Pengembangan Kreativitas Melalui Pembuatan Batik Kreatif Dengan Material Olahan Biji Asam Jawa di SMP Daya Susila-Garut
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Sunarto, 2018 “Pengembangan kreativitas-Inovatif dalam pendidikan senimelalui pembelajaran MUKIDI” Jurnal Refleksi Edukatika 8(2):108-112.
Adi, Sigit Purnomo, Pande Made Sukerta, Martinus Dwi Marianto, Sri Hadi, and Ariesa Pandanwangi. 2022. “Pelatihan Teknik Cetak Tinggi Dengan Format Mini Sebagai Hiasan Di Café-Café Kekinian Pada Komunitas Grafis Makmur Sukoharjo.” Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 8(3):2387.
Alashari, Duaa, and Johor Bahru. 2021. “The Significance of Feldman Method in Art Criticism and Art Education.” International Journal of Psychosocial Rehabilitation 25(2):877–84.
Dewi, Belinda Sukapura, Arleti Mochtar Apin, Ariesa Pandanwangi, and Nuning Damayanti. 2021. “Inspirasi Batik Tamarind Dari Cerita Rakyat.” Jurnal Budaya Nusantara 4(April):269–75.
Fitrianto, Achmad Room, Athifa W. Fitr. Khoirunnisa, Lailatul Amaliyah, Husnul Khotimah, and Riyatul Qibtiyah. 2020. “Membangun Kesadaran Masyarakat Dalam Pemeliharaan Bendungan Gondrok (Sebuah Aksi Partisipatorif Dalam Memelihata Irigasi Pertanian Di Desa Bedohon, Jiwan, Madiun).” ABDI: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat 2(2).
Hidayati, Sri, Idris H. M. Noor, Simon Sili Sabon, Bambang Suwardi Joko, and Kusuma Wijayanti. 2020. Peran Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di SMA. edited by I. Kintamani Dewi Hermawan, J. Damanik, and I. Zamjani,. Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Mahmudah, Nurul, and Supiah Supiah. 2018. “Pemberdayaan Pada Anak-Anak Gang Dolly Di SMA Artantika Surabaya Dengan Metode Asset Based Community Development.” Madani 1(1):17–29.
Pandanwangi, Ariesa, Arleti Mochtar Apin, Dewi Belinda Sukapura, and Nuning Damayanti. 2020. Buku Ajar Teknik Batik Gutta Tamarind: Membatik Itu Mudah Dan Menyenangkan. kesatu. Bandung: Pelita Ilmu Bandung.
Pandanwangi, Ariesa, Olga Catherina, and Erwani Merry. 2019. “Pendampingan Komunitas Pembatik Melalui Pelatihan Alih Pengetahuan Membatik Dengan Material Berbasis Kearifan Lokal.” ENGAGEMENT : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3(1):68–79.
Pandanwangi, Ariesa, Cama Juli Rianingrum, Nuning Damayanti, and Abdul Rahmat. 2021. “The Icon of Local Culture : Downstream of Tamarind Waste as a Superior Motif Barrier in Indonesia.” Turkish Journal of Computer and Mathematics Education 12(13):1524–35.
Rahmat, Abdul, and Mira Mirnawati. 2020. “Model Participation Action Research Dalam Pemberdayaan Masyarakat.” Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 6(1):62.
Rianingrum, Cama Juli, Ariesa Pandanwangi, Atridia Wilastrina, Erlina Novianti, Drajatno Widi Utomo, Belinda Sukapura Dewi, and Indralaksmi Indralaksmi. 2022. “Pelatihan Batik Kreatif Teknik Transfer Warna Sebagai Elemen Penunjang Interior Bagi Siswa SMA Pada Mata Kuliah Keterampilan.” Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 8(2):1357.
Samodoro. 2020. “Landmark Sebagai Penanda Yang Memberi Makna Dalam Pencitraan Kota Kajian Tugu Bundaran Pamulang Di Tangerang Selatan.” Seni, Desain & Budaya Dewan Kesenian Tangerang Selatan 2(No. 1):1–9.
Suhendri, Suhendri, Rijal Sabri, Zainal Arifin, M. Arif Rahman, Tharina Ainaya, and Hendra Alsa Fahmi. 2021. “Pelatihan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Pada Masa Pandemi Covid-19 Bagi Guru Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) DOD Medan.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 27(1):1–5.
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.2.851-860.2023
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id