Analisis Tindak Tutur Lokusi Ilokusi dan Perlokusi Pada Tayangan Youtube Kick Andy Edisi Januari 2022 Sebagai Bahan Pembelajaran di SMA

Meliyawati Meliyawati, Saraswati Saraswati, Dewi Anisa

Abstract


Penelitan ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk tindak tutur lokusi, ilokusi dan perlokusi pada tayangan youtube Kick Andy edisi Januari 2022 sebagai bahan pembelajaran di SMA. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini adalah tayangan youtube Kick Andy. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak bebas libat cakap dan teknik catat. Adapun teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, pada video 1-4 ditemukan bentuk-bentuk tindak tutur diantaranya yaitu tindak tutur lokusi ditemukan sebanyak 144 data, meliputi lokusi kalimat berita 4 data, kalimat perintah 14 data, dan kalimat tanya 126 data. Ditemukan 144 bentuk tindak tutur ilokusi, meliputi ilokusi asertif 126 data, direktif 9 data, komisif 3 data, ekspresif 5 data, dan deklaratif 1 data. Ditemukan 15 bentuk tindak tutur perlokusi meliputi perlokusi efek senang 11 data, dan efek bersedih 4 data. Dari analisis tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa pada penelitian ini lokusi kalimat tanya dan ilokusi asertif lebih banyak ditemukan yaitu lokusi tanya berjumlah 126 data dan ilokusi asertif sebanyak 126 data karena konteks yang terdapat pada tayangan Kick Andy adalah konteks gelar wicara berupa perbincangan atau diskusi. Selanjutnya, hasil dari analisis ini diimplementasikan sebagai bahan ajar teks eksposisi yng ada di kelas X SMA sesuai dengan KI dan KD pada silabus pembelajaran kurikulum 2013.

Keywords


Tindak tutur; lokusi; ilokusi dan perlokusi; bahan ajar

Full Text:

PDF

References


Adhiguna, M, P. (2019) “Analisis Tindak Tutur Lokusi, Ilokusi dan Perlokusi dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas XI MIPA 7 SMAN 7 Denpasar Tahun Pelajaran 2018/2019”. Jurnal Bakti Saraswati. 08, (02), 1-8.

Banondari, R. (2015). Analisis Tindak Tutur dalam Kegiatan dalam Kegiatan Diskusi pada Pembelajaran Berbicara kelas X SMA 1 Sewon . Skripsi pada Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS Universitas Negeri Yogyakarta: Tidak diterbitkan.

Dardjowidjojo, S. (2018). Psikolinguistik. DKI Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Hermaji, B. (2021). Teori Pragmatik.. DI Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.

Moleong, L.J. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Najamuddin (2018). Analisis Tindak Tutur dalam Acara “Indonesia Lawyers Club” Tv One. Skripsi pada Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Muhamadiyah Makassar: Tidak diterbitkan.

Putrayasa, I.B. (2015). Pragmatik, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ramlan, M. (2005). Sintaksis. Yogyakarta: C.V. Karyono.

Rohmadi, M. (2017) Pragmatik Teori dan Analisis. Surakarta:Yuma Pustaka.

Rohmadi, M., Sadhono, K. & Hastuti, S. (2017). Kajian Pragmatik. Surakarta: Yuma Pustaka.

Samosir, F.T., Pitasari, D.N., Purwaka & Tjahjono, P.E. (2018). “Efektivitas Youtube sebagai Media Pembelajaran Mahasiswa (Studi di Fakultas FISIP Universitas Bengkulu)”. Record and Library Journal. 4. (2), 81-91.

Sugyono, (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.1.137-152.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id