Mural: Gaya Kampung Anggur Melalui Lukisan Dinding Bergaya Dekoratif

Ismet Zainal Effendi, Ariesa Ariesa Pandanwangi Pandanwangi, Belinda Sukapura Dewi, Doro Edi, Erika Ernawan

Abstract


Kelompok Wanita Tani (KWT) Rosela, berlokasi di Kota Cimahi tengah, berjarak ± 15 km dari Kota Bandung. KWT memiliki program kerja Kampung Anggur dengan memanfaatkan lahan di sepanjang gang pemukiman mereka. Pemanfaatan lahan ini membutuhkan ruang publik yang dapat dikenali langsung oleh masyarakat dan diharapkan dapat menjadi tujuan destinasi wisata baru di Cimahi Tengah. Permasalahan yang dihadapi oleh mitra ini adalah bagaimana mengubah lokasi gang yang kumuh menjadi tatanan yang menarik sekaligus memperkenalkan Kampung Anggur hasil dari usaha KWT Rosela. Solusinya dibuat strategi dengan cara membuat mural di sepanjang gang pemukiman penduduk yang cukup padat masyarakatnya.Metoda yang dipergunakan agar stategi pembuatan mural berhasil dengan baik adalah Asset Based Communities Development (ABCD). Hasilnya mural yang dibuat memvisualisasikan objek pembudidayaan anggur yang distilasi berupa perpaduan bentuk lingkaran, garis lengkung, sehingga menghasilkan objek bergaya dekoratif. Warna yang dipilih warna kontras dan perpaduan gradasi warna. Area ini banyak mengundang publik untuk berswafoto.


Keywords


Cimahi Tengah; Dekoratif; Kampung anggur; Kelompok Wanita Tani; Mural

Full Text:

PDF

References


Adi, Sigit Purnomo, Pande Made Sukerta, Martinus Dwi Marianto, Sri Hadi, and Ariesa Pandanwangi. 2022. “Pelatihan Teknik Cetak Tinggi Dengan Format Mini Sebagai Hiasan Di Café-Café Kekinian Pada Komunitas Grafis Makmur Sukoharjo.” Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 8(3):2387.

Alashari, Duaa, and Johor Bahru. 2021. “The Significance of Feldman Method in Art Criticism and Art Education.” International Journal of Psychosocial Rehabilitation 25(2):877–84.

Alfrey, Abigail, Victoria Field, Ioanna Xenophontes, and Sue Holttum. 2021. “Identifying the Mechanisms of Poetry Therapy and Associated Effects on Participants: A Synthesised Review of Empirical Literature.” Arts in Psychotherapy 75(June):101832.

Aryani, Dewi Isma, Ariesa Pandanwangi, Ida, Rosida Tiurma Manurung, and Olga Catherina Pattipawaej. 2021. “Pelatihan Pembuatan Materi Pembelajaran Digital Adaptif Guna Meningkatkan Kompetensi Guru Pada Masa Pandemi.” Community Empowerment 6(9):1600–1608.

Gazali, Muhammad. 2017. “Seni Mural Ruang Publik Dalam Konteks Konservasi.” Imajinasi 11(1):69–76.

Irwandi, Ernest, and Setiawan Sabana. 2019. “Proses Perwujudan Identitas Tempat Melalui Seni Mural.” Prosiding Seminar Nasional Desain Dan Arsitektur (SENADA) 2:70–76.

Kusuma Putra, Gede Lingga Ananta, and I. Gede Jaya Putra. 2020. “Pengabdian Kepada Masyarakat Dengan Kegiatan Mural Untuk Mempercantik Lapangan Astagina, Padangsambian Klod.” Jurnal Lentera Widya 2(1):29–35.

Malonza, Josephine Mwongeli. 2020. “Neighbourhood Streets as Public Space . COVID-19 Public Life in Kimisange , Rwanda.” The Journal of Public Space 5(3):39–52.

Manurung, Rosida Tiurma, Ariesa Pandanwangi, Meythi Meythi, and Se Tin Se Tin. 2023. “Pemberdayaan Perempuan Pelaku UMKM Untuk Kemandirian Ekonomi Dalam Program Kampung Bangkit Di Desa Ciporeat.” Aksara 09(January):1–6.

Nurdiyanah, Rika D.AP, Irvan Muliyadi, Serliah Nur, and Nadyah Haruna. 2016. Panduan Pelatihan Dasar Asset Based Community-Driven Development (ABCD). I. edited by A. Rahman. Nur Khairunnisa.

Pandanwangi, Ariesa. 2021. “Seni Mural Di Kampung Jodipan Malangdan Palmitas Pachuca Meksiko.” Pp. 18–31 in Mural: Menguak Narasi Visual dari Berbagai Perspektif Ilmu, edited by M. Mirnawati. Gorontalo: Ideas Publishing.

Pandanwangi, Ariesa, Ida Ida, Ratnadewi Ratnadewi, Rosida Tiurma Manurung, Iman Budiman, and Vincent Vincent. 2021. “Tingkat Kebahagiaan Masyarakat Setelah Adanya Mural Di Kelurahan Sukawarna Kecamatan Sukajadi Bandung.” Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya 7(2):137.

Pramana, Gede Indra, and Azhar Irfansyah. 2019. “Street Art Sebagai Komunikasi Politik: Seni, Protes, Dan Memori Politik.” Jurnal Ilmiah Widya Sosiopolitika 1(2):98.

Rachmat, Gerry, Jurusan Desain, and Tata Pentas. 2019. “Fenomena Mural Sebagai Pembentukan Suasana Interior Cafe Resto.” Atrat.

Salahudin, Nadhir, Afida Safriani, Moh Ansori, Purwati Eni, Mohammad Hanafi, Nabiela Naily, Advan Navis Zubaidi, Rizka Safriani, Muchammad Helmi Umam, Wahyu Ilahi, Amal Taufiq, and Endarto Pilih Swasono. 2015. Panduan KKN ABCD. 2 (rev). Surabaya: LP2M UIN Sunan Ampel Surabaya.

Samodoro. 2020. “Landmark Sebagai Penanda Yang Memberi Makna Dalam Pencitraan Kota Kajian Tugu Bundaran Pamulang Di Tangerang Selatan.” Seni, Desain & Budaya Dewan Kesenian Tangerang Selatan 2(No. 1):1–9.

Suhendri, Suhendri, Rijal Sabri, Zainal Arifin, M. Arif Rahman, Tharina Ainaya, and Hendra Alsa Fahmi. 2021. “Pelatihan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Pada Masa Pandemi Covid-19 Bagi Guru Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) DOD Medan.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 27(1):1–5.

Susilawaty, Andi, Djuwairiah Ahmad, Tim Babcock, Tim Babcock, and Rich Janzen. 2016. Panduan Riset Berbasis Komunitas (Community Based Research. edited by M. Mahfudz. Makasar.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.2.1205-1212.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id