Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Xii Di Sma Negeri 1 Suswawa Kabupaten Bone Bolango

Nurnaningsi Eka Putri, Usman Moonti, Ardiansyah Ardiansyah, Radia Hafid, Roy Hasiru

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media pembelajaan terhadap hasil belajar siswa kelas XII pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik analisis regresi sederhana. Besarnya sampel dalam penelitian ini berjumlah 34 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pemanfaatan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas XII pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Nilai r-hitung 0,787 > r-tabel 0,287 dan nilai signifikan sebesar 0,252. Pemanfaatan media pembelajaran mampu memberikan kontribusi atau pengaruh sebesar 0,551 atau 55,1% terhadap hasil belajar siswa kelas XII pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Hasil belajar siswa kelas XII pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Suwawa Kabupaten Bone Bolango tidak hanya dipengaruhi oleh pemanfaatan media pembelajaran.


Keywords


Pemanfaatan Media Pembelajaran; Hasil Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


Arsyad. 2011. Pengertian Media Dalam Proses Belajar Mengajar.

- - - - - . 2002. Dunia Pendidikan.

Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta. Rineka Cipta.

Azwar. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Creswell. 2012. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Djamarah Syaiful Bahri. 2014. Strategi belajar Mengajar. Jakarta :PT RINEKA CIPTA. Cetakan ke lima.

Djamarah, Zain. 2014. Media Pendidikan: Sebagai Salah Satu Sumber Belajar.

Drs. Sudirman N. 1991. Prinsip Pemilihan Media Pengajaran.

Dr. Nana Sudjana. 1991. Prinsip Dalam Penggunaan Media.

Kustandi, C. & Sutjipto, B. 2011. Media Pembelajaran: Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kemp, Dayton, Yutmini, Anitah. 2014. Manfaat Penggunaan Media.

Munadi, Yudhi. 2010. Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press

Sudjana. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Slameto. 2010. Belajardan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta:Rineka Cipta

Sardiman Arif. 2002. Media Pembelajaran Dan Proses Belajar Mengajar, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta : Raja Grafindo Parsada.

Suwarna. 2006. Pengajaran Mikro. Yogyakarta : Tiara Wacana.

Sugiyono. 2012. Statistika untuk peneleitian. Bandung: Alfabeta.

- - - - - - -. 2017. Metode penelitian pendidikan. Bandung. Alfabeta

Udin Saripundi, Winataputa. 1999. Pengelompokkan Sumber-Sumber Belajar.

Winataputa 1999, Syaiful Bahri Djamarah 2014. Media Sebagai Sumber Belajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.3.1977-1988.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id