Hubungan E-Leadership dan Kemampuan Penerapan Inovasi Teknologi Digital Terhadap Kinerja Guru dalam Pembelajaran Jarak Jauh

Tetriko Talibo, Ansar Ansar, Arifin Arifin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengukur hubungan e-leadership dan kemampuan penerapan inovasi teknologi digital terhadap kinerja guru dalam pembelajaran jarak jauh, baik secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dimana respondennya merupakan guru SMP Negeri di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (n=74). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis di uji normalitas, persamaan regresi, linearitas, dan analisis korelasi parsial dan simultan. Hasil penelitian menunjukkan e-leadership secara parsial memiliki signifikansi 73% terhadap kinerja, kemampuan penerapan inovasi teknologi digital secara parsial memiliki signifikansi 80% terhadap kinerja, dan secara simultan memiliki signifikansi 90% terhadap kinerja guru selama proses pembelajaran jarak jauh.

Keywords


E-Leadership; Penerapan Teknologi Digital; Kinerja Guru; Pembelajaran Jarak Jauh; Application of Digital Technology; Teacher Performance; Distance Learning

Full Text:

PDF

References


Abdul Syukur, I. (2014). Profesionalisme Guru dalam Mengimplementasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kabupaten Nganjuk. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(2), 200–210. https://doi.org/10.24832/jpnk.v20i2.138

Adlin, A. (2019). ANALISIS KEMAMPUAN GURU DALAM MEMANFAATKAN MEDIA BEBASIS KOMPUTER PADA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR. JURNAL IMAJINASI, 3(2), 30. https://doi.org/10.26858/i.v3i2.12961

Aldiyah, E. (2021). PERUBAHAN GAYA BELAJAR DI MASA PANDEMI COVID-19. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 1(1), 8–16. https://doi.org/10.51878/cendekia.v1i1.24

Astini, N. K. S. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. LAMPUHYANG, 11(2), 13–25. https://doi.org/https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v11i2.194

Atsani, L. G. M. Z. (2020). TRANSFORMASI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19. Al-Hikmah, 1(1), 82–93.

Cahya Pratama, Y. H. (2022). Analisis E-Leadership Pada E-Government Pemerintah Daerah Demi Menyukseskan Transformasi New Normal di Era Pandemi Covid-19. JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 9(2), 1080–1094. https://doi.org/10.35957/jatisi.v9i2.1935

Ilham, R., Dayanti, S. R., Arifana, M. H., & Siregar, C. S. (2022). THE EFFECT OF DIGITAL LEADERSHIP AND SERVICE QUALITY ON E- LEARNING STUDENT SATISFACTION THROUGH E-LEARNING STUDENT LOYALTY AT EAST JAVA UNIVERSITY, INDONESIAN. International Research Journal of Modernization in Engineering Technology and Science, 4(3), 169–177. https://www.irjmets.com/uploadedfiles/paper/issue_3_march_2022/19488/final/fin_irjmets1646459503.pdf

Juliya, M., & Herlambang, Y. T. (2021). ANALISIS PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DARING DAN PENGARUHNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA. Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 12(01), 281–294.

L, I. (2019). EVALUASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 920–935. https://doi.org/10.35673/ajmpi.v9i2.427

Mahmudi, A., & Sodiq, F. (2021). OPTIMALISASI TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN. Jurnal Pengabdian Vokasi, 2(1), 18–21. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/jpv.2021.10584

Miasih, R., & Hasanah, E. (2021). Best Practice Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Menciptakan Iklim Belajar Jarak Jauh yang Kondusif. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(3), 565. https://doi.org/10.33394/jk.v7i3.3559

Nafrin, I. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(2), 456–462. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.324

Oh, S. P. (2017). Principal E-Leadership Practices and Teacher Attitude toward Using the Frog VLE. Educational Leader (PEMIMPIN PENDIDIKAN), 5, 146–171. https://ajap.um.edu.my/index.php/PEMIMPIN/article/view/20709

Prijanto, J. H., & Kock, F. de. (2021). Peran Guru Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dengan Menerapkan Metode Tanya Jawab Pada Pembelajaran Online. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(3), 238–251. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/4318

Rusnati, I., Gaffar, M. F., Komariah, A., Suhardan, D., & Mulyani, S. (2022). PERSEPSI KEPALA SEKOLAH TERHADAP SISTEM DIGITALISASI PENGELOLAAN SEKOLAH DASAR DI SD EL FITRA. JURNAL AL BURHAN, 2(1), 8–13. https://jurnal.staidaf.ac.id/index.php/jab/article/view/41

Sudrajat, J. (2020). KOMPETENSI GURU DI MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 13(2), 100. https://doi.org/10.26623/jreb.v13i2.2434

Sunarsi, D., Rohaeni, N., Wulansari, R., Andriani, J., Muslimat, A., Rialmi, Z., Kustini, E., Kristianti, L. S., Rostikawati, D., Effendy, A. A., Purwanto, A., & Fahlevi, M. (2020). Effect of e-Leadership Style, Organizational Commitment and Service Quality towards Indonesian School Performance. Sys Rev Pharm, 11(10), 472–481. https://www.sysrevpharm.org/articles/effect-of-eleadership-style-organizational-commitment-and-service-quality-towards-indonesian-school-performance.pdf

Syafari, Y., & Montessori, M. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Siswa Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1294–1303. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.872

Tamami, F. (2021). Evaluasi Pembelajaran Daring di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(8), 1332–1352. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i8.250

Werdiningsih, W. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Melaksanakan Pembelajaran Daring. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 2(1), 113–124. https://doi.org/10.21154/sajiem.v2i1.48

Widyaningsih, S. (2022). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motiva si Guru Dan Dukungan Orang Tua Pada PJJ Masa Pandemi Covid 19 . Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 16(1), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.21067/jppi.v16i1.6968

Yuhana, Y. (2020). TANTANGAN GURU PROFESIONAL DALAM MELAKSANAKAN PROSES PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 283–288.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.1.817-824.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id