Dinamika Istilah Hukum Bidang Korupsi

Rosida Tiurma Manurung, Meilani Rohinsa, Maria Yuni Megarini

Abstract


Penelitian ini mengangkat permasalahan Dinamika Istilah Korupsi dalam Berita Hukum. Adapun tujuan dibuatnya makalah ini adalah untuk mengetahui tanggapan masyarakat terhadap penggunaan istilah korupsi dalam berita hukum dan dapat dipakai sebagai bahan evaluasi penggunaan bahasa pada berita hukum. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu dengan mengumpulkan data secara langsung dan sebagaimana adanya, adapun teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan kuesioner yang ditujukan kepada kalangan mahasiswa dengan jenjang umur 17-22 tahun, dalam kuesioner dipaparkan pertanyaanpertanyaan yang perlu dijawab responden secara fakta. Berdasarkan hasil penelitian mengenai penggunaan istilah korupsi dalam berita hukum diperoleh hasil bahwa mayoritas responden setuju jika istilah korupsi dalam berita hukum menggunakan bahasa Indonesia lebih mudah dipahami dibandingkan dengan menggunakan bahasa asing. Responden juga setuju jika penggunaan peristilahan bahasa baku yang sesuai dengan pedoman umum dan mengacu kepada peristilahan yang baku lebih mudah di pahami dalam peristilahan di bidang hukum. Dari penelitian juga didapatkan bahwa masih sering ditemukan kesalahan ejaan dalam istilah hukum selain itu dari penelitian ditemukan bahwa bahasa asing tidak seharusnya dihindari untuk pemakaian istilah di bidang hukum. Selain itu, dari penelitian juga diketahui bahwa masih banyak responden yang masih belum mengetahui perbedaan dalam dinamika istilah penyuapan, penggelapan, pemerasan dan gratifikasi.

Keywords


istilah korupsi; berita hukum; bahasa baku; bahasa asing

Full Text:

PDF

References


Darul Rosikah, Charitna dan Dessy Marliani Listianingsih. (1998). Pendidikan Antikorupsi Kajian Anti Korupsi Teori dan Praktik. Jakarta Timur: Sinar Grafika. 10-15.

Manurung, Tiurma Rosida & Abdul Rahmat. Tata Tulis Karya Ilmiah. Gorontalo: Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo.

Mardalis. (2008). Metodologi Penelitian: Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara.

Moeliono, Anton M. (1988). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Salim dan Erlies Septiana Nurbani. (2016). Penerapan Teori Hukum Pada Penelitian Tesis dan Disertasi Edisi Pertama. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Saryono, 2010. Metode Penelitian Kualitatif, PT. Alfabeta, Bandung.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R & D. Bandung: Alfabeta.

Suharsaputra, Uhar. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Bandung: PT Refika Aditama.

Sulistyo, Ponco Budi. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Mercu Buana.

Tarigan, Henry Guntur. 2009. Pengajaran Analisis Kontrastif Bahasa. Bandung: Angkasa.

Media Daring

Auto Expoes. 2022. 9 Definisi Metode Penelitian Kualitatif Menurut Para Ahli, https://www.autoexpose.org/2019/06/definisi-metode-penelitian-kualitatif, (diakses pada tanggal 21 Desember 2022).

Dictio. 2022. Apa yang dimaksud dengan pemerasan?. https://www.dictio.id/t/apa-yang-dimaksud-dengan-pemerasan/3515, (diakses pada tanggal 21 Desember 2022).

Gracia Carolina. 2022. Mengenal Hukum Sebab Akibat - Teori Kausalitas Menurut Filsuf, https://www.zenius.net/blog/hukum-sebab-akibat, (diakses tanggal 21 Desember 2022).

Muhammad, Budiman. “Kekeliruan Istilah dalam Bahasa Hukum”. Dalam https://jabar.kemenkumham.go.id/pusat-informasi/artikel/kekeliruan-istilah-dalam-bahasa-hukum Diakses pada 24 Mei 2021 pukul 21.06 WIB

Pusat Bahasa Al Azhar. 2022. Daftar Istilah yang Berhubungan dengan Korupsi di Indonesia, https://pusatbahasaalazhar.com/2010/07/27/datar-istilah-yang-berhubungan-dengan-korupsi-di-indonsia/ (diakses pada tanggal 21 Desember 2022).




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.2.1421-1428.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id