Meningkatkan Minat Belajar Menggunakan Model Bermain Asyik Pada Anak Usia Dini

Nurul Puji Astuti, Sri Watini

Abstract


Pendidikan anak usia dini merupakan pondasi awal dalam pembentukan karakter dan sikap seorang anak. Dibutuhkan pengetahuan dan strategi pembelajaran anak usia dini. Hal tersebut dibutuhkan guna menggali minat belajar pada anak usia dini. Minat belajar sangat besar pengaruhnya terhadap anak usia dini. Dengan minat belajar anak akan dapat melakukan sesuatu, sebaliknya tanpa minat belajar anak tidak akan melakukan sesuatu. Minat belajar anak usia dini dapat timbul apabila ada rangsangan dari luar. Salah satunya dengan menggunakan model bermain ASYIK. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui model bermain ASYIK dapat meningkatkan minat belajar anak usia dini yang berada di TK Islam Al Hikmah Kota Bekasi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik Kelompok B1 Sumayyah TK Islam Al Hikmah berjumlah 23 anak dalam rentang usia 5-6 tahun. Bentuk penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan siklus, yang terdiri dari empat langkah yaitu ; (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan/observasi, (4) refleksi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui model bermain asyik terbukti efektif dapat meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak dengan persentase 82% sudah dapat mengikuti dan 18% belum dapat mengikuti.

Keywords


Model Bermain ASYIK, Minat Belajar, Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Ajhuri K. F. Psikologi Perkembangan: Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan; .

Yogyakarta: Penebar Media Pustaka, 2019.

Arianty, Watini S. (2022). Implementasi “Reward Asyik”untuk Meningkatkan Motivasi Belajar

Anak Kelompok B di TK Yapis II Baiturrahman. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan (2614-8854)Volume 5, Nomor 3, Maret2022 (939-944)

Febriyona C. , Supartini T., Pangemanan L (2019). Metode Pembelajaran dengan Media Lagu

untuk Meningkatkan Minat Belajar Firman Tuhan. JURNAL JAFFRAY, Vol. 17,

No. 1, April 2019.

Feka F., Watini S. (2022) Penerapan RewardAsyik dalam Meningkatkan Minat Baca melalui

Permainan Tebak Huruf di Paud Uma Kandung Tambarangan. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu

Pendidikan) (eISSN: 2614-8854)Volume 5, Nomor 8, Agustus2022 (2849-2854).

http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/773

Hanipudin S. dan Astuti, F. P (2020). Implementasi Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan.

Minat Belajar Siswa Di RA Baitussalam Wringinharjo Cilacap. Jea Volume 6 Issue 2 Juli- Desember 2020

Hariyanti, 2019. Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Melalui Metode Bercerita

Menggunakan Media Boneka Jari. Vol 3 No 2 (2019): Jurnal Pelita PAUD. http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud

Noviampura, F. H., Watini, S. (2022) Meningkatkan Percaya Diri Anak melalui Model Bermain

Asyik di RA. Al Miffa. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) (eISSN: 2614-8854) Volume 5, Nomor 8, Agustus 2022 (2806-2812).

http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/782

Pardede, R., & Watini, S. (2021). Dampak penggunaan gadget pada

perkembangan emosional anak usia dini di TK Adifa KarangMulya Kota

Tangerang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 4728–4735. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1633

Rahmadhani, Simanjuntak J (2018). Pengaruh Bernyanyi Kegiatan Bernyanyi terhadap

Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun di TK Hikmatul Fadhillah Kota Medan. Bunga Rampai Usia Emas Vol 4 No.1 Juni 2018

RK, A. G., & Watini, S. (2022). Peningkatan Kognitif melalui Literasi Numerik dan Saintifik

dengan Metode Atik pada Kegiatan Cat Air di TK Mutiara Lebah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 628– 632. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.467

Rohmatati, E. D. (2018) Meningkatkan Perkembangan Bahasa Melalui Bernyanyi Di TK

Aisyiyah Bulak Karanganyar. Skripsi. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta

Setyowati J., Watini S. (2022) Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak melalui Model Bermain “Asyik” (Reward Yel-Yel “ASYIK”) di Tk Mutiara Cemerlang. Jurnal Pendidikan Tambusai. Volume 6 Nomor 1 Tahun 2022

Sunanih (2017). Kemampuan Membaca Huruf Abjad Bagi Anak Usia Dini Bagian Dari

Perkembangan Bahasa. Early Childhood : Jurnal Pendidikan. Vol. 1 No. 1 tahun 2017.

Susilowati (2018) Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran

Edunomika – Vol. 02, No. 01. https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/ptk

Uno H. B, & Mohamad N., Belajar Dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara, 2017

Watini S., Efendy H (2018). The Playing Method "ASYIK" Based On Multiple Intelligence In

Learning Science Process At The Early Childhood Education Program (PAUD) Age 5-6 Years. Journal Of Studies In Education ISSN 2162-6952 2018, Vol. 8, No. 1. https://doi.org/10.5296/jse.v8i1.12108

Watini (2019). Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sains pada Anak

Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 3 Issue 1 (2019) Pages 82 – 90. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/111

Watini, S (2020). Implementation of Asyik Play Model In Enhancing Character Value of Early

Childhood. Journal of Physics: Conference Series 1477 (2020) 042055.

Watini, Devana T. V (2021), Teori Kuantum Baru yang Sesuai Sains dan Teknologi dengan

Kaidah Ilmu Islam, https://adi-journal.org/index.php/abdi/article/view/450

Wibawati K., A., Watini S. (2022) Implementasi Reward Asyik dalam Meningkatkan Percaya

Diri pada Anak Kelompok B di TK Aisyiyah 24 Kayu Putih Pulo Gadung Jakarta Timur. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) (eISSN: 2614-8854)Volume 5, Nomor 8, Agustus 2022 (3090-3095). http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/811




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.3.2141-2150.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id