Evaluasi Program Bimbingan Belajar Melalui Model Cipp (Context – Input – Process – Product) di Bimbel Ahe Q-Course Kaliwungu Kudus

Zalva Farhana, Liliek Desmawati

Abstract


Permasalah yang diakibatkan Covid-19 menyebabkan perubahan sistem Pendidikan dilaksanakan dengan daring menyebabkan kualitas Pendidikan di Indonesia mengalami penurunan, selain itu peran orang tua yang kurang maksimal dalam mendidik anaknya. Program bimbingan belajar dapat mengatasi masalah tersebut. Namun, tidak semua program bimbingan belajar dapat berjalan dengan maksimal, banyak keluhan yang dialami peserta bimbingan belajar maupun orang tua peserta bimbingan belajar, Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product) Pada Program Bimbel AHE Q-Course Kaliwungu kudus. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Terdapat empat subjek dan dua informan dalam penelitian ini. Subjeknya yaitu kepala bimbingan belajar Q-Course, tiga tutor, dan informannya yaitu dua orang tua peserta bimbingan belajar. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian meliputi: (1) Context: kebutuhan bimbingan belajar dan tujuan bimbingan belajar (2) Input: ketersediaan tutor yang berkompeten dan sumber dana yang diperoleh dari SPP peserta bimbingan belajar (3) Process: proses bimbingan belajar dilaksanakan dengan metode privat disertai dengan game diakhir proses bimbingan belajar, pelaksanaan bimbingan belajar sesuai dengan jadwal namun terkadang ada beberapa peserta bimbel berangkat tidak sesuai jadwal. (4) Product: peserta bimbingan belajar dapat menguasai materi, yaitu pada program AHE peserta bimbingan belajar sudah bisa membaca. Simpulan penelitian meliputi (1) Context: tujuan utama belum tercapai secara maksimal dan analisis kebutuhan dilaksanakan setiap satu bulan sekali (2) Input: ketersediaan tutor yang berkompeten karena terdapat training sebelum ditetapkannya menjadi tutor (3) Process: tutor melaksanakan program bimbingan belajar dengan efektif dan terarah, metode bimbingan yang privat disertai game diakhir proses bimbingan belajar, namun ada hambatan yaitu kondisi ruangan yang kurang memadai (4) product: Peserta bimbingan belajar dapat menguasai materi. Saran Penelitian (1) context: ditinjau kembali tujuan utama agar dapat terlaksana (2) Input: lebih ditekannya pembayaran SPP sesuai dengan jatuh tempo agar administrasi lebih tertata (3) Process: memperbaiki fasilitas dan menambah ruang belajar, selain itu lebih ditekankan peserta untuk hadir sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan (4) Product: menerapkan hasil dari evaluasi CIPP yang telah dilaksanakan guna untuk memperbaiki program bimbingan belajar.

 


Keywords


Evaluasi; Model CIPP; Bimbingan Belajar; AHE (Anak Hebat); Covid-19

Full Text:

PDF

References


Amalafitra, N., Muawanah, S., & Sasomo, B. (2022). Metode Belajar Membaca tanpa Mengeja untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini pada Bimbingan Belajar Anak Hebat ( Ahe ) Dimasa Pandemi Abstrak. Journal of Modern Early Childhood Education, 02, 31–39.

Asgar, A., & Satyanarayana, R. (2021). An evaluation of faculty development programme on the design and development of self-learning materials for open distance learning. https://doi.org/10.1108/AAOUJ-11-2020-0094

Elian, A. F., & Ilyas. (2020). Pelaksanaan Metode Pembelajaran Partisipatif pada Kursus Mahacoustic Music Management di Kota Semarang. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(2), 113. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.37905/aksara.6.2.111-120.2020

Fildianti. (2020). Pengaruh Bimbingan Belajar dari Orang tua dalam Peningkatan Prestasi Belajar Pada Siswa. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2), 76. https://doi.org/10.35335/cendikia.v10i2.1685

Herwin, H., Fathurrohman, F., Wuryandani, W., Dahalan, S. C., Supriyan, Firmansyah, & Kurniawati. (2022). Evaluation of Structural and Measurement Models of Student Satisfaction in Online Learning. Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 11(March), 152. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i1.22115

Husein, A., & Sutarto, J. (2017). Pembelajaran Kursus Menjahit di Lembaga Kursus Dan Pelatihan (LKP) Nissan Fortuna Kabupaten Kudus. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 2(1), 35. https://doi.org/10.30870/e-plus.v2i1.2946

Husin, A., Yosef, Y., Asuan, M. E., Sumarni, S., Surino, P. O., & Dellomos, C. O. (2020). Entrepreneurship Education for Family Investment Values in Indonesia and the Philippines. Journal of Nonformal Education, 6(1), 5. https://doi.org/10.15294/jne.v6i1.22624

Indarta, Y., Jalinus, N., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5 . 0. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3012. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589

Jufrida, J., Kurniawan, W., Astalini, A., Darmaji, D., Kurniawan, D. A., & Maya, W. A. (2019). Students’ attitude and motivation in mathematical physics. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(3), 401. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i3.20253

Lina, L., Suryana, D., & Nurhafizah, N. (2019). Penerapan Model Evaluasi CIPP dalam Mengevaluasi Program Layanan PAUD Holistik Integratif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 349. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.200

Mahmudi, I. (2011). CIPP: Suatu Model Evaluasi Program Pendidikan”. At, 6(1), 23.

