Evaluasi Program Bimbingan Belajar Melalui Model Cipp (Context – Input – Process – Product) di Bimbel Ahe Q-Course Kaliwungu Kudus
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalafitra, N., Muawanah, S., & Sasomo, B. (2022). Metode Belajar Membaca tanpa Mengeja untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini pada Bimbingan Belajar Anak Hebat ( Ahe ) Dimasa Pandemi Abstrak. Journal of Modern Early Childhood Education, 02, 31–39.
Asgar, A., & Satyanarayana, R. (2021). An evaluation of faculty development programme on the design and development of self-learning materials for open distance learning. https://doi.org/10.1108/AAOUJ-11-2020-0094
Elian, A. F., & Ilyas. (2020). Pelaksanaan Metode Pembelajaran Partisipatif pada Kursus Mahacoustic Music Management di Kota Semarang. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(2), 113. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.37905/aksara.6.2.111-120.2020
Fildianti. (2020). Pengaruh Bimbingan Belajar dari Orang tua dalam Peningkatan Prestasi Belajar Pada Siswa. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2), 76. https://doi.org/10.35335/cendikia.v10i2.1685
Herwin, H., Fathurrohman, F., Wuryandani, W., Dahalan, S. C., Supriyan, Firmansyah, & Kurniawati. (2022). Evaluation of Structural and Measurement Models of Student Satisfaction in Online Learning. Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 11(March), 152. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i1.22115
Husein, A., & Sutarto, J. (2017). Pembelajaran Kursus Menjahit di Lembaga Kursus Dan Pelatihan (LKP) Nissan Fortuna Kabupaten Kudus. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 2(1), 35. https://doi.org/10.30870/e-plus.v2i1.2946
Husin, A., Yosef, Y., Asuan, M. E., Sumarni, S., Surino, P. O., & Dellomos, C. O. (2020). Entrepreneurship Education for Family Investment Values in Indonesia and the Philippines. Journal of Nonformal Education, 6(1), 5. https://doi.org/10.15294/jne.v6i1.22624
Indarta, Y., Jalinus, N., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5 . 0. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3012. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589
Jufrida, J., Kurniawan, W., Astalini, A., Darmaji, D., Kurniawan, D. A., & Maya, W. A. (2019). Students’ attitude and motivation in mathematical physics. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(3), 401. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i3.20253
Lina, L., Suryana, D., & Nurhafizah, N. (2019). Penerapan Model Evaluasi CIPP dalam Mengevaluasi Program Layanan PAUD Holistik Integratif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 349. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.200
Mahmudi, I. (2011). CIPP: Suatu Model Evaluasi Program Pendidikan”. At, 6(1), 23.
Ridwan, F. A., & Handoyo, P. (2015). Praktik Dramaturgi Mahasiswa Unesa Sebagai Tentor di Lembaga Bimbingan Belajar Surabaya. 03.
Rohaini, R. A., Hidayat, N., & Sutisna, E. (2019). Evaluasi Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil Dalam Mendukung Terwujudnya Sumberdaya Manusia Profesional Berkarakter. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(1), 693. https://doi.org/10.33751/jmp.v7i1.953
Romadhon, B. F. (2018). Model Pendidikan Non formal Lembaga Bimbingan Belajara Mentari Ilmu 3 Kecamatan Sukun Kota Malang. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 5(1), 27–39.
Rosidah, A., & Faizal, N. (2020). Bimbingan Belajar Teknik Problem Solving Untuk Meningkatkan Pengelolaan Diri Dalam Belajar. Jurnal Fokus Konseling, 6(1), 56. https://doi.org/10.52657/jfk.v6i1.1045
Rozak, A., Fathurrochman, I., & Ristianti, D. H. (2018). ANALISIS PELAKSANAA BIMBINGAN BELAJAR DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA. Journal of Educational and Instruction, 1, 10–20.
Santosa, A. B. (2020). Potret Pendidikan di Tahun Pandemi : Dampak COVID-19 Terhadap Disparitas Pendidikan di Indonesia. CSIS Commentaries, 1–5.
Sari, S. S. (2017). Pengaruh Bentuk Tes Formatif Dan Kompetensi Guru Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Penelitian Dan Penilaian Pendidikan, 2(1), 142. https://doi.org/10.22236/JPPP
Setyorini, I. (2020). Pandemi Covid-19 dan Online Learning: Apakah Berpengaruh Terhadap Proses Pembelajaran Pada Kurikulum 13 ? Journal Of Industrial Engineering & Management Research (JIEMAR), 01, 96. https://doi.org/https://doi.org/10.7777/jiemar.v1i1
Shofwan, I., Desmawati, L., Raharjo, T., & Santosa, irlan widya. (2019). Homeschooling: Nonformal Education Learning Strategy 4.0. 382(Icet), 655. https://doi.org/10.2991/icet-19.2019.159
Singh, A. K., & Meena, M. K. (2022). Challenges of Virtual Classroom During COVID-19 Pandemic: An empirical Analysis of Indian Higher Education. International Journal of Evaluation and Research in Education, 11(1), 207. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i1.21712
Sugiyono. (2013). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D. ALFABETA, CV.
Sugiyono. (2017). Metod Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. ALFABETA, CV.
Suhartatik, Purwati, T., & Agustina, W. (2022). Sosialisasi dan Pendampingan Pembelajaran PAUD Berbasis Hybrid Bagi Guru Lembaga Pendidikan Anak Hebat Indonesia (AHE) di Kec. Tumpang, Kab. Malang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2021), 39. https://doi.org/https://doi.org/10.33503/pambudi.v6i01.1898
Umam, K. A., & Saripah, I. (2018). Using the Context, Input, Process and Product (CIPP) Model in the Evaluation of Training Programs. International Journal of Pedagogy and Teacher Education, 2(July), 19. https://doi.org/10.20961/ijpte.v2i0.26086
Utami, W. Y. D., Jamaris, M., & Meilanie, S. M. (2019). Evaluasi Program Pengelolaan Lembaga PAUD di Kabupaten Serang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 68. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.259
Wara, Z. A., & Marlina, S. (2019). Jadwal Kegiatan pada Sekolah Sehari Penuh dalam Menanamkan Kedisiplinan. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(1), 56–62. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v6i1.5376
Yuse, A. P., Jamaris, J., & Ismaniar, I. (2018). Penerapan Pembelajaran Orang Dewasa oleh Instruktur Pelatihan Keterampilan Menjahit di SPNF SKB Lima Puluh Kota. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(1), 16. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i1.9199
Zagoto, M. M., & Gee, E. (2022). Bimbingan Belajar Matematika Door to Door Pada Masa Pandemi. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 13. https://zadama.marospub.com/index.php/journal/article/view/14
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.1.397-408.2023
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id