Penerapan Reward Asyik Dalam Meningkatkan Kemampuan Emosional Anak Dengan Permainan Uno Stacko

Juairiyah Juairiyah, Sri Watini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan emosional anak dengan Reward Asyik melalui permainan Uno Stacko. Melalui pendekatan ini diharapkan kemampuan emosional anak akan berkembang dengan baik dan meningkat. Pemberian Reward Asyik terbukti dapat memotivasi dan menyemangati anak untuk lebih meningkatkan kemampuan emosional, seperti anak lebih sabar, lebih teliti dan hati-hati dalam melakukan sesuatu pekerjaan. Kata-kata motivasi yang diucapkan guru dengan ucapan Katakan: anak langsung menjawab dengan mengatakan “Aku Bisa, Aku Hebat, Aku Berhasil, Yes!!! Reward Asyik ini diterapkan dalam permainan Uno Stacko kepada anak usia 8-10 tahun sebanyak 10 anak (satu kelompok) di Kecamatan Arut Selatan. Subjek yang dipilih berdasarkan hasil pengamatan peneliti bahwa anak pada usia tersebut lebih senang bermain sendiri dengan gadged daripada permainan berkelompok.

Keywords


Model Reward Asyik, Kemampuan Emosional, Permainan Uno Stacko

Full Text:

PDF

References


Agustina, L., & Hamdu, G. (2021). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan .

Arianty, & Watini, S. (2022). Implementasi “Reward Asyik” untuk meningkatkan motivasi belajar anak kelompok B di TK Yapis II Baiturrahman. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3). http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id

Chusna, P. A., & Al-Muslihun, S. (2017). Pengaruh media gadget pada perkembangan karakter anak. Dinamika Penelitian:Media Komunikasi Sosial Keagamaan, 17(2).

Febianti, Y. N. (2018). Peningkatan motivasi belajar dengan pemberian Reward and Punishment yang positif. Jurnal Edunomic, 6(2).

Kastanja, J., & Watini, S. (2022). Implementasi Metode Bernyanyi Asyik dalam meningkatkan rasa percaya diri anak kelompok A1 TK Negeri Pembina Nasional (Vol. 5, Issue 7). http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id

Kumala, S. A., Sumarni, R. A., & Widiyatun, F. (2020). Pengembangan media pembelajaran menggunakan Uno Stacko pada materi Fisika kelas X. Navigation Physics , 2(1), 14–20.

Larasati, M. S., & Prihatnani, E. (2018). Pengembangan media pembelajaran USH (Uno Stacko Hitung). Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 150–161.

Made, N., Ayu, L., Tirtayani, L. A., Gede, I. B., & Abadi, S. (2019). Evaluasi program PAUD Inklusi di kota Denpasar ditinjau dari hasil belajar dan perencanaan program lanjutan. JurnalPendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(1), 57–67. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD

Muzzamil, F., Fatimah, S., & Hasanah, R. (2021). Pengaruh lingkungan terhadap perkembangan sosial emosional anak. Murangkalih : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini , 1(2).

Pettasolong, N. (2017). Implementasi budaya kompetisi melalui pemberian reward and punishment dalam pembelajaran.

Purnomo, H., & Abdi, H. K. (2013). Model Reward dan Punishment Perspektif Pendidikan Islam (2nd ed.). Yogyakarta Deepublish.

Puspitasari, W. D. (2016). Pengaruh sarana belajar terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(2), 105–120.

Setyowati, J., & Watini, S. (2022). Meningkatkan konsentrasi belajar melalui model bermain “asyik” (Reward Asyik & Yel-yel Asyik) di TK Mutiara Cemerlang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 2065–2072.

Vinayastri, A., Masykuroh, K., Fitriani, E., Anugerahwaty, R., & Muhammadiyah HAMKA, U. D. (2019). Analisis pengaruh pendekatan saintifik dan pemberian reward terhadap perkembangan anak usia dini. JPP PAUD FKIP Untirt. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jpppaud/index

Watini, S. (2019a). Pendekatan kontekstual dalam meningkatkan hasil belajar sains pada anak usia dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 82. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.111

Watini, S. (2019b). Implementasi model pembelajaran Sentra pada TK Labschool STAI Bani Saleh Bekasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 110. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.190

Watini, S. (2020). Implementation of Asyik Play Model in Enhancing Character Value of Early Childhood. Journal of Physics: Conference Series, 1477(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1477/4/042055




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.3.2095-2102.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id