Pengaruh Pola Belajar dan Frekuensi Belajar Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Jurusan Akuntansi Di SMK Negeri 1 Kaidipang

Yunanda Andalangi, Radia Hafid, Abdulrahim Maruwae, Sri Endang Saleh, Agil Bahsoan

Abstract


Penelitian ini akan menganalisis pengaruh Pola Belajar dan Frekuensi Belajar terhadap Aktivitas Belajar Siswa Jurusan Akuntansi di SMK Negeri 1 Kaidipang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jumlah 70 siswa menggunakan teknik pengumpulan data kuesioner (angket) dengan teknik analisis regresi linear berganda. Hasil Penelitian menunjukan bahwa variabel pola belajar dan frekuensi belajar secara parsial maupun simultan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap aktivitas belajar siswa jurusan akuntansi di SMK Negeri 1 Kaidipang. Hasil penelitian ini diperoleh dengan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 64,30% dari variabel pola belajar dan frekuensi belajar terhadap aktivitas bealajar siswa di SMK Negeri 1 Kaidipang sedangkan sisanya 35,70% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak ada penjelasan di penelitian ini.

Keywords


Pola Belajar, Frekuensi Belajar, Aktivitas Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. 2008. Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bonasih. 2020. Pengaruh Frekuensi Belajar, Media Pembelajaran, dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Aktivitas Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri Se-Kecamatan Pajangan. Artikel

Bungin, Burhan. 2017. Penelitian Kualitatif : Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta : Kencana Prenada Media Grup

Dalyono. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Dimyati dan Mujiono. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta

Greenmak. 2009. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris Secara Efektif. http://greenmak.multiply.com. Diakses pada tanggal 16 Desember 2021.

Hamalik, Oemar. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

---------------------. 2012. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya

---------------------. 2014. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hanafiah dan Suhana. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama

Hidayat, Jehan Ningki. 2018. Pengaruh Pola Belajar dan Frekuensi Belajar Terhadap Keaktifan Mahasiswa dalam Proses Belajar Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fkip UMS Angkatan Tahun 2015/2016. Artikel

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). 2005. Jakarta: PT (Persero) Penerbitan dan Percetakan.

Moeliono, Anton M. dkk. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Cetakan ke-3. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, dan Balai Pustaka

Mudjiman, Haris. 2009. Belajar Mandiri. Universitas Sebelas Maret Press.

Nursina, Laode. 2016. Penggunaan Smartphone dalam Mengembangkan Pola Belajar Siswa SMA Negeri 1 Kulisusu Utara Kabupaten Buton Utara. Universitas Haluoleo Kendari

Priyatno, Duwi. 2013. Anaisis Korelasi, dan Multivariate dengan SPSS. Yogyakarta: Gava Media

Purwanto. 2017. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Roestiyah. 2012. Strategi Belajar Mengajar.Jakarta. Rineka Cipta

Rohani, Ahmad. 2010. Pengelolaan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group

Sardiman, A.M. 2016. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya

------------------. 2013. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Suryabrata, Sumadi. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Grafindo Perkasa Rajawali.

Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wiyono, Dina Kusumawati. 2015. Pengaruh Pemanfaatan Fasilitas Belajar dan Pola Belajar Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Colomadu Tahun Ajaran 2014/2015. Artikel .




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.3.2113-2130.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id