Ketahanan Ekonomi Produksi Padi Di Wilayah Jawa Timur Melalui Pemodelan Regresi Robust Data Panel Dengan Penduga Least Trimmed Square

Ani Budi Astuti, Aprilia Nurul Azizah, Niel Ananto

Abstract


Produksi padi merupakan salah satu hal yang terus ditingkatkan untuk memenuhi kebutuhan konsumsi di Indonesia. Sektor pertanian memiliki fungsi sebagai penyedia pangan dan telah memberikan peran strategis dalam pembangunan nasional. Beras sebagai bahan pangan utama penduduk Indonesia merupakan komoditas yang berperanan dalam penetapan ketahanan pangan dan ketahanan ekonomi untuk mewujudkan stabilitas nasional. Jawa Timur merupakan provinsi dengan tingkat produksi padi terbesar kedua setelah provinsi Jawa Barat. Metode Kuadrat Terkecil merupakan salah satu metode pendugaan parameter regresi yang mudah terpengaruh adanya pencilan. Pencilan dapat menyebabkan penduga parameter regresi bersifat bias. Oleh karena itu, diperlukan metode yang kekar terhadap adanya pencilan. Regresi robust digunakan ketika asumsi normalitas sisaan tidak terpenuhi karena adanya pencilan. Salah satu jenis data yang banyak ditemui adalah data panel yang merupakan gabungan antara data cross section dan time series. Pada penelitian ini dimodelkan data panel produksi Padi dari 38 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur dengan regresi robust penduga-LTS (Least Trimmed Square) dan diidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi produksi padi di Jawa Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi produksi padi di Jawa Timur adalah luas panen padi dan luas serangan organisme penggangu tanaman padi dengan validasi model berdasarkan nilai koefisien determinasi sebesar 99,3%. Performa penduga LTS model random effect model pada regresi robust data panel yang mengandung pencilan sangat baik untuk data produksi padi di wilayah Jawa Timur. 


Keywords


Padi; Pencilan; Penduga-LTS; Random Effect Model; Regresi Robust

Full Text:

PDF

References


Bowerman, B. L. dan O’connell, R. T. (1990). Linear Statistical Models: An Applied Approach. Brooks: Cole.

Draper, N. R. dan Smith, H. (1998). Applied Regression Analysis, Third Edition. New York: John Wiley & Sons, Inc.

Gujarati, D. N. dan Porter, D. C. (2011). Basic Econometrics, Fifth Edition. New York: McGraw-Hill.

Hill, R. C., Griffiths, W. E., dan Lim, G. C. (2011). Principle of Econometrics, Fourth Edition. New York: John Wiley & Sons, Inc.

Ishaq, M., Rumiati, A. T., dan Permatasari, E. O. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produksi Padi di Provinsi Jawa Timur Menggunakan Regresi Semiparametrik Spline. Jurnal Sains dan Seni ITS. Vol. 6, No. 1, pp: D-101-D-107. DOI: 10.12962/j23373520.v6i1.22451.

Kutner, M. H., Nachtsheim, C. J., Neter, J., dan Li, W. (2004). Applied Linear Statistical Models, Fifth Edition. New York: McGraw-Hill.

Nurdin, N., Raupong, dan Islamiyati, A. (2014). Penggunaan Regresi Robust pada Data yang Mengandung Pencilan dengan Metode Momen. Jurnal Matematika, Statistika, & Komputasi 10(2): 114-123.

Rousseeuw, P. J. dan Leroy, A. M. (2005). Robust Regression and Outlier Detection (Vol. 589). New York: John Wiley & Sons, Inc.

Sudana, W., Sudiono, S., dan Sujatmo. (2021). Perilaku Perberasan di Jawa Timur. Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Pertanian Bogor dan

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jawa Timur.

Wackerly, D., Mendenhall, W., dan Shearffer, R. (2008). Mathematical Statistics with Application, Seventh Issue. Florida: Thomson Brooks/Cole.

Wijoyo, B. H. R., Hidayat, S. I., dan Abidin, Z. (2019). Analisis Ketersediaan Beras di Jawa Timur. Berkala Ilmiah Agribisnis AGRIDEVINA. Vol. 8 No.2, pp: 83-98.

Yaffee, R. A. (2002). Robust Regression Analysis: Some Popular Statistical Package Options. Statistics, Social Science, and Mapping Group (Online), (https://www.researchgate.net/publication/266436942_Robust_Regression_Analysis_Some_Popular_Statistical_Packages). Diakses pada tanggal 2 Desember 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.1.567-580.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id