Pengaruh Penggunaan Buku Teks Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII Di SMP Cokroaminoto Solog Kabupaten Bolaang Mongondow

Rahma Blongkod, Radia Hafid, Melizubaida Mahmud

Abstract


Tujuan penelitian yakni untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Buku Teks Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII Di SMP Cokroaminoto Solog Kabupaten Bolaang Mongondow. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 42 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik dengan bantuan SPSS 17.00 for Windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan buku teks memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa di SMP Cokroaminoto Solog Kabupaten Bolaang Mongondow. Dapat dilihat dari hasil perhitungan koefisien determinasi menunjukan R square sebesar 0,210 yang berarti bahwa sebesar 21% variabel mengenai hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VIII SMP Cokroaminoto Solog Kabupaten Bolaang Mongondow dapat diterangkan oleh penggunaan buku teks, sedangkan sisanya sebesar 79% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Keywords


Hasil Belajar Siswa, Penggunaan Buku Teks

Full Text:

PDF

References


Danim, Sudarwan. 2017. Pengantar Kependidikan. Bandung : Alfabeta Djamarah,S. B & Zain. 2011. Strategi Belajar Mengajar.Jakarta :PT Rineka Cipta.

Hamalik,Oemar.2003. Perencanaan Pengajaran berdasarkan Pendekatan system,Jakarta: PT. Bumi Aksara

Hidayat,Rahmat dan Abdillah.2019.Ilmu Pendidikan Konsep,Teori Dan Aplikasinnya.

Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia

Kurniasih 2014 Kurniasih, I. 2014. Panduan Membuat Bahan Ajar (Buku Teks Pelajaran) Sesuai dengan Kurikulum 2013. Surabaya: Kata Pena.

Putri, C. E., Effendi, Z. M. (2019). Hubungan Minat Belajar Dan Pemanfaatan Buku Teks Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma. Jurnal Ecogen, 2(3). http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pek/article/view/7335/3415

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tenatang Sistem Pendidikan Nasional.

Sitepu 2014 Sitepu. 2014. Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Slameto 2015. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta :Bumi Aksara. Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta

Wahyuningsih 2020 Wahyuningsih, Endang Sri. 2020. Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan danHasil Belajar. Sleman: CV Budi Utama




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.3.2131-2140.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id