Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Motivasi Guru Terhadap Kinerja Pengawas
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis besarnya pengaruh kepemimpinan kepala
madrasah dan motivasi guru terhadap kinerja pengawas di kota Gorontalo baik secara simultan maupun
parsial. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Teknik pengambilan sampel yang
digunakan pada penelitian adalah purposive sample yaitu pengambilan subjek didasarkan atas adanya tujuan
tertentu dan teknik pengumpulan data melalui kuisioner, observasi, wawancara. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa Variabel kepemimpinan madrasah (X1) berpengaruh signifikan terhadap variabel
dependen kinerja pengawas (Y) dengan arah koefisien positif sebesar 0,298. Nilai tersebut bermakna setiap
penambahan 1% leadership function, maka kinerja karyawan meningkat sebesar 0,298 atau 29,80%.
Variabel motivasi guru (X2) berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen Kinerja (Y) dengan arah
koefisien positif sebesar 0,530. Nilai tersebut bermakna setiap penambahan 1% motivasi guru, maka kinerja
meningkat sebesar 0,530 atau 53,00%. pengujian nilai R2 sebesar 0,586 (58,60%) menunjukkan bahwa
besarnya kontribusi variabel independen yang terdiri dari pengaruh kepemimpinan kepala madrasah dan
motivasi guru terhadap kinerja pengawas di kota Gorontalo.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto Suharsimi. 2013. “Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik”, Jakarta. Penerbit Rineke Cipta.
Budiharjo M. 2015. “Panduan Praktis Penilaian Kinerja Karyawan”, Jakarta. Penerbit Raih Asa Sukses.
Dewangga Aryadhuta Wisnu dkk. 2013. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Rektor Terhadap Kinerja Pegawai Non-Edukatif Pada Universitas Negeri Surabaya (Studi Pada Pegawai Di Kantor Pusat UNESA)”, Jurnal Ilmu Administrasi Negara ISSN: 2354-600X, volume 1 Nomor 2 Tahun 2013, http://ejournal.unesa.ac.id/jurnal/publika/volume/280/vol-1-nomer-2-2013, diakses tanggal 1 Mei 2015 pukul 10:00
Fadli Uus Md, dkk. 2012. “Pengaruh Kepemimpinan Dekan Terhadap Kepuasan Kerja Dosen (Studi Pada Dosen di Universitas Singaperbangsa Karawang)”, Jurnal Manajemen volume 10 Nomor 1 Oktober Tahun 2012, http://jurnal.feunsika.ac.id/wp-content/uploads/2013/05/PEN GARUH-KEPEMIMPINAN-DEKAN-TERHADAP-KPUASAN-KER JA-DOSEN.pdf, diakses tanggal 1 Mei 2015 pukul 10:15
Santrock, J.W. (2008). Psikologi Pendidikan (Edisi Kedua). Jakarta: Kencana.
Santrock, Jhon. 2003. Adolescence (Perkembangan Remaja). Jakarta: Erlangga.
Supriyatna, Mamat. 2011. Bimbingan dan Konseling Berbasis Kompetensi Orientasi Dasar Pengembangan Profesi Konselor. Jakarta: Rajawali Press.
Thoha, Miftah. 2002. Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.5.2.81-88.2019
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id