Ridwan, F. A., & Handoyo, P. (2015). Praktik Dramaturgi Mahasiswa Unesa Sebagai Tentor di Lembaga Bimbingan Belajar Surabaya. 03.

Rohaini, R. A., Hidayat, N., & Sutisna, E. (2019). Evaluasi Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil Dalam Mendukung Terwujudnya Sumberdaya Manusia Profesional Berkarakter. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(1), 693. https://doi.org/10.33751/jmp.v7i1.953

Romadhon, B. F. (2018). Model Pendidikan Non formal Lembaga Bimbingan Belajara Mentari Ilmu 3 Kecamatan Sukun Kota Malang. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 5(1), 27–39.

Rosidah, A., & Faizal, N. (2020). Bimbingan Belajar Teknik Problem Solving Untuk Meningkatkan Pengelolaan Diri Dalam Belajar. Jurnal Fokus Konseling, 6(1), 56. https://doi.org/10.52657/jfk.v6i1.1045

Rozak, A., Fathurrochman, I., & Ristianti, D. H. (2018). ANALISIS PELAKSANAA BIMBINGAN BELAJAR DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA. Journal of Educational and Instruction, 1, 10–20.

Santosa, A. B. (2020). Potret Pendidikan di Tahun Pandemi : Dampak COVID-19 Terhadap Disparitas Pendidikan di Indonesia. CSIS Commentaries, 1–5.

Sari, S. S. (2017). Pengaruh Bentuk Tes Formatif Dan Kompetensi Guru Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Penelitian Dan Penilaian Pendidikan, 2(1), 142. https://doi.org/10.22236/JPPP

Setyorini, I. (2020). Pandemi Covid-19 dan Online Learning: Apakah Berpengaruh Terhadap Proses Pembelajaran Pada Kurikulum 13 ? Journal Of Industrial Engineering & Management Research (JIEMAR), 01, 96. https://doi.org/https://doi.org/10.7777/jiemar.v1i1

Shofwan, I., Desmawati, L., Raharjo, T., & Santosa, irlan widya. (2019). Homeschooling: Nonformal Education Learning Strategy 4.0. 382(Icet), 655. https://doi.org/10.2991/icet-19.2019.159

Singh, A. K., & Meena, M. K. (2022). Challenges of Virtual Classroom During COVID-19 Pandemic: An empirical Analysis of Indian Higher Education. International Journal of Evaluation and Research in Education, 11(1), 207. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i1.21712

Sugiyono. (2013). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D. ALFABETA, CV.

Sugiyono. (2017). Metod Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. ALFABETA, CV.

Suhartatik, Purwati, T., & Agustina, W. (2022). Sosialisasi dan Pendampingan Pembelajaran PAUD Berbasis Hybrid Bagi Guru Lembaga Pendidikan Anak Hebat Indonesia (AHE) di Kec. Tumpang, Kab. Malang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2021), 39. https://doi.org/https://doi.org/10.33503/pambudi.v6i01.1898

Umam, K. A., & Saripah, I. (2018). Using the Context, Input, Process and Product (CIPP) Model in the Evaluation of Training Programs. International Journal of Pedagogy and Teacher Education, 2(July), 19. https://doi.org/10.20961/ijpte.v2i0.26086

Utami, W. Y. D., Jamaris, M., & Meilanie, S. M. (2019). Evaluasi Program Pengelolaan Lembaga PAUD di Kabupaten Serang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 68. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.259

Wara, Z. A., & Marlina, S. (2019). Jadwal Kegiatan pada Sekolah Sehari Penuh dalam Menanamkan Kedisiplinan. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(1), 56–62. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v6i1.5376

Yuse, A. P., Jamaris, J., & Ismaniar, I. (2018). Penerapan Pembelajaran Orang Dewasa oleh Instruktur Pelatihan Keterampilan Menjahit di SPNF SKB Lima Puluh Kota. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(1), 16. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i1.9199

Zagoto, M. M., & Gee, E. (2022). Bimbingan Belajar Matematika Door to Door Pada Masa Pandemi. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 13. https://zadama.marospub.com/index.php/journal/article/view/14




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.1.397-408.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id