Implikasi Peran Guru dan Orang Tua terhadap Pembentukan Karakter

Rosida Tiurma Manurung, Jacquiline T, Hotmaida Hotmaida

Abstract


Kenyataan di lapangan, para guru kurang memiliki kemampuan yang mumpuni untuk melakukan hal tersebut. Secara pribadi, para guru memiliki karakter yang kurang kondusif untuk menopang terjadinya proses pembentukan karakter pada siswa. Sebagai contoh guru seringkali berbicara secara kasar kepada para siswa. Hal ini kemungkinan dipengaruhi oleh faktor budaya dan kesukuan dari para guru tersebut yang sudah ada sejak mereka kecil. Sehingga kecenderungan ini terlihat sulit untuk diubah. Selain itu, pembentukan karakter siswa juga merupakan tanggung jawab orang tua melalui proses parenting yang dijalankan di rumah. Parenting adalah ilmu tentang pola asuh. Terkait kegiatan pola asuh, hal tersebut dapat dilakukan dengan menyentuh ketiga unsur yaitu parent, child dan society. Mengacu pada kondisi tersebut, tim pengabdi kepada masyarakat memiliki kerinduan untuk membantu para guru dan orang tua untuk dapat menjadi role model bagi siswa/anak dalam pembentukan karakter. Dalam hal ini kami melakukan giat psikoedukasi untuk menopang pengoptimalan society dan orang tua dalam melakukan fungsi mereka. Society yang kami maksud adalah para guru yang bersentuhan secara langsung dengan siswa di sekolah. Target kegiatan adalah untuk meningkatkan kesadaran dan kemampuan guru dan orang tua dalam mengajar dan mendidik siswa dengan memiliki karakter yang unggul dan berdampak. Tim akan melakukan kegiatan psikoedukasi ini dalam bentuk lekturet, diskusi dan role play dengan menggunakan media elektronik.

Keywords


Parenting; society; psikoedukasi; karakter; guru

Full Text:

PDF

References


Bandura, A. (1977). Social learning theory. Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall.

Brooks, J.B. (2013). The Process of Parenting. Ninth Ed. New York: The McGraw-Hill Companies, Inc.

Geldard, K., dan Geldard, D. (2011). Konseling Keluarga. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Palmer, Stephen. (2011). Konseling dan Psikoterapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Ryan, C. E., Epstein, N. B., Keitner, G. I., Miller, I. W., & Bishop, D. S. (2005). Evaluation and treating families: The McMaster approach. Routledge/Taylor & Francis Group.

Martorell, Gabriela and Papalia, Diane E.. (2021). Experience Human Development (14th Edition). New York: McGraw-Hill.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.2.869-876.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id