kepemimpinan persuasif yang tercermin pada beberapa faktor: Kepala Sekolah berusaha membangun kepercayaan bawahan terhadap dirinya dan membangun  komunikasi yang baik kepada  orang tua murid,  menawarkan ide-idenya disertai alasan-alasan yang logis, sehingga idenya diterima sebagai keputusan bersama, memberikan kesempatan kepada bawahan untuk menyampaikan idenya. 2) Kendala yang dihadapi Kepala Sekolah,  respon yang kurang baik dari bawahan dan adanya orang tua murid memaksakan kehendak. 3) Kepala SD Negeri Winangun berupaya menanggulangi kendala yang dihadapinya, diantaranya memberikan sanksi tegas bagi yang melanggar aturan, memberikan bantuan terhadap bawahannya, bekerjasama dengan orangtua murid untuk melengkapi sarana prasarana sekolah. Berdasarkan kesimpulan peneliti mengemukakan saran. Kepala SD Negeri Winangun dalam pelaksanaan kepemimpinannya perlu meningkatkan hubungan yang baik dengan bawahan dan orang tua murid.

Keywords


Kepemimpinan; Kepala Sekolah

Full Text:

PDF

References


Budi, Suhardiman. 2012. Studi Pengembangan Kepala Sekolah: Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Budi 2008. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19 tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan oleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Biro Hukum.

Dadang Suhardan 2010. Supervisi Profesional Layanan Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Era Otonomi Daerah. Bandung: CV. Alfabeta

Djam’an Satori, Aan Komariah. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta

Jhon M.Echols dan Hassan Shadily. 2005. Kamus Inggris Indonesia, Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.

Kambey, Daniel C. 2012. Pengantar Manajemen. Manado: Yayasan Triganesha Nusantara.

Miftah Thoha. 2010. Kepemimpinan dalam Manajemen. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Moloeng, Lexy. J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Mukhtar, Rusmini dan Samsu. 2005. Sekolah Berprestasi. Jakarta: Nimas Multima

Mulyasa, 2004. Kepemimpinan Kepala Sekolah,Jakarta: Raja Gravindo Persada

Nasution, S. 1992. Metodologi Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito

Purwanto, 2009. Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung: PT.Remaja Rosdakarya

Riduwan. 2008. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: CV. Alfabeta

Sallis, Edward. 2004. Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan (Daniel C. Kambey & Ellen S Kambey, penerjemah). Manado: Universitas Negeri Manado

Sedarmayanti, 2010. SumberDaya Manusia dan Produktivitas Kerja, Bandung Mandar maju

Siagian, Sondang P. 2003. Teori dan Praktek Kepemimpinan. Jakarta: Rineka Cipta

Sudarman, Danim. 2006. Visi Baru Manajemen Sekolah: Dari Unit Birokrasi ke Lembaga Akademik. Jakarta: Bumi Aksara

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Wahyudi. 2009. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajar. Bandung: CV. Alfabeta

Wursanto, 2003.Dasar-dasar Ilmu Organisasi, Yogyakarta: PT. Andi

Yukl, Gary. 2001. Kepemimpinan dalam Organisasi, Edisi ke Lima (Budi Supriyanto, Penerjemah). Jakarta: Indeks




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.3.1527-1534.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id