Implementasi Model Atik Dalam Pembelajaran Literasi Baca Anak Usia Dini Di Rumah Calistung Abaca Kediri

Fatkhul Jannah Putri Ayuni, Sri Watini

Abstract


Tidak dipungkiri, minat baca dan tulis masyarakat Indonesia masih tergolong sangat rendah. Hal ini akibat minimnya pengenalan gerakan membaca dan menulis pada anak sejak usia dini yang merupakan usia emas mereka dalam mengembangkan kecerdasan dan minatnya. Pemberian rangsangan pendidikan menjadi penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak di masa depan, sehingga pentingnya penanaman budaya literasi baca sejak dini yang mampu membawa dampak positif pada anak. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan implementasi model ATIK dalam pembelajaran literasi baca anak usia dini. Penelitian ini bersifat kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu anak usia 4-5 tahun. Sampel penelitian ini sebanyak 30 anak di Rumah Calistung Abaca yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling yakni berdasarkan pertimbangan tertentu. Data dianalisis secara kualitatif dengan mengamati perkembangan literasi baca anak selama penerapan model ATIK. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar peserta didik cukup antusias dalam mengikuti pembelajaran literasi baca dengan menggunakan model ATIK. Melalui implementasi model ATIK, peserta didik sudah menunjukkan semangat dan keteratrikannya dengan literasi baca terkait dengan materi yang diberikan. Hal ini dibuktikan dengan kemampuan peserta didik di Rumah Calistung Abaca yang mengetahui dan memahami dari kegiatan A (Amati), TI (Tiru) dan K (Kerjakan). Namun memang belum sepenuhnya memahami akan apa yang dipelajari, sehingga membutuhkan pendampingan mendalam dari guru atau pendidik.

Keywords


Model ATIK, Literasi Baca, Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Arief, N. 2014. Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Penggunaan Media Gambar Siswa RA Tunas Melati Kec. Kelara Kab. Jeneponto. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar.

Dewi, N.K., & Surani. 2018. Stimulasi Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Seni Rupa. Jurnal Pendidikan Anak, 7(2): 190-195.

Hapsari, W., Ruhaena, L., & Pratisti, W.D. 2017. Peningkatan Kemampuan Literasi Awal Anak Prasekolah melalui Program Stimulasi. Jurnal Psikologi, 44(3): 177-184.

HKI Kemenkumham No pencatatan 000229956 Januari 2018 No. Permohonan EC00202059888 : Model ATIK , Sri Watini

Hidayati, T., & Watini, S. 2022. Implementasi Model Atik dalam Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Kelompok A melalui kegiatan Menari di TK Anak Bangsa Rawajati Pancoran. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2): 657-661

Hurlock, 2008. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga Press.

Kemendikbud. 2015. Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.

Kemendikbud. (2017b). Peta Jalan Gerakan Literasi Nasional. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Langi, A., Tahir, M., & Idris. 2016. Peningkatan Kemampuan Membaca dan Menulis dengan Menggunakan Kartu Huruf di Kelas I SDN 2 Wombo. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(8): 88-102.

Lestari, Ni Gusti A.M. 2013. Peningkatan Kemampuan Baca-Tulis Permulaan Melalui Penggunaan Media Wayang Abjad Kontekstual. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(2): 201-219.

Maharani, D., & Watini, S. 2022. Implementasi Model ATIK dalam Mengembangkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini TKIT AL Wildan Bekasi. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2): 662-667.

Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Masna. 2016. Meningkatkan Kemampuan Kognitif Pengenalan Huruf Melalui Media Kartu Huruf Pada Kelompok B KB Anggrek Muara Badak Tahun Ajaran 2015/2016. JW PAUD, 1(1): 1-15.

Muarifah, A., & Nurkhasanah, N. 2019. Identifikasi Keterampilan Motorik Halus Anak. Journal of Early Childhood Care and Education, 2(1), 14.

Mulyati, E., & Watini, S. 2022. Implementasi Model ATIK untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Menggunakan Bahan Loostpart di TK Mutiara Setu. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2): 652-656.

Morrison, George S. 2012. Dasar-Dasar Pendidikan Anak usia Dini (PAUD). Alih Bahasa oleh Suci Romadhona & April Widiastuti . Jakarta: Indeks.

Nahdi, K., & Yunitasari, D. 2020. Literasi Berbahasa Indonesia Usia Prasekolah : Ancangan Metode Dia Tampan dalam Membaca Permulaan Abstrak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1): 434–441.

Nuraeni, A. 2016. Peran Orang Tua dalam Pengembangan Literasi Dini Anak Kelompok B di Gugus 7 Mangunan Dlingo Bantul. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3: 245–256.

Nurutami, R., & Adman, A. 2016. Kompetensi Profesional Guru Sebagai Determinan Terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1): 119.

Sari, D. Y. (2017). Peran Guru dalam Menumbuhkan Literasi Melalui Bermain Pada Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2).

Sudono, Anggani. 2007. Permainan Kreatif. Jakarta: PM. Pustaka.

Suyanto, Slamet. 2005. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat.

Sri Watini 2021. Pengembangan Model ATIK Untuk Meningkatkan Kompetensi Menggambar Pada Anak Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2):1512-1520.

Waraningsih, T.S. 2014. Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Menggunakan Media Kartu Kata di TK Sulthoni Ngaglik Sleman. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Watini, Effendi. 2018, The Playing Method ”ASYIK” Based on Multiple Intelligence in Learning Sciende Process at the Early Childhood Education Program PAUD Age 5-6 Years. https://www.macrothink.org/journal/index.php/jse/article/view/12108

Watini, Viola T Devana (2021), Teori Kuantum Baru yang Sesuai Sains dan Teknologi dengan Kaidah Ilmu Islam, https://adi-journal.org/index.php/abdi/article/view/450

Zahro, I.F., Atika, A.R., & Westhisi, S.M. 2019. Strategi Pembelajaran Literasi Sains Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Potensia, 4(2): 121-130.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.3.1641-1650.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id