Program Habituasi dalam Penguatan Karakter Siswa di SMA Negeri 4 Gorontalo
Abstract
Penguatan karakter religius peserta didik menjadi aspek penting dalam kebijakan Merdeka Belajar yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Aspek ini nantinya berujung pada pencapaian karakter profil pelajar Pancasila yang dinilai berperan penting dalam pembentukan karakter bangsa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penguatan dan peningkatan karakter religius siswa melalui proses habituasi, khususnya di SMA Negeri 4 Gorontalo. Penelitian yang dirancang menggunakan Penelitian Tindakan Sekolah ini menerapkan teknik observasi non partisipan. Data penelitian dikumpulkan menggunakan kuesioner dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan program habituasi mampu meningkatkan karakter religius siswa di SMA Negeri 4 Gorontalo. Secara teoritis, hasil penelitian ini berkontribusi pada kajian di bidang pendidikan, khususnya dalam kaitannya dengan penguatan karakter religius pada implementasi kebijakan Merdeka Belajar. Secara praktis, hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk penelitian di kajian yang sama dengan lokasi yang berbeda, mengingat kebijakan ini berlaku di jenjang pendidikan tanpa pengecualian.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ainiyah, N. (2013). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Ulum, 13(1), 25–38. https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/au/article/view/179/159
Alfiyah, N., & Wahyuni, A. (2021). Strengthening Religious Character During the Covid-19 Pandemic Class III Elementary School. Academia Open, 6, 1–12. https://doi.org/10.21070/acopen.6.2022.2189
Arifin, M. A. (2019). Developmental History of Character Education and How It Could Be Defined. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 16(2), 411. https://doi.org/10.30863/ekspose.v16i2.101
Burhanuddin, H., Manshur, A., & Himmah, F. (2022). Penguatan Karakter Religius Siswa melalui Habituasi di Smp Islam Plus Miftahul Ulum dan Smp Negeri 1 Balen Bojonegoro. Proceeding: Annual Conference on Islamic Education. http://acied.pp-paiindonesia.org/index.php/acied
Cahyono, H. (2016). Pendidikan Karakter: Strategi Pendidikan Nilai dalam Membentuk Karakter Religius. Ri’ayah: Jurnal Sosial Dan Keagamaan, 1(2). https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/riayah/article/view/pendidikan-karakter%3A-strategi-pendidikan-nilai-dalam-membentuk-karakter-religius
Curren, R. (2017). Why character education? Impact, 2017(24), 1–44. https://doi.org/10.1111/2048-416x.2017.12004.x
Hidayat, A. G., & Haryati, T. (2020). Implementasi Pembinaan Karakter Religius Berbasis Kearifan Local Maja Labo Dahu Pada Peserta Didik Sekolah Dasar di Kabupaten Bima. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(3). https://doi.org/10.36312/jisip.v4i3.1285
Hidayati, N. A., Waluyo, H. J., Winarni, R., & Suyitno. (2020). Exploring the implementation of local wisdom-based character education among indonesian higher education students. International Journal of Instruction, 13(2). https://doi.org/10.29333/iji.2020.13213a
Istiningsih, G., & Dharma, D. S. A. (2021). Integrasi Nilai Karakter Diponegoro dalam Pembelajaran Untuk Membentuk Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Kebudayaan, 16(1), 25–42. https://doi.org/10.24832/jk.v16i1.447
Kamalin, L. (2020). Habituasi Salamsaling Doa Sebagai Upaya Penguatan Pendidikan Karakter di SD Negeri 3 Pandanrejo. PROCEEDING UMSURABAYA. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pro/article/view/4833
Keraf, F. M. P., & Komalasari, K. (2019). Penguatan Karakter Nasionalisme melalui Habituasi pada Siswa SMP Wilayah Perbatasan Indonesia - Timor Leste. Jurnal Penelitian Pendidikan, 19(2). https://doi.org/10.17509/jpp.v19i2.19764
Kholifah, N., & Fahyuni, E. F. (2022). Strengthening Students’ Religious Character During the COVID-19 Pandemic. KnE Social Sciences, 2022, 442–451. https://doi.org/10.18502/kss.v7i10.11247
Kurniawan, M. W. (2021). Penguatan Karakter Religius Berbasis Budaya Sekolah di SD Muhammadiyah 4 Batu. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(2). https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1393
Kusnadi, A. E. (2018). Pengembangan Kepedulian Sosial Warga Negara Melalui Kebijakan Pemerintah Daerah Mengenai Zakat, Infak, dan Shadaqah. Jurnal Sosioreligi, 16, 1–13.
