Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus melalui kegiatan Mewarnai dengan Model ATIK Pada Kelompok B di RA Manarul Huda

Siti Rohanah, Sri Watini

Abstract


Kegiatan mewarnai merupakan kegiatan yang berfungsi untuk melatih motorik halus dalam setiap pergerakan jemari tangannya. Mewarnai pada anak usia dini adalah curahan dari apa yang ada dalam fikirannya, meskipun hasilnya terkadang tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan. Penelitian ini membahas bagaimana keterampilan motorik halus anak dapat ditingkatkan di RA Manarul Huda yang bertempat di Kecamatan Kotabaru, Karawang. Tujuan Penelitian yang akan dilakukan dan ingin dicapai adalah: Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus melalui kegiatan Mewarnai dengan menggunakan Model ATIK di kelompok B. Dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif, analisa yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Siswa kelompok B yang berjumlah 25 orang dan pendidik sebagai subjek serta instrumen. Tenik pengumpulan data yang dilaksanakan dalam penelitian ini berbentuk Observasi, wawancara dan pencatatan. Adapun hasl penelitian yang diperoleh setelah menggunakan Model ATIK yaitu Keterampilan Motorik Halus melalui kegiatan mewarnai anak menunjukan peningkatan yang signifikan. Dengan demikian model Atik terbukti efektif.

Keywords


Model ATIK, Motorik Halus, RA

Full Text:

PDF

References


Dewi, N. K., & Surani, S. (2018). Stimulasi Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Seni Rupa. Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 190–195. https://doi.org/10.21831/jpa.v7i2.26333

Dewi, Y. A. S. (2014). Analisis Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di Sekolah Dasar Negeri Pisang Candi 1 Malang. Modeling, 1(2), 94–109.

Heni Herlina. (2020). JURNAL PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI http://jurnal.stkipbanten.ac.id/index.php/Joe. 1(1), 1–7.

Maharani, D., & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK dalam Mengembangkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini TKIT AL Wildan Bekasi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 662–667. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.480

Mahmudah, D., & Watini, S. (2022). Meningkatkan Motorik Halus melalui Kegiatan Menggambar dengan Model Atik di TK Pertiwi VI. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 668–672. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.481

Muarifah, N. (2019). Journal of Early Childhood Care & Education. Identifikasi Keterampilan Motorik Halus Anak, 1, 14–20.

Mulyani, N. (n.d.). Pengembangan seni anak usia dini / Novi Mulyani. pac.depok.go.id:8123/inlislite3/opac/detail-opac?id=21027

Mulyati, E., & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Menggunakan Bahan Loostpart di TK Mutiara Setu. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 652–656. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.478

Ningsih, D. Y., & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK untuk Meningkatkan Motorik Halus Anak dalam Kegiatan Menggambar Menggunakan Crayon di PAUD Saya Anak Indonesia. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 646–651. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.477

Pascasarjana, P., Sunan, U. I. N., Yogyakarta, K., Early, A., Republik, P., No, I., Standard, N., Education, E. C., Iii, C., Development, C., Iv, C., & Standards, C. (2017). Perkembangan Fisik-Motorik Anak 4-5 Tahun Pada Permendikbud no . 137 Tahun 2014 ( kajian konsep perkembangan anak ) Aghnaita. 3(137).

RK, A. G., & Watini, S. (2022). Peningkatan Kognitif melalui Literasi Numerik dan Saintifik dengan Metode Atik pada Kegiatan Cat Air di TK Mutiara Lebah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 628–632. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.467

Rosmauli, C., & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif Berpikir Logis dalam Kegiatan Menggambar di TK IT Insan Mulia Pancoran. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 888–894. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.510

Warnida, W. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Mewarnai di Kelompok B1 TK Berkah Kota Jambi Tahun 2016/2017. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 9(1), 132. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v9i1.133

Watini, S. (2019). Strategi Pembelajaran Nilai-nilai Agama di Raudhatul Atfai Assu’ada Cijerah Bandung. 1 no 1. https://doi.org/10.5127/alim.v1i1.120

Watini, S. (2020). Pengembangan Model ATIK untuk Meningkatkan Kompetensi Menggambar pada Anak Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1512–1520. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.899

Watini, S., Aini, Q., Hardini, M., & Rahardja, U. (2020). Drawing Competency Development Using the Atik Model in Kindergarten (TK). Solid State Technology, 4519–4528.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.3.1725-1736.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id