Analisis Kondisi Belajar Mobile Learning Mata Kuliah Yang Berhubungan Dengan Pendidikan Kesehatan di Universitas Negeri Manado

Tiersa Reinie Undap, Viktory Nicodemus Joufree Rotty, Jeffry Sony Junus Lengkong

Abstract


Pendidikan menyangkut kesehatan menjadi bagian penting dunia global saat ini. Pendidikan kesehatan sebagai salah satu pokok bahasan dalam pembelajaran mata kuliah yang diajarkan disetiap jenjang pendidikan dan memberi dampak pada sikap peserta didik. Pandemi covid-19 yang melanda dunia selang dua tahun terakhir ini telah memberi dampak perubahan model pembelajaran. Sebelumnya proses belajar dilakukan secara tatap muka dan saat ini berevolusi menjadi mobile learning. Dampak positif yang terjadi antara lain adalah berupa percepatan proses digitalisasi termasuk dalam pembelajaran jarak jauh namun bagi mata kuliah yang sifatnya pendidikan membutuhkan pendekatan pada kontrol sikap. Adapun metode penelitian adalah deskriptif kualitatif namun data dikelola secara kuantitatif, sedangkan penentuan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Data terkini terkait kegiatan dan berbagai masalah pembelajaran mobile learning melalui observasi wawancara mendalam dengan beberapa informan. Wawancara dilakukan dengan teknik snowball sampling. Hasil dan analisis diketahui bahwa masalah pembelajaran mobile learning tersebut diakibatkan yang belum berjalan secara optimal. Penelitian ini menemukan tiga hal pokok masalah yang perlu ditangani yaitu praktek penggunaan learning manajemen sistem, dukungan internet teknologi aplikasi yang dapat diakses dengan mudah oleh peserta pembelajaran serta proses interaksi antara peserta yang harus mampu dikondisikan oleh pengajar. Berdasarkan ulasan diatas maka upaya yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan kondisi belajar mobile learning adalah dengan membuat arahan dalam bentuk tutorial, memperbanyak latihan sistem manajemen belajar online, dan melalui penggunaan media sosial.

Keywords


Mobile Learning, Pendidikan Kesehatan

Full Text:

PDF

References


Arifianto, Y. A., Fernando, A., & Triposa, R. (2021). Sosiologi Pluralisme dalam Pendidikan Agama Kristen: Upaya Membangun Kesatuan Bangsa. Jurnal Shanan, 5(2), 95–110. https://doi.org/10.33541/shanan.v5i2.3294

Arifin, S. (2015). Pemodelan keberterimaan dan perilaku penggunaan mobile learning pada pendidikan tinggi [PhD Thesis]. Universitas Negeri Malang.

Effendi, H., & Hendriyani, Y. (2018). Mobile Learning sebagai Alternatif Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Profesional.

Eliasaputra, M. P., Novalina, M., & Siahaan, R. J. (2020). Tantangan Pendidikan Agama Kristen Di Era Revolusi Industri 4.0 Dan Pasca Kebenaran. BONAFIDE: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 1(1), 1–22.

Eunike, P., & Putrawan, B. K. (2021). Kajian Pedagogis Guru Pendidikan Agama Kristen terhadap Motivasi Belajar Siswa di Era Pandemi Covid 19: Studi Kasus Siswa SMK Harapan Bagi Bangsa, Jakarta Utara. REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 6(1), 32–44.

Falah, M. F., Panduman, Y. Y. F., Sukaridhoto, S., Tirie, A. W. C., Kriswantoro, M. C., Satria, B. D., & Usman, S. (2021). Comparison of cloud computing providers for development of big data and internet of things application. Indonesian Journal of Electrical Engineering and Computer Science, 22(3), 1723–1730.

Fujiawati, F. S., & Raharja, R. M. (2019). Analisis Kesiapan Mahasiswa Pendidikan Seni Mengaplikasikan Pembelajaran Berbasis Online (E-Learning & Mobile Learning). JPKS (Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni), 4(2).

Giroth, L. G. J., Warouw, F. F., Rotty, V. N. J., & Oroh, O. (2021). The Persepsi Penyelenggara Pemilu dalam Mewujudkan Pemilu Ramah Lingkungan di Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Bina Praja: Journal of Home Affairs Governance, 13(2), 307–317.

Mardiharto, M. (2019). Pembangunan Sumber Daya Manusia Melalui Bidang Pendidikan Agama Kristen. PASCA: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 15(2), 28–32.

Samarenna, D. (2020). Dunia Pendidikan Pengajaran di Era New Normal. HARVESTER: Jurnal Teologi Dan Kepemimpinan Kristen, 5(2), 135–147.

Samosir, C. M., & Boiliu, F. M. (2021). Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Berbasis Daring di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Basicedu, 5(4), 2592–2600.

Sianipar, D. (2017). Pendidikan Agama Kristen Yang Membebaskan. Jurnal Shanan, 1(1), 136–157.

Sihotang, H. (2020). Penggunaan Media Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Masa Pandemi Covid-19. IMMANUEL: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 1(2), 63–75.

Tubulau, I. (2020). Kajian Teoritis Tentang Konsep Ruang Lingkup Kurikulum Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH), 2(1), 27–38.

Warouw, F. F., Eng, S. S. M., Londa, T. K., Tamod, Z. E., MSi, S., & Mambo, C. D. (2022). MODEL DEVELOPMENT OF SUSTAINABLE BEACH TOURISM AND IMPLEMENTATION OF HEALTH PROTOCOL ERA OF COVID-19 PANDEMIC IN MANADO CITY. Harbin Gongye Daxue Xuebao/Journal of Harbin Institute of Technology, 54(2), 197–202.

Warouw, F. F., Lumeno, S., & Husung, P. H. (2019). Analysis of government responsibility in the sustainable tourism process study at Manado Bay. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 10(7), 170–179.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.3.1823-1830.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id