Optimalisasi Manajemen Konflik Berbasis Teori Imogene King Terhadap Kepuasan Kerja Perawat Dan Bidan Pelaksana Di Rsia X Tangerang Selatan

Siti Ropiah, Tutiany Tutiany, Emiliana Tjitra

Abstract


Konflik dalam memberikan pelayanan keperawatan tidak bisa dihindari, tetapi konflik dapat di kelola. Perlu adanya optimalisasi manajemen konflik, agar konflik yang terjadi menjadi konstruktif, meningkatkan kepuasan kerja, produktivitas kerja dan pelayanan yang bermutu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis optimalisasi manajemen konflik berbasis teori Imogene King terhadap kepuasan kerja perawat dan bidan pelaksana di RSIA X Tangerang Selatan. Metode penelitian ini menggunakan mix method. Desain penelitian kualitatif adalah focus group discussion (FGD), kepada 8 kepala ruangan, sedangkan desain penelitian kuantitatif adalah quasi eksperiment menggunakan pendekatan pre and post test without control group. Sampel penelitian ditetapkan dengan cara total sampling, sebanyak 75 perawat dan bidan pelaksana. Hasil FGD menggunakan analisis tematik metode Colaizzi, menghasilkan tema yaitu gap proses interaksi dan komunikasi belum efektif. Hasil penelitian menunjukan tidak terdapat perbedaan kepuasan kerja sebelum dan sesudah optimalisasi manajemen konflik dengan p value 0,902>0,05. Secara simultan terdapat hubungan yang signifikan karakteristik dan manajemen konflik dengan kepuasan kerja dengan p value 0,001<0,05. Rekomendasi peneliti sebaiknya perawat/ bidan di berikan penyegaran dan bimbingan manajemen konflik berbasis Teori Imogene King secara konsisten untuk meningkatkan kepuasan kerja.

Keywords


Manajemen Konflik Berbasis Teori Imogene King; Kepuasan Kerja; Perawat Dan Bidan Pelaksana

Full Text:

PDF

References


Azmi, L. F.D. 2020, Metode Pengelolaan Konflik Interpersonal. Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada.

Abdillah, Hadi., 2016 Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Perawat Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Cibabat Kota Cimahi Tahun 2016.

Barida, M. 2016. Modul Assertiveness Training Untuk Meningkatkan Komunikasi Asertif, Cet. 1. Yogyakarta: Penerbit K-Media.

Cahyono, S.W.T (2020), Gambaran Sistem Interpersonal Teori King Terhadap Stigma Negatif Pada Penderita Hiv Positif Di Nganjuk

Dalimunthe, S. F. (2014) ‘Manajemen Konflik Dalam Organisasi’, Palangka Raya Jurnal Studi Agama dan Masyarakat, 8(1), pp. 21–37. doi: 10.1007/s13398-014-0173-7.2.

Dedi, B. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif Dalam Keperawatan. Jakarta: Trans Info Media

Ekawarna, (2018). Manajemen Konflik Dan Stres, Jakarta Timur: PT Bumi Aksara

Gulo, A. R. B. (2016). Efektivitas Pelatihan Manajemen Konflik Pada Manajer Perawat Terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Perawat Pelaksana dalam Melaksanakan Pelayanan Keperawatan di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Swasta Kota Medan.

Guttman, H. M. (2009). Conflict Management As a Core Competency for HR Professionals. People and Stategy. 32 (1), 32-39

Halijah, 2021, Gambaran Kepuasan Kerja Perawat Di Rsud Lamaddukkelleng Kabupaten Wajo Tahun 2021.

Hastono, S. P. (2007), Analisis Data Kesehatan, Fakultas Keshatan Masyarakat, Universitas Indonesia.

https://www.alodokter.com/pentingnya-bersikap-asertif-dan-cara-melatihnya

Jamalina, Andi., 2018, Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Perawat Di RSUD Massenrempulu Enrekang

Kustriyani, Menik, 2016, tentang pelaksanaan manajemen konflik interdisiplin oleh case manajer diruang rawat inap RSUD Tugurejo Semarang.

Karota, evi. Lutfhiani, 2020. Buku Ajar Aplikasi King’s Theory of Goal Attainment: Perilaku Perawatan Diri Pasien Diabetes. Medan : USU Press.

Mokodompit, 2021, Analisis Hubungan Tingkat Kesejahteraan Tanggung Jawab dan Motivasi terhadap Kepuasan Kerja Perawat dan Bidan

Marquis& Huston, 2015: Leadership Roles and Mangement Function in Nursing: Theory and Application.

Mangkunegara. (2009). Evaluasi Kinerja SDM. Cetakan ketiga. Bandung; PT. Refika Aditama.

Nulhaqim, Soni A, 2020 Tinjauan Teoritis Manajemen Konflik Sosial dan Hukum: Yogyakarta: Pandiva Buku.

Noe, R. A. (2002). Employee Training & Development. 2nd ed. New York: The McGraw-Hill Companies, Inc.

Notoatmodjo S., 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta. PT Rineka Cipta.

Nuraini, Indah, 2018, Model Transformational Service Dengan Pendekatan Teori Sistem Interpersonal Imogene King Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan Dipuskesmas Tanjung Palas Kabupaten Bulungan Kalimantan Utara Tahun 2018.

Robbins, S.P. (2006). Perilaku Organisasi. Edisi kesepuluh. Jakarta: PT. Indeks Gramedia.

Robbins, S.P. & Judge, T.A. (2008). Perilaku Organisasi. Edisi 12. Jakarta: Salemba Empat.

Rofii.M, 2021, Teori Dan Falsafah Keperawatan, Departemen Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang, Jawa Tengah, Indonesia e-ISBN: 9 786236 528846 Penerbit: Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Kampus Undip Tembalang Semarang.

Rizany, Ichsan.,2022, Faktor yang mempengaruhi Kepuasan Kerja Perawat selama pandemi Covid-19 di Beberapa Rumah sakit di Kalimatan Selatan

Setiadi. 2013. Konsep Dan Penulisan Riset Keperawatan. Ed. 2. Yogyakarta. Graha Ilmu.

Sunyoto, D. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: CAPS.

Saufa, Jasuha, (2017), Dampak Kepuasan Kerja Dalam Peningkatan Kinerja Perawat Dengan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Intervening.

Spector, P. (1997). Job Satisfaction: Application, Assessment, Cause and Concequences. Sage Publication.

Tomey, A.M., & Alligood, M.R. (2006). Nursing theorists and their work, sixth edition. St. Louis Missouri, Philadelphia, USA. Mosby Elsevier.

Tubbs, S.L & Moss, S. (2005). Human Communication.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Telaumbanua, H. T. N (2019) Kemampuan Pemimpin Keperawatan Dalam Melakukan Manajemen Konflik Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan.

UU No.38 Tahun 2014, tentang Keperawatan. Jakarta: Depkes, RI.

UU No.4 Tahun 2019, tentang Kebidanan. Jakarta: Depkes, RI.

Winarti, Yudantoro, Ratna. (2012). Manajemen dan Kepemimpinan dalam Keperawatan.Yogyakarta: Fitramaya.

Wati, Ni Made Nopita (2020), Gambaran Kepuasan Kerja Perawat di Ruang Rawat Inap RSUD Wangaya Denpasar.

Wahyudi. (2017). Strategi Manajemen. Jakarta: Salemb

Wianti, Sri (2020) Pengalaman Penerapan Komunikasi Dalam Mengelola Konflik Pada Kepala Ruangan Di Blud Rsu Kota Banjar.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.1.339-354.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id