Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Make A Match Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Taluditi Tahun Ajaran 2017/2018

Farid R. Paneo

Abstract


Tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas ini adalah dengan penerapan model pembelajaran Make a Match untuk meningkatkan aktivitas dalam pembelajaran IPS. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Taluditi Tahun Ajaran 2017/2018 yang berjumlah 34 siswa dan subyek pelaksana adalah peneliti. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, catatan dilapangan/pada waktu melaksanakan tidakan, lembar pedoman wawancara, lembar penilaian individu setelah mengikuti pembelajaran, dokumentasi. Prosedur dalam penelitian ini ada empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilakukan dengan dua siklus dimana tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan yang bertujuan untuk memperoleh data peningkatan aktivitas dalam pembelajaran IPS siswa. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa sebelum tindakan diperoleh rata-rata tingkat aktivitas siswa sebesar 15%. Pada siklus I tingkat rata-rata aktivitas siswa meningkat menjadi 51,17%. Pada siklus II tingkat rata-rata aktivitas meningkat menjadi 84,72%. Hal ini berasrti peningkatan aktivitas siswa mencapai indikator yakni 85%. Berdasarkan data hasil Penelitian Tindakan Kelas tersebut maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan aktivitas dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Taluditi Tahun Ajaran 2017/2018. Hal ini karena model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match (mencari pasangan) mengandung unsur permainan sehingga dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa baik secara kognitif maupun fisik.


Keywords


Aktivitas belajar; Model pembelajaran Make a Match; Pembelajaran IPS

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2006. Model Penilaian Kelas Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SMP/Mts. Jakarta: Pusat Kurikulum Badan Penelitian dan Pengembangan.

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2003. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sanjaya, Wina.. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sardiman. 2012. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Zainal Aqib. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.5.1.25-30.2019

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id