Perencanaan, Implementasi, dan Evaluasi Profesi

Sipuan Sipuan, Sirajuddin Sirajuddin, Zulkarnain Zulkarnain, A. Suradi

Abstract


Perencanaan adalah Rancangan kegiatan yang akan dilakukan di masa yang akan datang. Kegiatan ini bertujuan untuk mengatur berbagai sumber daya agar hasil yang dicapai sesuai dengan yang diharapkan. keadaan masa depan yang sulit untuk diprediksi, karena banyak faktor di luar kendali manusia yang mempengaruhi. Tapi, tanpa perencanaan kita akan menyerahkan situasi di masa depan kepada sebuah kebetulan. Menggunakan. guru profesional meliputi kemampuan guru mengenal peserta didik yang dilayaninya secara mendalam, menguasai bidang studi secara keilmuan dan kependidikan dalam hal mengemas materi pembelajaran, kemampuan menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik mulai dari perancangan sampai pemanfaatan hasil penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran serta pengembangan profesionalitas yang berkelanjutan. Namun beberapa hasil penelitian memperlihatkan motivasi guru untuk segera ikut sertifikasi bukanlah untuk meningkatkan profesionalime atau kompetensi mereka tetapi terkesan semata-mata untuk mendapatkan tambahan penghasilan melalui tunjangan profesi. Penulisan makalah ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai kondisi guru yang bersertifikat pendidik, pengembangan profesionalisme guru di sekolah serta implementasi Pengembangan Profesionalisme Guru.

Keywords


perencanaan; Implementasi; Evaluasi profesi pendidikan dalam Islam

Full Text:

PDF

References


Achmad, D. G. (2016). Perencanaan Pembiayaan Pendidikan (Studi Kasus di Sekolah Dasar). PEDAGOGIA : Jurnal Ilmu Pendidikan, 12(2).

Arikunto, S. (2011). Prosedur penelitian : suatu pendekatan praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Asmani, J. M. (2009). Manajemen Strategis Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: DIVA Press.

Gaspersz, V. (2003). Total Quality Managment. Jakarta: Pt. Gramedia Pustaka.

Harjanto. (2005). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hikmat, Arkon, 2009. Manajemen Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia

Sa’ud, U. S., & Makmun, A. (2007). Perencanaan Pendidikan, Suatu Pendekatan Komprehensif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sari, M., & Asmendri. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. NATURAL SCIENCE: Jurnal Penelitian Bidang

IPA, 6(1).

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan RnD. Bandung: ALFABE.

Uno, H. (2007). Perencanaan Pembelajaran. Bumi Aksara.

Wahjosumidjo. (2011). Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teori dan Permasalahannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mulyasa, E (2008). Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Reformasi Pendidikan di Indonesia).Jakarta : Bumi Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.1.373-384.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id