Penerapan Model ATIK dalam Meningkatkan Kemapuan Kognitif Anak Usia Dini melalui Permainan Lego di RA AL Fikri Klari

Denni Yuniasih, Sri Watini

Abstract


Permainan Leggo adalah salah satu permainan yang dapat meningkatkan Kognitif anak usia dini. Kognitif merupakan kompetensi yang harus dimiliki dan dikembangkan oleh anak. Hal ini perlu mendapatkan stimulasi yang baik salah satunya dengan permainan Leggo. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan model ATIK dalam meningkatkan Kognitif anak usia dini melalui permainan Leggo di RA Al-Fikri. Hal ini dilatar belakangi banyaknya kegagalan dalam mengembangkan kognitif dalam pembelajaran anak usia dini. Metode yang akan digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas di RA AL-Fikri Klari dengan analisis data model Borg & Gall. Instrumen yang akan digunakan berupa Observasi dan Wawancara. Hasil penelitian dan pengembangan berdasarkan pada uji efektivitas maka Model ATIK ini efektif dalam meningkatkan Kognitif Anak Usia Dini melalui Permainan Leggo.

Keywords


Model ATIK, Kognitif, Permainan Leggo, Raudhatul Athfal

Full Text:

PDF

References


Bruce R.Joyce, Bruce R Joyce E.C (2015) Models of Teaching. Pearson

Inah Hayati, Komala, jrnal Ceria : Analisis Permainan Leggo dalam Mengembangkan Kemampuan Berfikir Logis Anak Usia Dini, Vol. 3 No.6, November 2020

Kartini, K., & Susilawati, I (2018) Pengaruh Media Pembelajaran Leggo untuk Meningkatkan Kreatifitas Anak usia Dini. Dunia Anak: jurnal pendidikan Anak usia Dini, I(2),33-43

Majid,A. (2013) Strategi Pembelajaran. PT.Remaja Rosdakarya.

Muslihuddin & Agustin, (2008) Mengenali dan mengembangkan Potensi Kecerdasan Jamak Anaka Usia Taman Kanak-Kanak Raudhatul Athfal Bandung: Rizqi Press.

Permendikbud, 2014.No.137 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Patricia Giardiello, Joanne MCNulty, B. A. (2013) Obsevation,Assesment and Planning Practice in a Children’s Centre. Child Care in Practice, 19, 118-157. https;??doi.org/10.1080/13575279.2012.743871.

Retno Palupi, Sri Watini JIIP, Penerapan Model ATIK untuk Meningkatkan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Permainan Tata Balok di PAUD Rama Tangerang Selatan.Vol %,Nomor 2, Febuari 2022. http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id

Sugiyono. (2008) Metode Penelitian Kuntitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta Bandung.

Suryana,D (2016) Pendoidikan Anak Usia Dini: Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Prenada Media.

Utami, S, Qur’aniati, N, Kusuma,E. (2017) Bermain Lego Meningkatkan Perkembangan Kognitif ANak Usia Pra Sekolah (4-5 tahun) . http://e-jurnal.un-air.ac.id/JNERS/article/download/4993/3235

Watini, S, 2019 Strategi Pembelajaran Nilai-Nilai Agama di Raudhatul Athfal Assu’Ada Bandung. Alim/Journal of Islamic Education. 1,1 (Apr.2019), 73-90. https://doi.org/10.51275/alim.v1i1.120

Watini, S. (2019b) Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sains pada anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 82 https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.111

Watini, S. (2020) Implementasi of Asyik Play Model In Enchanching Charcter Value of Impelmentation Asyik Play Model In Enchancing Character Value of Early Childhood. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1477/4/042055.

Watini, Sri (vol 5.No.2; 2021) Pengembangan Model ATIK Untuk Meningkatkan Kompetensi Menggambar Pada Anak Taman Kanak-Kanak Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/899

Watini, Sri HKI Kemenkumham Model ATIK Nomor Pencatatan :000229956,28 Januari 2018, Kota Bekasi.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.3.1651-1658.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id