Implementasi Model ATIK dalam Meningkatkan Kemampuan Melipat Kertas Origami pada Kelompok B TK AJ Harjamukti Kota Depok Jawa Barat

Maryati Maryati, Sri Watini

Abstract


Pemberian stimulus untuk anak usia dini dalam peningkatan perkembangan seni anak tentunya dengan kegiatan bermain yang menyenangkan yang dapat mempengaruhi seluruh aspek perkembangan anak. Melalui aktifitas seni yang mampu meningkatkan daya cipta kreatifitas anak yang bersifat alami dan individual. Anak dapat mengeluarkan ide-ide yang dimiliki dengan metode ATIK (Amati-Tiru-Kerjakan) saat melakukan membuat seni jenis serangga hewan kepik dengan melipat kertas origami pada sekolah TK AJ, Harjamukti Kota Depok, Jawa Barat. Melipat dapat meningkatkan motorik halus anak yang dapat menghasilkan seni kemampuan anak berdasarkan ide-ide kreativitas yang mereka miliki diusia mereka bersekolah di TK. Untuk memperoleh data dipergunakan instrumen Hasil belajar dan instrument observasi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah model Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan dengan keberhasilan belajar melalui 3 siklus. Pra siklus peningkatan belajar yang tuntas senilai 20%, siklus I ketuntasan belajar mencapai 53%, siklus II mengalami peningkatan ketuntasan belajar menjadi 87%, dan siklus III sudah mencapai 93%. Peningkatkan kemampuan seni pada anak kelompok B usia 5-6 melalui permainan kreatif melipat origami hewan kepik telah berhasil dengan baik.

Keywords


Model ATIK; Melipat; TK

Full Text:

PDF

References


Adawiyah, Rabiatul, and Sri Watini. 2022. “Implementasi Model ATIK Untuk Meningkatkan Kecakapan Bicara Anak Dengan Kegiatan Menyusun Puzzle Gambar Seri Di TK Dharma Wanita Persatuan.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5 (3): 883–87. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.507.

Babys, Ivone Sole, and Sri Watini. 2022. “Implementasi Model ATIK Dalam Kegiatan Cooking Class Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Kristen Permata Sentani.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6 (3): 13922–29. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i3.4807.

Husnawati, Husnawati, and Sri Watini. 2022. “Implementasi Model ATIK Untuk Meningkatkan Keberanian Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Aisyah Afiqannisa Kota Bekasi.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5 (3): 915–19. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.504.

Maharani, Dwi, and Sri Watini. 2022. “Implementasi Model ATIK Dalam Mengembangkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini TKIT AL Wildan Bekasi.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5 (2): 662–67. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.480.

Mahmudah, Dewi, and Sri Watini. 2022. “Meningkatkan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menggambar Dengan Model Atik Di TK Pertiwi VI.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5 (2): 668–72. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.481.

Marietta, Febriana, and Sri Watini. 2022. “Implementasi Model ATIK Dalam Pembelajaran Motorik Halus Melalui Media Origami Di Taman Kanak Kanak.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5 (8): 3053–59. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.794.

Maymunah, S, and S Watini. 2021. “Pemanfaatan Media Video Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5: 4120–27. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1520.

Mulyati, Evi, and Sri Watini. 2022. “Implementasi Model ATIK Untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Menggunakan Bahan Loostpart Di TK Mutiara Setu.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5 (2): 652–56. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.478.

Palupi, Retno, and Sri Watini. 2022. “Penerapan Model Atik Untuk Meningkatkan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Permainan Tata Balok Di PAUD Rama Rama Tangerang Selatan.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5 (2): 621–27. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.466.

Rahakbauw, Halifa, Sri Watini, Sarjana Pendidikan, Anak Usia, Dini Universitas, Panca Sakti, Pasca Sarjana, Universitas Panca, and Sakti Bekasi. 2022. “Implementasi Model Atik Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Dalam Menyusun Pola Abcd-Abcd” 8 (2): 1–9.

RK, Anne Gracia, and Sri Watini. 2022. “Peningkatan Kognitif Melalui Literasi Numerik Dan Saintifik Dengan Metode Atik Pada Kegiatan Cat Air Di TK Mutiara Lebah.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5 (2): 628–32. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.467.

Rosmauli, Catheriena, and Sri Watini. 2022. “Implementasi Model ATIK Untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif Berpikir Logis Dalam Kegiatan Menggambar Di TK IT Insan Mulia Pancoran.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5 (3): 888–94. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.510.

Wahyuningrum, Maria Dwi Sari, and Sri Watini. 2022. “Inovasi Model ATIK Dalam Meningkatkan Motorik Halus Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6 (5): 5384–96. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.3038.

Watini, Sri. 2019. “Pendekatan Kontekstual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sains Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3 (1): 82. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.111.

Zayyini Rusyda, Mustarsyidah. 2018. “PENINGKATAN KEMAMPUAN MELIPAT DENGAN MEDIA KERTAS PENDAHULUAN Aspek Perkembangan Motorik Dan Anak , Motorik Kasar Berkembang Lebih Dahulu Dibandingkan Dengan Motorik Halus . Hal Ini Terbukti Bahwa Anak Sudah Dapat Menggunakan Otot-Otot Kakinya Untuk Berja,” 151–66.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.1.409-420.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id