Pengaruh Lingkungan Fisik Dan Lingkungan Sosial Terhadap Kinerja Guru Madrasah Aliyah Negeri 2 Kabupaten Gorontalo

Azis Dukalang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lingkungan fisik maupun lingkungan sosial terhadap kinerja guru Madrasah Aliyah Negeri 2 Kabupaten Gorontalo, baik secara individu maupun secara simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik angket. Analisis data dilakukan menggunakan metode analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan fisik dan lingkungan sosial memberikan pengaruh terhadap kinerja guru, baik secara parsial maupun secara simultan. Secara parsial, pengaruh lingkungan fisik terhadap kinerja guru adalah sebesar 5.3%, sedangkan pengaruh lingkungan fisik adalah sebesar 90.7%. Artinya bahwa lingkungan sosial memberikan pengaruh yang lebih besar terhadap kinerja guru dibandingkan dengan lingkungan fisik. Fasilitas penunjang sekolah yang terbatas masih bisa meningkatkan motivasi guru untuk meningkatkan kinerjanya. Namun, lingkungan sosial berpengaruh sangat penting dalam kinerja guru. Lingkungan sosial yang mendukung akan meningkatkan kualitas pembelajaran dan motivasi guru untuk meningkatkan kinerjanya. Secara simultan, lingkungan fisik dan lingkungan sosial memberikan pengaruh terhadap kinerja guru sebesar 97.3%, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diukur dalam penelitian ini. Faktor lain tersebut di antaranya adalah guru tersertifikasi dan kualifikasi pendidikan guru.

Keywords


Kinerja Guru; Lingkungan Fisik; Lingkungan Sosial

Full Text:

PDF

References


Ariwibowo, Mustofa Setyo. 2012. “Pengaruh Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa PPKN Angkatan 2008/2009 Universitas Ahmad Dahlan Semester Ganjil Tahun Akademik 2010/2011”. Jurnal Citizenship, 1(2): 113- 122

Bafadel, Ibrahim. 2014. Manajemen Perlengkapan Sekolah Teori dan Aplikasinya. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Kusmianto. 1997. Panduan Penilaian Kinerja Guru Oleh Pengawas. Jakarta : Erlangga

Mangkunegara, A. P. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Remaja Rosdakarya

Partono dan Tri Minarni. 2006.” Pengaruh Disiplin dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi”. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, 1(2): 206-218

Prawirosentono, Suyadi. 1999. Kebijakan Kinerja Karyawan. Yogyakarta: BPF

Saroni, Muhammad. (2006). Lingkungan Sekolah dan Pengembangannya. Jakarta : PT.Raja Grafindo Persada

Sedarmayanti. (2009). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: CV. Mandar Maju

Suharsimi Arikunto, 1998. “ Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek”. Edisi Revisi, Cetakan keempat. Penerbit Rineka Cipta. Jakarta

Watoyo, Dwi. 2008. “Hubungan antara Lingkungan Belajar dan Minat Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI Jurusan IPS SMA 59 Negeri 1 Paninggaran Kabupaten Pekalongan”. Tesis. Surakarta: Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.3.2419-2426.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id