Kemampuan Manajerial Kepala Madrasah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di MTS Alkhairaat Pusat Palu
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A, Sanusi. Kapita Selekta Pembahasan Masalah Sosial dan Pendidikan Bandung: FPS IKIP Bandung, 1989.
Ali, Sayuthi. Metodologi Penelitian Agama Pendekatan Teori dan Praktek, Cet.I; Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2002.
Alsa, Asmadi Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif Serta Kombinasinya Dalam Penelitian Psikologi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.
Amin Thaib BR, M, dan Ahmad Robie. Standar Supervisi Pendidikan Pada MTs, Cet. I; Jakarta: Depag RI, 2005.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 1991.
Atmodiwirio,Soebagio. Manajemen Pendidikan Indonesia, Semarang: CV Ardadizya Jaya, 2000.
B. Miles Matthew dan A. Michael Huberman. Analisis Data Kualitatif, Buku Tentang Metode-Metode Baru,. Cet. I; Jakarta: UI-Press, 1992.
Burhanuddin. Analisis Administrasi, Mmanajemen dan Kepemimpinan Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 1994.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1994.
Fattah, Nanang. Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1996
Hamidy, Zainuddin dkk. Terjemah Hadis Shahih Buchari, Jakarta: Widjaya, 1961.
Handoko. T, Hani. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: BPFE, 1993.
Hariwung. Supervisi Pendidikan (Jakarta Depdikbud, P2LPTK,1980.
Hasbullah. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta: RajaGrafindo Persada,1999.
Hasri, Salfen Sekolah Efektif dan Guru Efektif, Yogyakarta: Aditya Media, 2009.
Imron, Ali. Pembinaan Guru di Indonesia, Jakarta: Pustaka Jaya, 1996.
Jawas, Umiati. Model Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah di Tingkat Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Malang, Malang: Lembaga Penelitian Universitas Muhamadiah Malang, 2008.
Kaufman, Roger. Planning Educational System (New Holland Avenue: Technomic Publishing Company, Inc, 1988.
King, Patricia. Performance Planning and Appraisal, New York: McGraw-Hill Book Company, 1993.
Kusna. Kemampuan Manajerial Kepala Madrasah dan Implikasinya Terhadap Kualitas Guru, Jakarta: Rineka Cipta, 2000.
Lazaruth, Soewadji. Kepala Sekolah dan Tanggung Jawabnya, Yogyakarta: Kanisius, 1994.
Lazaruth,Soewadji. Kepala Sekolah dan Tanggung Jawabnya, Yogyakarta: Kanisius, 1994.
M, Echols John dan Hasan Shadily. Kamus Inggris-Indonesia: An English-Indonesian Dictionary, Jakarta: Penerbit PT. Gramedia, 1997.
M.F, Gaffar. Perencanaan Pendidikan: Teori dan Metodologi, Jakarta: Proyek PLPTK Dirjen Dikti Depdikbud, 1987.
Margono, S. Metodologi Penelitian pendidikan, Cet; III, Jakarta: Rineke Cipta, 2000.
Moedjiono, Imam. Kepemimpinan dan Keorganisasian, Yogyakarta: UI Press, 2002.
Moelong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif, Cet. XII; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000.
Mulyasa, E. Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung: PT Rosdakarya, 2002. …………... Menjadi Kepala Sekolah Profesional Dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2003.
N, Fattah. Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1996.
Nasution. Metode Research, Bandung: Jemmars, 1991.
Nata, Abuddin Kapita Selekta Pendidikan Islam, Bandung: Angkasa, 2003.
Nurtain. Supervisi Pengajaran (Teori dan Praktek), Jakarta: Depdikbud, 1980.
Siagian, Sondang Fungsi-Fungsi Manajerial, Jakarta: Bumi Aksara, 1992.
P, Atmosudirdjo. Organisasi dan Manajemen, Jakarta: Kaunika, 1996.
Pidarta, Made. Pemikiran Tentang Supervisi Pendidikan, Surabaya: Sarana Press, 1997. Purwanto,Ngalim. Administrasi dan Supervisi, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.
R. Robbins, Stephen. Perilaku Organisas Jilid I, Terjemahan Tim Indeks, Jakarta: PT. Ineks Kelompok Gramedia, 2003.
Republik Indonesia, Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen serta UU No. 20 Tahun 2003 Tentang SISDIKNAS, Bandung: Penerbit Citra Umbara, 2006. Rifai, Lutfiana, Imam. Makalah “Supervisi Pendidikan†Institut Agama Islam Sunan Giri, Ponorogo, 2008. Rohani,Ahmad. Pedoman Penyelenggaraan Administrasi Pendidikan di Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara, 1991.
Rohendi, Tjeptjep. Analisis Data Kualitataif, Cet.I; Jakarta: UI-Pres, 1992.
S, Kossen. Aspek Manusia dalam Organisasi, Jakarta: Erlangga, 1986.
Sagala, Syaiful. Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan ,Bandung: Alfaeta, 2009.
Sahertian. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan: Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta: Rineka Cipta, 2000.
Sahertian. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan: Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta: Rineka Cipta, 2000.
Siagian, H. Administrasi Pendidikan Suatu Pendekatan Sistem, Semarang: Satya Wacana, 1992.
Siagian, P. Sondang. Fungsi-Fungsi Manajemen, Jakarta: PT Gunung Agung, 1992.
Silahahi, Ulbert. Studi tentang Ilmu Administrasi: Konsep, Teori, dan Dimensi, Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2002.
SP. Hasibuan, Malayu. Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah, Jakarta: Penerbit Bumi Aksara, 2001.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R dan D, Bandung: Alfabeta, 2010.
Sukirman, Hartati. Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Yogyakarta: FIP IKIP, 1999.
Sukiswa, Iwa. Dasar-Dasar Umum Manajemen Pendidikan, Bandung: Tarsito. 1986. Suprayogo, Imam. Pendidikan Berparadigma Al-Qur'an, Malang: Aditya Media Bekerja Sama dengan UIN Malang Press, 2004.
Sutisna,O. Administrasi Pendidikan Dasar Teoritis untuk Praktik Profesional Bandung: Angkasa, 1993.
Syafaruddin. Manajemen Pembelajaran, Jakarta: Quantum Teaching, 2005.
Terry, G.R. The Principles of Management, Third Edition. Homewood Illinois: Richard Irwin. 1987.
Umar, Husen. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Terisi Bisnis, Cet. I; Jakarta: PT. Raja Grapindo Persada, 2001
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.1.449-458.2023
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id