Lerner, R. M. (2018). Character development among youth: Linking lives in time and place. International Journal of Behavioral Development, 42(2). https://doi.org/10.1177/0165025417711057
Mandayu, Y. Y. B. (2020). Pembentukan Karakter Toleransi Melalui Habituasi Sekolah. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 5(2), 31. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v5i2.1598
Masaong, A. K. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Multiple Intelligence. Konaspi VII.
Muassomah, Abdullah, I., Istiadah, Mujahidin, A., Masnawi, N., & Sohrah. (2020). Believe in Literature: Character Education for Indonesia’s Youth. Universal Journal of Educational Research, 8(6), 2223–2231. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080605
Muchtarom, M., Winarno, W., & Suryono, H. (2019). Implementasi penguatan pendidikan karakter untuk mengembangkan kecerdasan moral di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(3), 47–61. https://doi.org/10.24269/jpk.v4.n3.2019.pp47-61
Nada, H. N., Fajarningsih, R. U., & Astirin, O. P. (2021). Environmental education to build school members’ character. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 7(1). https://doi.org/10.22219/jpbi.v7i1.14283
Negara, A. H. S. (2020). Religious Character as the Main Base of Education in Indonesia. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200529.055
Ngalu, R. (2019). Pendidikan Karakter Melalui Pengembangan Kultur Sekolah. Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 84–94. http://unikastpaulus.ac.id/jurnal/index.php/jllpaud/article/view/342
Nurbaiti, R., Alwy, S., & Taulabi, I. (2020). Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Aktivitas Keagamaan. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 2(1). https://doi.org/10.33367/jiee.v2i1.995
Oktafiani, A. (2021). Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Penguatan Karakter Religius Siswa di Smp Islamic Centre Kota Tangerang. JM2PI: Jurnal Mediakarya Mahasiswa Pendidikan Islam, 1(2). https://doi.org/10.33853/jm2pi.v1i2.115
Peterson, A. (2020). Character education, the individual and the political. Journal of Moral Education, 49(2), 143–157. https://doi.org/10.1080/03057240.2019.1653270
Purwanto, N. (1995). Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Remaja Karya Bandung.
Purwanto, P. (2020). Pembangunan Karakter Siswa Melalui Habituasi Sekolah Muhammadiyah (Studi Kasus SMP Muhammadiyah Al Mujahidin Wonosari). G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2). https://doi.org/10.31316/g.couns.v4i2.804
Restiana, D., & Maria Ulfa, N. S. (2021). Upaya Pembinaan Karakter Religius Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Rohis di Madrasah Aliyah Fathul Anwar Kabupaten Rokan Hulu. HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 36. https://doi.org/10.55403/hikmah.v10i2.282
Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230. https://doi.org/10.22146/jkn.67613
Sanderse, W. (2020). Does Aristotle believe that habituation is only for children? Journal of Moral Education, 49(1). https://doi.org/10.1080/03057240.2018.1497952
Santi, E.-A., & Santi, C. (2017). The Students’ Perception Regarding the Importance of Religious Education in Shaping Their Character. International Multidisciplinary Scientific Conference on the Dialogue between Sciences & Arts, Religion & Education, 1(1). https://doi.org/10.26520/mcdsare.2017.1.56-61
Saripudin, D., & Komalasari, K. (2015). Living values education in school habituation program and its effect on student character development. New Educational Review, 39(1), 51–62. https://doi.org/10.15804/tner.2015.39.1.04
Suissa, J. (2015). Character education and the disappearance of the political. Ethics and Education, 10(1), 105–117. https://doi.org/10.1080/17449642.2014.998030
Suryanti, E. W., & Widayanti, F. D. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Religius. Conference On Innovation and Application Of Science and Technology (CIASTECH 2018).
Syafi’i. (2021). Merdeka belajar: sekolah penggerak. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR “Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0,” November, 46–47.
Syaroh, L. D. M., & Mizani, Z. M. (2020). Membentuk Karakter Religius dengan Pembiasaan Perilaku Religi di Sekolah: Studi di SMA Negeri 3 Ponorogo. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 3(1). https://doi.org/10.33367/ijies.v3i1.1224
Taulabi, I., & Mustofa, B. (2019). Dekadensi Moral Siswa dan Penanggulangan melalui Pendidikan Karakter. Jurnal Pemikiran Keislaman, 30(1), 28–46. https://doi.org/10.33367/tribakti.v30i1.660
WWC. (2014). Definition: Character Education. What Works Clearinghouse, 1–11. http://ies.ed.gov/ncee/wwc/Docs/ReferenceResources/CharEd_protocol.pdf
Ya’qub, H. (1996). Etika Islam: Pembinaan Akhlaqul Karimah: Suatu Pengantar. Raja Grafindo Persada.
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.1.243-252.2023
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id