Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Produktif Melalui Supervisi Akademik di SMK Negeri 1 Popayato

Rustam Puluhulawa

Abstract


Pada dasarnya mengajar bukanlah pekerjaan yang ringan bagi seorang guru berhadapan dengan sekelompok siswa yang memiliki karakteristik yang berbeda, sehingga memerlukan bimbingan atau petunjuk agar mereka menjalani proses belajar secara maksimal dalam suasana yang kondusif. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis. Maksudnya setiap data dideskripsikan, kemudian dianalisis terlebih dahuli, bahkan juga dibandingkan sesuai dengan tujuan penelitian. Teknik penelitian ini ditempuh melalui dua cara yakni : (1) teknik pengumpulan data dan (2) teknik analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Supervisi akademik dengan pendekatan kelompok dapat meningkatkan kinerja guru dalam pembelajaran pada guru SMK Negeri 1 Popayato Kabupten Pohuwato tahun pelajaran 2016/2017. Temuan tersebut memberikan implikasi baik secara paraktis maupun teoritis. Secara praktis, implikasi dari hasil penelitian ini adalah bahwa semakin tepat teknik supervisi dilakukan, maka hasil yang diperoleh akan semakin optimal. Implikasi praktis lain dari hasil penelitian ini adalah bahwa pelaksanaan supervisi yang dilakukan secara berkelanjutan akan mempunyai hasil guna yang lebih optimal.


Keywords


kemampuan; supervisi

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, 1988. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.

Depdiknas. 2005. Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama Dirjen Dikdasmen.

Depdiknas. 2008. Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Depdiknas.

Good, Thomas L., and Jere E. Brophy. 1990. Educational Psychology: A Realistic Approach. Fourth Edition. London: Longman

Harsono, Dwi. 2010. “Analisis Beban Kerja, Kinerja, dan Kompensasi: UU No 14/2005 tentang Guru dan Dosen”. Artikel,

http://dwih74.blog.com/2010/08/12/analisis-beban-kerja-kinerja-dan-kompensasi-uu-no-142005-tentang-guru-dan-dosen/, diakses pada 10 Oktober 2011.

Komnas Pendidikan. 2004. Peningkatan Kualitas Pendidikan. Jakarta: Komisi Nasional Pendidikan.

Mulyasa. 2003. Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. 2005. Menjadi Guru Profesional.. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Purwanto, Ngalim. 2003. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Setyaningsih, Suryani. 2009. “Pelaksanaan Supervisi Pendidikan oleh Kepala Sekolah Dalam Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 6 Surakarta”. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Wiriaatmadja, Rochiati. 2006. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.5.1.31-38.2019

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id