Strategi Guru Dalam Pembelajaran PPKn Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMK Negeri 1 Dungaliyo Kabupaten Gorontalo
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh strategi guru dalam pembelajaran PPKn pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis strategi guru dalam pembelajaran PPKn pada masa pandemi covid-19 di SMK Negeri 1 Dungaliyo Kabupaten Gorontalo; (2) menganalisis kendala apa saja yang dialami oleh guru dalam pembelajaran PPKn pada masa pandemi covid-19 di SMK Negeri 1 Dungaliyo Kabupaten Gorontalo; (3) menganalisis faktor pendukung dan faktor penghambat guru dalam pembelajaran PPKn pada masa pandemi covid-19 di SMK Negeri 1 Dungaliyo Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan hasil dalam penelitian ini adalah (1) strategi guru dalam pembelajaran PPKn pada masa pandemi covid-19 ialah bagi siswa yang merasakan kejenuhan dalam proses pembelajaran di masa pandemi covid-19 yaitu mengurangi waktu belajar dari 45 menit ke 35 menit, dan bagi siswa yang satu desa itu bisa bergabung dengan siswa yang lain yang ada di desa tersebut dan belajar di satu titik itu atau dilakukan Home Visite; (2). Kendala yang dialami oleh guru dalam pembelajaran PPKn pada masa pandemi covid-19 yaitu jaringan yang tidak stabil; (3) faktor pendukung guru dalam pembelajaran pada masa pandemi adalah media pembelajaran, jaringan internet, dan faktor penghambatnya adalah kehadiran siswa dalam pembelajaran, keterbatasan waktu pembelajaran, dan jaringan internet. Kesimpulan penelitian ini yaitu: (1) Strategi guru dalam pembelajaran PPKn pada masa pandemi covid-19 di SMK Negeri 1 Dungaliyo belum maksimal karena masih banyak siswa yang tidak memiliki HP, data internet, dan jaringan yang kurang stabil; (2) Kendala yang dialami oleh guru dalam pembelajaran pada masa pandemi covid-19 ini seperti jaringan internet tidak stabil; (3) faktor pendukung guru dalam pembelajaran pada masa pandemi adalah media pembelajaran, jaringan internet, faktor penghambatnya adalah kehadiran siswa dalam pembelajaran, keterbatasan waktu pembelajaran, dan jaringan internet.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Baharuddin, Esa N.w. 2015. Teori Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Bahrir. 2012. Tesis. Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Keagamaan Siswa SMK Negeri 1 Galang. Makasar. Universitas Islam Negeri Alauddin
Dinn Wahyudin. 2011. Pengantar Pendidikan. Jakarta. Universitas Terbuka
Djaman S, Aan Komariah. 2020. Mtodologi Peneltian Kualitatif. Bndung: Alfabeta
Eka Donna Fauzia. 2018. Tesis. Strategi Guru Dalam Memfasilitasi Pembelajaran Kurikulum 2013 Di Kotamobagu. Gorontalo. Universitas Negeri Gorontalo
Gulo, W. 2008. Strategi Belajar-Mengajar. Penerbit Grasindo. Jakarta
Hamza B. Uno, Nina Lamatenggo. 2013. Landasan Pendidikan (Sebuah Pendidikan Komprehensif Landasan Pendidikan Berbasis Karakter di Indonesia. Gorontalo. Ideas Publishing
Ihat Hatimah, 2011. Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan. Jakarta. Universitas Terbuka
Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran: Mengembanngkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada
Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Suprihatiningrum Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran, Teori & Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Aruzz Media
Suyahman. 2020. Problematika dalam Pembelajaran PPKn pada Era Covid-19 Di SMA Negeri 3 Sukoharjo, PKn Progresif, Vol.15 No. 2 Desember 2020
Syaiful B.D, Aswan Zain. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Undang-Undang R.I No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Wahyudin Nur Nasution. 2017. Strategi Pembelajaran, Medan: Perdana Publishing.
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.3.1461-1468.2021
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id