Hubungan E-Leadership dan Kemampuan Penerapan Inovasi Teknologi Digital Terhadap Kinerja Guru dalam Pembelajaran Jarak Jauh
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul Syukur, I. (2014). Profesionalisme Guru dalam Mengimplementasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kabupaten Nganjuk. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(2), 200–210. https://doi.org/10.24832/jpnk.v20i2.138
Adlin, A. (2019). ANALISIS KEMAMPUAN GURU DALAM MEMANFAATKAN MEDIA BEBASIS KOMPUTER PADA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR. JURNAL IMAJINASI, 3(2), 30. https://doi.org/10.26858/i.v3i2.12961
Aldiyah, E. (2021). PERUBAHAN GAYA BELAJAR DI MASA PANDEMI COVID-19. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 1(1), 8–16. https://doi.org/10.51878/cendekia.v1i1.24
Astini, N. K. S. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. LAMPUHYANG, 11(2), 13–25. https://doi.org/https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v11i2.194
Atsani, L. G. M. Z. (2020). TRANSFORMASI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19. Al-Hikmah, 1(1), 82–93.
Cahya Pratama, Y. H. (2022). Analisis E-Leadership Pada E-Government Pemerintah Daerah Demi Menyukseskan Transformasi New Normal di Era Pandemi Covid-19. JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 9(2), 1080–1094. https://doi.org/10.35957/jatisi.v9i2.1935
Ilham, R., Dayanti, S. R., Arifana, M. H., & Siregar, C. S. (2022). THE EFFECT OF DIGITAL LEADERSHIP AND SERVICE QUALITY ON E- LEARNING STUDENT SATISFACTION THROUGH E-LEARNING STUDENT LOYALTY AT EAST JAVA UNIVERSITY, INDONESIAN. International Research Journal of Modernization in Engineering Technology and Science, 4(3), 169–177. https://www.irjmets.com/uploadedfiles/paper/issue_3_march_2022/19488/final/fin_irjmets1646459503.pdf
Juliya, M., & Herlambang, Y. T. (2021). ANALISIS PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DARING DAN PENGARUHNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA. Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 12(01), 281–294.
L, I. (2019). EVALUASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 920–935. https://doi.org/10.35673/ajmpi.v9i2.427
Mahmudi, A., & Sodiq, F. (2021). OPTIMALISASI TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN. Jurnal Pengabdian Vokasi, 2(1), 18–21. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/jpv.2021.10584
Miasih, R., & Hasanah, E. (2021). Best Practice Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Menciptakan Iklim Belajar Jarak Jauh yang Kondusif. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(3), 565. https://doi.org/10.33394/jk.v7i3.3559
Nafrin, I. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(2), 456–462. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.324
Oh, S. P. (2017). Principal E-Leadership Practices and Teacher Attitude toward Using the Frog VLE. Educational Leader (PEMIMPIN PENDIDIKAN), 5, 146–171. https://ajap.um.edu.my/index.php/PEMIMPIN/article/view/20709
Prijanto, J. H., & Kock, F. de. (2021). Peran Guru Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dengan Menerapkan Metode Tanya Jawab Pada Pembelajaran Online. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(3), 238–251. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/4318
Rusnati, I., Gaffar, M. F., Komariah, A., Suhardan, D., & Mulyani, S. (2022). PERSEPSI KEPALA SEKOLAH TERHADAP SISTEM DIGITALISASI PENGELOLAAN SEKOLAH DASAR DI SD EL FITRA. JURNAL AL BURHAN, 2(1), 8–13. https://jurnal.staidaf.ac.id/index.php/jab/article/view/41
Sudrajat, J. (2020). KOMPETENSI GURU DI MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 13(2), 100. https://doi.org/10.26623/jreb.v13i2.2434
Sunarsi, D., Rohaeni, N., Wulansari, R., Andriani, J., Muslimat, A., Rialmi, Z., Kustini, E., Kristianti, L. S., Rostikawati, D., Effendy, A. A., Purwanto, A., & Fahlevi, M. (2020). Effect of e-Leadership Style, Organizational Commitment and Service Quality towards Indonesian School Performance. Sys Rev Pharm, 11(10), 472–481. https://www.sysrevpharm.org/articles/effect-of-eleadership-style-organizational-commitment-and-service-quality-towards-indonesian-school-performance.pdf
Syafari, Y., & Montessori, M. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Siswa Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1294–1303. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.872
Tamami, F. (2021). Evaluasi Pembelajaran Daring di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(8), 1332–1352. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i8.250
Werdiningsih, W. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Melaksanakan Pembelajaran Daring. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 2(1), 113–124. https://doi.org/10.21154/sajiem.v2i1.48
Widyaningsih, S. (2022). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motiva si Guru Dan Dukungan Orang Tua Pada PJJ Masa Pandemi Covid 19 . Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 16(1), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.21067/jppi.v16i1.6968
Yuhana, Y. (2020). TANTANGAN GURU PROFESIONAL DALAM MELAKSANAKAN PROSES PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 283–288.
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.1.817-824.2023
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id