Kesadaran Masyarakat Dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan Taman Kambang Iwak di Kota Palembang

Wenda Yuliani, Azizah Husin, Ardi Saputra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan taman di Kambang Iwak kota Palembang. Penelitian ini mengunakan metode deskrptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian yaitu pengunjung, pedagang kaki lima, dan petugas kebersihan Adapun peneliti memilih informan yang diangap mengetahui informasi dan permasalahan secara mendalam, dan dapat di percaya dan untuk menjadi sumber data yang tepat dalam penelitian ini berjumlah 8 orang. Hasil penelitian yang dilakukan di Taman Kambang Iwak melalui tiga indikator yaitu, pengetahuan masyarakat, pemahaman masyarakat, dan tindakan masyarakat. Masyarakat di Taman Kambang Iwak sudah memiliki pengetahuan yang cukup baik. Namun pada tingkat pemahaman masyarakat dalam mengelola lingkungan masyarakat bertindak tanpa diringi atau dilandasi dengan suatu pemahaman hal ini dan juga masih kurang. Begitu juga peran pemerintah dalam mengatasi permasalahan kebersihan lingkungan taman serta penyediaan fasilitas belum memadai, Hal ini dibuktikan dengan adanya sampah berserakan, penumpukan sampah, dan sampah didanau.

Keywords


Kesadaran; Masyrakat; Kebersihan Lingkungan

Full Text:

PDF

References


Anas Choirul (2022) Hubungan tingkat pemahaman dan sikap terhadap presepsi terkait covid 19, 100-111 Darmawan, D., & Fadjarajani, S. (2016). Hubungan antara pengetahuan dan sikap pelestarian lingkungan dengan perilaku wisatawan dalam menjaga kebersihan lingkungan (studi di kawasan objek wisata alam gunung galunggung desa linggajati kecamatan sukaratu kabupaten tasikmalaya). Jurnal Geografi, 4(1). Hadi, U. H., Suroso, R. A., & Subhani, A. (2021). Tingkat Kesadaran dan Partisipasi Pedagang Kaki Lima Menjaga Kebersihan Taman Rinjani sebagai Ruang Terbuka Hijau. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu dan Pendidikan Geografi, 5(2), 303-312.

Hakim, Azizah H, Y (2019) Kebiasaan Hidup Dan Sehat Pada Anak Usia Dini Di Kampung 1 Desa Muara Beliti Baru Kabupaten Musi Rawas 46-56 Handayani, S. D. (2019). Pengaruh kecemasan matematika terhadap pemahaman konsep matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 4(1).

Husin, A. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Kecerdasan Naturalis Terhadap Pengetahuan Siswa Tentang Konsep Ekosistem Husin, A. (2021). Pengetahuan Guru Terhadap Potensi Sekolah untuk Pendidikan Nilai Lingkungan Hidup.

Neolaka,A. (2020). ilmu pendidikan lingkungan. Jakarta Kencana

Nurrizalia, m., Husin, a., Kartika waty & Nengsih, y. (2022). mengelola sampah rumah tangga dengan pedoman buku saku 4r (reduse, reuse, recycle, replant) di desa limbang jaya ii ogan ilir. journal of sriwijaya community service on education (jscse), 1(2), 67-77. Sidiq, M., & Manaf, N. A. (2020). Karakteristik Tindak Tutur Direktif Tokoh Protagonis Dalam Novel Cantik Itu Luka Karya Eka Kurniawan. Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 4(1), 13




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.2.1109-1114.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id