Penyelenggaraan Program Pendidikan Kesetaraan Pada Satuan Pendidikan Non Formal SKB Kota Palembang

Ricky Syaputra, Shomedran Shomedran

Abstract


Program pendidikan kesetaraan sangat penting untuk pencapaian pembelajaran pendidikan dasar serta memenuhi kebutuhan pendidikan dan memastikan bahwa semua anggota masyarakat memiliki akses yang sama terhadap layanan pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penyelenggaraan program pendidikan kesetaraan pada Satuan Pendidikan Non Formal SKB Kota Palembang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu; 1) perencanaan pembelajaran telah dilakukan dengan baik, bentuk perencanaan berupa analisis karakteristik warga belajar, menghitung alokasi waktu efektif, analisis materi pembelajaran, merancang penilaian, mengembangkan silabus, dan mengembangkan RPP 2) pelaksanaan pembelajaran juga telah dilakukan dengan baik berdasarkan dengan rencana yang telah tertuang dalam RPP 3) evaluasi pembelajaran juga telah dilakukan dengan baik yaitu dilakukan perencanaan evaluasi, pelaksanaan evaluasi, monitoring pelaksanaan, pengolahan data hasil evaluasi, pelaporan hasil evaluasi dan penggunaan hasil evaluasi pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran pendidikan kesetaraan di SPNF SKB Kota Palembang sudah berjalan dengan baik, hal tersebut terlihat dari semua aktivitas yang telah dilakukan mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran.


Keywords


Penyelenggaraan; Pendidikan Kesetaraan; SPNF SKB

Full Text:

PDF

References


Ananda, R. & Amiruddin. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI). Anggito, A. & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV. Jejak (Jejak Publisher). Arifin, Z. (2019). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Fitriyah, S. (2017). Pelaksanaan Pembelajaran Muatan Lokal Tauhid di MTs Miftahul ‘Ulum Tambakromo Pati Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Kudus: STAIN Kudus. Hasviana, L., Riyadi., & Lukman, A. I. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Warga Belajar Paket C di Sanggar Kegiatan Belajar Balikpapan Timur. Jurnal CSR, Pendidikan, dan Pemberdayaan Masyarakat. 2(2): 119-125. Katang, F. M., Rumapea, P., & Lumolos, J. (2016). Implementasi Kebijakan Penyelenggara Pendidikan Kesetaraan Program Paket C di Kota Manado. Jurnal Ilmu Sosial & Pengelolaan Sumberdaya Pembangunan. 2(20): 112-123. Muzakki, H. (2019). Sistem Penilaian Pembelajaran Teori dan Praktik. Malang: Madani Media. Nasution, E. (2016). Problematika Pendidikan di Indonesia. Mediasi. 8(1): 1-10. Nasution, W. N. (2017). Perencanaan Pembelajaran: Pengertian, Tujuan dan Prosedur. ITTIHAD. 1(2): 188-194. Nengsih, Y. K., Sari, A., & Helmi, H. (2018). Pengelolaan Pembelajaran Program Paket C pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat dan Sanggar Kegiatan Belajar di Kota Palembang. JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat). 5(1): 51-60. Nuzula, Z. (2016). Pengelolaan Program Pendidikan Kesetaraan di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Mandiri Kecamatan Kretek Kabupaten Bantul. Skripsi. Yogyakarta: FIP Universitas Negeri Yogyakarta. Rahim, F. R., Suherman, D. S., & Murtiani. (2019). Analisis Kompetensi Guru dalam Mempersiapkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP). 3(2): 133-141.

Ratumanan, T. G. & Rosmiati, I. (2020). Perencanaan Pembelajaran. Depok: PT Raja Grafindo. Samsinar, S. (2019). Urgensi Learning Resources (Sumber Belajar) Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Didaktika: Jurnal Kependidikan. 13(2): 194-205. Sari, M. (2016). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Kesetaraan di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Tamanan Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi. 5(1): 6-13.

Sutarto, J. (2013). Manajemen Pelatihan. Yogyakarta: Deepublish.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.1.17-34.2023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id