Pelatihan Penulisan Deskripsi Karya Foto Yang Diaplikasikan di Media Sosial Instagram
Abstract
Fotografi merupakan media yang berfungsi untuk menyampaikan pesan secara visual. Dalam menyampaikan sebuah pesan, karya foto tidak dapat berdiri sendiri tanpa ada deskripsi foto. Karya foto memerlukan deskripsi foto untuk dapat mendukung foto, sehingga informasi yang terdapat pada foto dapat mudah tersampaikan kepada aspirator foto. Media sosial Instagram menjadi media sosial yang dimanfaatkan oleh fotografer. Fotografer mempergunakan media sosial Instagram sebagai media portofolio digital. Komunitas fotografi di era sekarang memanfaatkan media sosial Instagram sebagai portofolio digital. Kebutuhan komunitas fotografi di Jakarta Selatan dalam meningkatkan kualitas portofolio terutama dalam menuliskan deskripsi karya foto menjadi tujuan utama di dalam pelatihan ini. Pelaksanaan pelatihan ini menggunakan metode demonstrasi. Adapun tujuan diselenggarakannya pelatihan ini adalah untuk membantu fotografer dalam menuliskan deskripsi karya foto yang digunakan pada portofolio foto yang ada di media sosial Instagram. Dengan diadakannya pelatihan ini diharapkan fotografer mempunyai portofolio digital yang berkualitas baik dari tampilan foto maupun deskripsi karya foto sebagai penguat foto.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agung, G., Agung, N., Pramiswara, Y., Mpu, S., & Singaraja, K. (n.d.). Fotografi Sebagai Media Komunikasi Visual Dalam Promosi Budaya.
Assan, C. E., Vidyarini, T. N., Yogatama, A., Komunikasi, I., Kristen, U., & Surabaya, P. (n.d.). Citra Akun Instagram @Surabaya Menurut Followers Akun Instagram @Surabaya.
Munthe, A. P. (2015). PENTINGYA EVALUASI PROGRAM DI INSTITUSI PENDIDIKAN: Sebuah Pengantar, Pengertian, Tujuan dan Manfaat. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 1. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i2.p1-14
Riana, I., Darmanto, N., Penerbitan, J., Negeri, P., & Kreatif, M. (2021). Publipreneur Polimedia: Jurnal Ilmiah Jurusan Penerbitan Politeknik Negeri Media Pembuatan Portofolio Digital Representatif Pada Mahasiswa/I Program Studi Fotografi Politektik Negeri Media Kreatif Syafriyandi (Vol. 9, Issue 1).
Salim Nahdi, D., Yonanda, D. A., & Agustin, N. F. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Ipa. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 9. https://doi.org/10.31949/jcp.v4i2.1050
Tahalea, S. (2019). Kritik Fotografi: Mendeskripsikan Sebuah Foto Dari Sisi Subjek, Bentuk, Media Dan Gaya. Jurnal Dimensi Seni Rupa Dan Desain, 16(1), 85–96. https://doi.org/10.25105/dim.v16i1.6165
Zulkarnain, R., & Gusti, R. (2020). Implementasi Teknik Forum Group Discussion (Fgd) Dalam Meningkatkan Kualitas Hasil Belajar Melalui Mata Kuliah Seminar Proposal Skripsi. Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah, 3(2), 292. https://doi.org/10.32832/oborpenmas.v3i2.3613
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.2.1127-1136.2023
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id