Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Belajar Ekonomi

Sandra Fratiwi Kapitan, Andrew Christian Aseng

Abstract


Keberhasilan belajar siswa ditentukan oleh banyak faktor, baik internal maupun eksternal. Tertarik untuk mengetahui faktor-faktor penentu keberhasilan belajar siswa, maka penelitian ini didesain untuk mencari tahu faktor internal dan eksternal yang dapat mempengaruhi keberhasilan belajar siswa khususnya pada mata pelajaran ekonomi. Sampel penelitian ini adalah 31 siswa SMA swasta yang ada di Airmadidi, Manado yang dipilih menggunakan convenience sampling method. Menggunakan instrumen penelitian dalam bentuk kuesioner yang kemudian dianalisis menggunakan uji statistik deskriptif dan persentase maka diperoleh hasil yang variatif dari faktor internal dan eksternal penentu keberhasilan belajar siswa. Dalam pengelompokkan berdasarkan aspek, diketahui bahwa faktor internal jasmani dalam aspek kesehatan dan cacat tubuh mempengaruhi keberhasilan belajar siswa. Selanjutnya, faktor internal (psikologis) yang berpengaruhi siswa dalam mata pelajaran ekonomi adalah aspek perhatian, minat, motivasi, kematangan, dan aspek kesiapan yang mempengaruhi siswa dalam pembelajaran ekonomi. Kemudian aspek yang kurang berpengaruh adalah aspek kecerdasan dan aspek bakat. Lebih lanjut, faktor eksternal yang berpengaruh adalah aspek keluarga, aspek sekolah (metode mengajar yang menarik), aspek sekolah (belajar bersama teman), aspek waktu (malam hari), aspek waktu (siang hari) mempengaruhi keberhasilan belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi. Sebaliknya, aspek yang kurang berpengaruh adalah aspek sekolah (metode ceramah) dan aspek belajar seorang diri.

Keywords


faktor internal; faktor eksternal; keberhasilan siswa; ekonomi

Full Text:

PDF

References


Agot, K., & Walipah, W. (2019). Analisis faktor yang mempengaruhi prestasi belajar mata pelajaran di SMP Negeri 03 Kepanjen. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 4(1)

Angraini, W. D., Amuniyati, Achmadi (2016). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar mata pelajaran ekonomi Kelas XI IIS SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(8). http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v5i8.16253

Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamaroh, S. B. (2002). Strategi belajar mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Hakim, M. A. (2015). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar IPS siswa Kelas V Min Bitung. Skripsi. Jakarta. Hidayanti, H., Achmadi, A., & Warneri, W. (2016). Faktor mempengaruhi keberhasilan belajar kognitif pada mata pelajaran Ekonomi lintas minat di SMA. Doctoral dissertation. Tanjungpura University

Karmayati. (2011). Analisis Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akutansi Siswa Kelas XI N I Purwareja Klompak Kabupaten Banjarnegara. Skripsi. Semarang: UNNES Pres. Muidah, A. (2011). Analisis faktor yang mempengaruhi keberhasilan prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa SMA Negeri 1 Welahan Kabupaten Jepara. Universitas Negeri Semarang

Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan implementasi kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya Nursari, F., & Adi, W. (2013). Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri Ponorogo. Jupe-Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(3)

Pratini, S. (2005). Psikologi pendidikan. Yogyakarta: Studing. Sari, J. V. P. (2017). Pengaruh intelegensi, motivasi belajar, dan minat belajar terhadap hasil belajar ekonomi Kelas XI IPS di SMA Negeri Kota Mojokerto. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 4(2), 121–135. https://doi.org/10.26740/jepk.v4n2.p121-135

Sekaran, U. (2006). Metodologi penelitian untuk bisnis. Jakarta . Setiani, D. (2014). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Semarang. Economic Education Analysis Journal, 3(3)

Silalahi, U. (2006). Metode penelitian sosial. Bandung: Unpar Press.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Bumi Aksara.

Stevani. (2016). Analisis pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa Kelas X SMA Negeri 5 Padang. Journal of Economic and Economic Education, 4(2), 308-314

Widoyoko, E. P. (2017). Teknik penyusunan instrumen penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.2.891-902.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id