Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar

Triono Djonomiarjo

Abstract


Hasil belajar siswa merupakan output dari proses belajar mengajar. Salah satu masalah dalam pembelajaran di sekolah adalah rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini dapat diketahui dari data awal nilai ulangan harian siswa yang masih berada di bawah KKM. Banyak faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar salah satunya adalah model pembelajaran. Model Pembelajaran Problem Based Learning merupakan model pembelajaran kooperatif yang menuntut siswa untuk aktif dan memotivasi siswa supaya dapat saling mendukung dan membantu satu sama lain dalam menguasi materi pelajaran yang dipelajari. Setelah penelitian dilakukan ternyata hasil belajar pada kelas yang menggunakan model pembelajaran PBL 81,14 lebih tinggi dari pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Konvensional 76,98. Berdasarkan uji statistik diperoleh thitung 2,4046 dan ttabel 1,9893. Karena nilai thitung > ttabel (2,4046 > 1,9893) berarti maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dari analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPS Ekonomi yang menggunakan model pembelajaran PBL dengan model pembelajaran Konvensional pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Patilanggio.


Keywords


Hasil Belajar; Model Pembelajaran Problem Based Learning

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2010. Manajemen Penelitian, Jakarta : Rhineka Cipta

Arleli, 2012. Meningkatkan minat belajar pada pembelajaran IPS IPS Ekonomi Model berfikir kreatif (creative Thinking model)

Asep J, dan Abdul H, 2012. Evaluasi pembelajaran. Yogyakarta : Multi Persindo

Ary, Donald dkk. Pengantar penelitian dalam pendidikan terjemahan Arief Furchman. 2011. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Djamarah, S, B dan Zain, A. 2006. Strategi belajar mengajar. Jakarta : Rhineka Cipta

Dimyati, dan Mujiono. 2009. Belajar dan pembelajaran. Jakarta : Rhineka Cipta

Hamruni, 2012. Strategi pembelajaran. Yogyakarta : Insan Madani

Huda, Miftahul. 2014. Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Kiptiyah, M. 2006. Persepsi siswa tentang bimbingan belajar dan minat belajar serta hubungannya dengan hasil belajar IPS Ekonomi, skripsi. Universitas Jambi. Jambi

Neolaka, Amos. 2014. Metode penelitian dan statistik. Bandung : PT Remaja Rosda Karya. Offset.

Rusman, 2011. Model-model pembelajaran mengembangkan professionalisme Guru. Jakarta : Rajawali

Sastrawati, E. 2011. Pengaruh media pembelajaran problem based learning dan startegi metakognitis terhadap keterampilan berfikir tingkat tinggi pada mata pelajaran matematika sekolah menegah pertama. Tidak dipublikasikan

Slameto, 2010. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta : Rhineka Cipta

Sudjana. 2005. Metode statistika. Bandung : PT Tarsito Bandung.

Sugiyono. 2014. Metode penelitian pendidikan (pendekatan kauntitatif, kualitatif, dan R & D). Bandung : Alfabeta

Wena, K. 2009. Strategi pembelajaran inovatif kontemporer. Jakarta : Bumi Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.5.1.39-46.2019

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id