Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Pendekatan Inkuiri Pada Materi Fluida Statis

Aswan Bannang, Ritin Uloli, Tirtawaty Abdjul

Abstract


Perangkat pembelajaran merupakan penunjang keberhasilan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan menghasilkan perangkat pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan inkuri yang valid, praktis dan efektif. Model pengembangan perangkat pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4-D yang terdiri dari: (1) Define, (2) Design, (3) Development, dan (4) Disseminate. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA4 dan XI IPA5 SMA Negeri 1 Kabila. Proses pengumpulan data menggunakan lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi aktivitas peserta didik, angket respon peserta didik dan tes hasil belajar. Hasil penelitian diperoleh dari penilaian kevalidan perangkat pembelajaran oleh tim ahli memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase rata-rata: RPP 97.42 %, bahan ajar 96.59 %, LKPD 94.32 % dan tes hasil belajar 95.45 %; penilaian kepraktisan perangkat pembelajaran berdasarkan pengamatan keterlaksanaan pembelajaran dan pengamatan aktivitas peserta didik dikelas XI IPA4 dan XI IPA5 memenuhi kriteria sangat praktis ; penilaian keefektifan perangkat pembelajaran berdasarkan hasil angket respon peserta didik memenuhi kriteria sangat efektif dan tes hasil belajar peserta didik dengan rata-rata: kelas XI IPA4 untuk persentase ketuntasan secara klasikal 88,89%, N-Gain 0,760 sedangkan kelas XI IPA5 untuk persentase ketuntasan 94,44%, dan N-Gain 0,783 dengan kriteria sangat efektif. Dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan inkuiri valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran fisika.

Keywords


Pengembangan; Perangkat Pembelajaran; Model Kooperatif; Pendekatan Inkuiri

Full Text:

PDF

References


Hartono, R. (2013). Ragam Model Mengajar Yang Mudah Diterima Murid. Yogyakarta: Diva Press.

Irsalina, A., & Dwiningsih, K. (2018). Practicality Analysis of Developing the Student Worksheet Oriented Blended Learning in Acid Base Material. JKPK (Jurnal Kimia Dan Pendidikan Kimia), 3(3), 171–182. doi: 10.20961/jkpk.v3i3.25648

Kahar, M. S. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 2(2), 42. doi: 10.26737/jipf.v2i2.233

Lantowa, H. D., & Buhungo, T. J. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Aplikasi Zoom Pada Materi Fluida Statis Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(1), 21–27. Retrieved from http://journal.ummat.ac.id/index.php/orbita/article/view/8007/4490

Nugraha, W. S., & Suharyanto, S. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Kooperatif Jigsaw Berbasis Nature of Sciance pada Materi Fluida untuk Meningkatkan Hasil dan Minat Belajar Peserta Didik SMA Learning Instrument Development Using Nature of Sciance Based Cooperative Jigsaw. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(6), 375–383.

Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. In Penerbit CV. Alfabeta: Bandung. Bandung: Alfabeta.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook (University). Leadership Training Institute/Special Education, University of Minnesota. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=CaxOAQAAMAAJ

Uno, H. B. (2014). Profesi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Utomo, E. P. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis Komik untuk Meningkatkan Literasi Ekonomi Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 1–10.

Wati, R., Suyatna, A., & Wahyudi, I. (2015). Pengembangan LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Pembelajaran Fluida Statis di SMAN 1 Kotaagung. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Lampung, 3(2), 99–109.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.1.749-760.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id