Evaluasi Pembelajaran Daring Menggunakan Model CIPP Mata Pelajaran Ekonomi SMA Di Kecamatan Kebumen

Resti Agustin Naeni, Leny Noviani, Dini Octoria

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa baik evaluasi pelaksanaan pembelajaran daring selama covid – 19 dari persepsi peserta didik dalam mata pelajaran ekonomi SMA di Kecamatan Kebumen yang ditinjau oleh model evaluasi context, input, product, process, produc (CIPP) yang dirumuskan oleh stufflebeam. Jenis penelitian ini yaitu penelitian evaluasi dengan metode deskriptif kuantitatif. Proporsinal random sampling digunakan sebagai teknik untuk pengambilan sampel. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner / angket melalui link googleform. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu statistik deskriptif. Hasil penelitian ini diperoleh: (1) Pelaksanaan pembelajaran daring pada aspek context memperoleh hasil indeks rata – rata 74,05% kategori baik, (2) Pelaksanaan pembelajaran daring pada aspek input memperoleh indeks rata- rata 78,64% kategori baik, (3) pelaksanaan pembelajaran daring pada aspek process memperoleh indeks rata – rata 67,93% kategori baik, (4) Pelaksanaan pembelajaran daring dalam aspek product memperoleh indeks rata – rata 76,65% kategori baik.

Keywords


Model CIPP; Pembelajaran Daring; Mata Pelajaran Ekonomi

Full Text:

PDF

References


Aziz, S. (2002). Implementasi Model CIPP untuk Evaluasi Mutu di Sekolah Level : Studi Kasus Evaluasi adalah pusat dari semua perbaikan baik kita berbicara tentang. 1(1), 189–206.

Azra, M. H. (2021). Efektivitas pembelajaran secara daring selama pandemi Covid-19 mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (PJOK) pada siswa SMK Negeri 1 Makassar. Doctoral Disertation Universitas Negeri Makassar, 1–12.

Baber, H. (2021). Social interaction and effectiveness of the online learning – A moderating role of maintaining social distance during the pandemic COVID-19. Asian Education and Development Studies. https://doi.org/10.1108/AEDS-09-2020-0209

Bahasoan, A. N., Wulan Ayuandiani, Muhammad Mukhram, & Aswar Rahmat. (2020). Effectiveness of Online Learning In Pandemic Covid-19. International Journal of Science, Technology & Management, 1(2), 100–106. https://doi.org/10.46729/ijstm.v1i2.30

Damayanti, E., Ibrahim, M. M., & Ismail, M. I. (2022). Evaluation of Online Learning Programs at Universities Using the CIPP Model. Jurnal Educative: Journal of Educational Studies, 6(1), 95. https://doi.org/10.30983/educative.v6i1.4678

Fauziyah, N. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Efektivitas Pembelajaran Daring Pendidikan Islam. Al-Mau’Izhoh, 2(2), 1–11.

Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 53–65.

Mustakim, M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Al Asma : Journal of Islamic Education, 2(1), 1. https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13646

Rohman, M., Baskoro, F., & Endahcahyaningrum, L. (2020). The Effectiveness and Efficiency of Google Classroom as an Alternative Online Learning Media to Overcome Physical Distancing in Lectures Due to the Covid-19 pandemic: Student Perspectives. Proceeding - 2020 3rd International Conference on Vocational Education and Electrical Engineering: Strengthening the Framework of Society 5.0 through Innovations in Education, Electrical, Engineering and Informatics Engineering, ICVEE 2020. https://doi.org/10.1109/ICVEE50212.2020.9243258

Samoling, I. E., Tismanto, B., & Rina, L. (2021). Jurnal of Educational Technology , Curriculum , Learning , and Communicatio. 1(3), 125–131.

Solihat, N. A., & Arnasik, S. (2018). Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswi Pendidikan Ekonomi Universitas Siliwangi. Oikos : Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 2(1), 141–152.

Susilowati, L., & Rahayu, S. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Dengan Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Masalah Pokok EkonomI. 4(2), 12–20.

Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072

Yudiawan, A. (2020). BELAJAR BERSAMA COVID 19 : Evaluasi Pembelajaran Daring Era Pandemi di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri , Papua Barat. 6(1), 10–16.

Zaharah, Indrayanto, Nourwahidah, C. D., Saehudin, A., Hasan, H., & Kamarusdiana. (2020). The Effectiveness of Information Technology as a Learning Media towards Teaching Role (Case Study for Student due to Pandemic Covid-19). 2020 8th International Conference on Cyber and IT Service Management, CITSM 2020, 19–24. https://doi.org/10.1109/CITSM50537.2020.9268914




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.1.35-44.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id