Penyusunan Laporan Keuangan UMKM di Desa Ciporeat

Christine Dwi Karya Susilawati, M. Sienly Veronica, Aurora Angela, Barnabas Tridig Silaban

Abstract


Abdimas ini dilatarbelakangi kebutuhan UMKM Desa Ciporeat untuk dapat mencatat dan menyusun laporan keuangan dari kegiatan UMKM yang dilakukan. Metode yang dilakukan dengan melakukan bimbingan dan pelatihan penyusuan laporan keuangan dimulai dengan persamaan dasar akuntansi sederhana. Hasil evaluasi kegiatan setelah diberikan bimbingan dan pelatihan adalah UMKM di Desa  Ciporeat yang mengikuti kegiatan abdimas ini menjadi lebih memahami proses penyusunan laporan keuangan tersebut.

Keywords


Penyusunan laporan keuangan; Desa Ciporeat; UMKM

Full Text:

PDF

References


Hati, S. W., & Irawati, R. (2020, Juli 1). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Di Kota Batam. Jurnal Bisnis STRATEGI ( Vol. 29 No. 1 ), 1-13.

Nurdwijayanti, N., & Sulastiningsih. (2018, Mei). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Implementasi Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (Sak Etap) Pada UMKM (Studi Kasus Pada UMKM Di Suryodiningratan Mantrijeron Yogyakarta). Jurnal Riset Akuntansi Mercu Buana (Volume 4 No.1), 35-50.

Purnomo, A.K. (2019). Pengolahan Riset Ekonomi Jadi Mudah Dengan SPSS. Surabaya: CV. Jakad Publishing

Sheilliarika, W.A., Maryani, S., & Efendi, H. (2020). Pengaruh Membatasi Mobilitas Kereta Api Guna Mencegah Covid-19 dengan Uji-T Berpasangan (Paired Sample T-Test). Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika (JMP), 12(2), 43

- 48. http://jos.unsoed.ac.id/index.php/jmp/article/view/3741/2058

Susilowati, L. (2017). Akuntansi dalam Praktek Untuk Perusahaan Jasa dan Dagang.

Kalimedia.

Yolanda, N. A., Surya, R. A., & Zarefar, A. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Informasi Akuntansi Pada UMKM dengan Ketidakpastian Lingkungan sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris Pada UMKM di Kabupaten Kuantan Singingi). Jurnal Akuntansi Keuangan Dan Bisnis (13(1)), 21-30.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.3.1499-1504.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id