Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Ratu Meubel di Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo

Nadiya Fitriana Diko, Sri Endang Saleh, Melizubaida Mahmud, Radia Hafid, Roy Hasiru

Abstract


Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui: 1) Pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian di Ratu Meubel Kecamatan Limboto.Kabupaten Gorontalo 2) Pengaruh harga terhadap keputusan pembelian di Ratu Meubel Kecamatan Limboto.Kabupaten Grorontalo 3) Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian Pada Ratu Meubel di Kecamatan Limboto. Kabupaten Gorontalo.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif.Teknik pengumpulan data adalah observasi, dokumentasi dan angket.Jumlah sampel ada 65 responden.Analisis data menggunakan Analisis deskriptif.Dengan teknik regresi linear berganda dan bantuan program IBM SPSS statistika versi 21.0 Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas produk (X1) secara parsial tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian.Variabel harga (X2) berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian.Variabel kualitas produk (X1) dan harga (X2) secara simultan berpengaruh pada keputusan pembelian. Nilai koefisien determinasi menunjukkan besarnya pengaruh variabel kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian adalah 46,3%. Sedangkan sisanya sebesar 53,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak di teliti.

Keywords


Kualitas Produk, Harga, dan Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Anisah,A. (2017). Pengaruh kualitas produk pelajaran dan internet sebagai sumber belajar terhadap keputusan pembelian pada pembelajaran IPS. LOGIKA Jurnal Ilmiah Lemlit Unswagati Cirebon, 18(3), 1-18.

Arikunto,Suharsimi.2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Aunurrahman. 2016. Belajar Dan Pembelajaran.Bandung: CV Alfabeta

Azhar Arsyad.2014.Media Pembelajaran, Edisi Revisi Cet 17.Jakarta: Rajawali Pers

Daryanto. 2016. Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Eko,Iswanto. Rudy,Sumiharsono. Syamsul,Hidayat. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Dan Buku Teks Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Materi Tata Surya Siswa Kelas VI Semester Ganjil Tahun Pelajaran2018-2019 Di Mi Negeri 2 Jember. Jurnal of Education Technologi and Innovation (JETI) ,Vol 01.No 2 (2018)

Hamalik,Oemar.2003.Perencanaan Pengajaran berdasarkan Pendekatan system,Jakarta: PT. Bumi Aksara

Hasan,Muhammad dkk.2021.Media Pembelajaran.Klaten:CV Tahta Media Grup

Hidayat,Rahmat dan Abdillah.2019.Ilmu Pendidikan Konsep,Teori Dan Aplikasinnya. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia Inayah, Y. (2012). Pengaruh Buku Teks Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Siswa Sekolah Menengah Pertama (Smp) Negeri I Karangampel Kabupaten Indramayu (Doctoral Dissertation, Iain Syekh Nurjati Cirebon).

Kurniasih, I. 2014. Panduan Membuat Bahan Ajar (Buku Teks Pelajaran) Sesuai dengan Kurikulum 2013. Surabaya: Kata Pena.

M.Fadillah.2014.Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Sd/MI, SMP/MTS, &SMA.Yogyakarta : Ar-Ruzz Media

Muhibin Syah.2011.Pisikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Mulyasa,2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013: Perubahan dan Pengembangan Kurikulum 2013 Merupakan Persoalan Penting dan Genting

Nana, Sudjana.2010. Cara Belajar Siswa Aktif Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo

----- .2005.Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar,Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Ningsih, Pudji Hariati.2015. Pengaruh Penggunaan Modul Dan Penggunaan Buku Paket Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V SDN Sukabumi 10. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS

Oemar. Hamalik .2007 .Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum, Bandung : Remaja Rosda Karya

Putri, C. E., Effendi, Z. M. (2019). Hubungan Minat Belajar Dan Pemanfaatan Buku Teks Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma. Jurnal Ecogen, 2(3).

Prastowo, A. 2015.Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.

Sa’dun Akbar dan Hadi Sriwiyana.2010. Pengembangan kurikulum dan pembelajaran: Ilmu Pengetahuan Sosial.Yogyakarta: Cipta Media, 2010

Sitepu. 2014. Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Sinar.2018. Metode Active Learnig. Sleman: CV Budi Utama

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta

---- . 2019. Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta

Suprihaatiningrum,Jamil. 2013.Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi.Yogyakartaq :Ar-Ruzz Media

Supriyo. Pengaruh Pengaruh Buku Teks dan Cetak Terhadap Hasil Belajar Di SMA N I Marga Tiga Kabupaten Lampung Timur Pada Kelas XII. IPS Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, Vol. 3 No.1 (2015)

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Thobroni, Muhammad.Mustofa, Arif. 2013. Belajar & Pembelajaran Pengembangan wacana dan praktik pembelajaran dalam pembangunan Nasional, .Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

----- . 2015. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Praktik. Yogyakarta: Arruz Media

Wachyu, Sundayana.2014.Pembelajaran Berbasis Tema Panduan Guru Dalam Mengembangkan Pembelajaran Terpadu.Jakarta: Erlangga

Wahyuningsih, Endang Sri. 2020. Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan danHasil Belajar. Sleman: CV Budi Utama




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.3.2321-2334.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id