Studi Kasus : Personal Brand Dalam Desain Media Informasi Yayasan Rumah Sinergi Indonesia

Ayoeningsih Dyah Woelandhary, Agoes Joesoef, Ida Susanti, Rian Dwi Antoro, Novandy Ananta Ady

Abstract


Yayasan adalah satu badan hukum yang mempunyai maksud dan tujuan yang umumnya bergerak di bidang sosial, bidang keagamaan dan juga bidang kemanusiaan dan dapat dikategorikan sebagai unit usaha/perusahaan. Kredibilitas perusahaan, antara lain ditentukan oleh kualitas penampilan dari corporate identity, yang terdiri dua nilai, yang pertama adalah tangible values dan kedua adalah intangible values. Dalam membangun kredibilitas perusahaan, kedua nilai ini harus dilaksanakan secara terintegrasi dan berkelanjutan. Dalam pelaksanaannya corporate identity harus dipatuhi oleh seluruh stake holder, penyelenggara perusahaan, mulai dari level puncak, sampai pada tingkat paling bawah dalam organisasi dan salah satu bentuknya adalah media informasi dalam bentuk social media, web banner dan lainnya. Studi kasus pada kegiatan penelitian ini adalah media informasi yang digunakan oleh Yayasan Rumah Sinergi Indonesia (YRSI) yang berlokasi Kota Tangerang Selatan-Banten. Dalam upaya memenuhi aktivitas donasi maka dipelukan media informasi yang dapat mengikat atau engagement kepada para donator para calon donator, yang disalurkan oleh para donator. Metoda yang digunakan dalam kegiatan ini adalah tahap wawancara, analisa deskpriptif kualitatif, dengan pendekatan ilmu desakin komunikasi visual, konsep branding, dan kaitanya dengan korporasi, dan saran bagaimana sebuah media informasi dapat menjadi sarana pengikat para para calon donator dan donatur tetap. Hasil analisa deskriptif diurai dan dibuat simpulan sebagai bahan masukan pada YRSI yang akan menjadi masukan pada pimpinan, volunteer.

Keywords


Personal Brand; Media Informasi; Yayasan Rumah Sinergi Indonesia

Full Text:

PDF

References


Van Riel.1995. Principles of Corporate Communication. Prentice Hall. London

Birkigt and Stadler, 1986. Corporate identity. Foundation, functions, case descriptions. landsber am lech, germany

Kartajaya Hermawan,2009.New Wave Marketing, The World is Still Round The Market is Already Flat.Gramedia. Indonesia

Carter, David. E. 1985. Designing Corporate Identity Programs for Small Corporation. New York: Art Direction Book Company

Rustan, Surianto. 2009. Mendesain Logo. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

David, Marian L. 1987. Visual Design in Dress. USA: Printed in The United States of America

Cornelissen, Joep. 2014. Corporate Communication: A Guide To Theory And Practice. London: Sage Publication.

Sugeng Widada, L. S. (2008: 92). Journal Enriching Corporate Identity dalam perancangan graphic standart manual

Tinarbuko, Sumbo, 2008, Semiotika Komunikasi Visual, Yogyakarta, Tiara Wacana

Rustan, Surianto. (2011). Huruf Font Tipografi. Jakarta : Gramedia. Pustaka

Internet

https://bankmandiri.co.id/

https://www.albea-group.id/

www.behance.net/acimoholic

https://rumahsinergi.org/




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.1.589-598.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id