Implementasi Model Atik Dalam Pembelajaran Literasi Baca Anak Usia Dini Di Rumah Calistung Abaca Kediri
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arief, N. 2014. Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Penggunaan Media Gambar Siswa RA Tunas Melati Kec. Kelara Kab. Jeneponto. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar.
Dewi, N.K., & Surani. 2018. Stimulasi Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Seni Rupa. Jurnal Pendidikan Anak, 7(2): 190-195.
Hapsari, W., Ruhaena, L., & Pratisti, W.D. 2017. Peningkatan Kemampuan Literasi Awal Anak Prasekolah melalui Program Stimulasi. Jurnal Psikologi, 44(3): 177-184.
HKI Kemenkumham No pencatatan 000229956 Januari 2018 No. Permohonan EC00202059888 : Model ATIK , Sri Watini
Hidayati, T., & Watini, S. 2022. Implementasi Model Atik dalam Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Kelompok A melalui kegiatan Menari di TK Anak Bangsa Rawajati Pancoran. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2): 657-661
Hurlock, 2008. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga Press.
Kemendikbud. 2015. Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.
Kemendikbud. (2017b). Peta Jalan Gerakan Literasi Nasional. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Langi, A., Tahir, M., & Idris. 2016. Peningkatan Kemampuan Membaca dan Menulis dengan Menggunakan Kartu Huruf di Kelas I SDN 2 Wombo. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(8): 88-102.
Lestari, Ni Gusti A.M. 2013. Peningkatan Kemampuan Baca-Tulis Permulaan Melalui Penggunaan Media Wayang Abjad Kontekstual. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(2): 201-219.
Maharani, D., & Watini, S. 2022. Implementasi Model ATIK dalam Mengembangkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini TKIT AL Wildan Bekasi. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2): 662-667.
Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Remaja Rosdakarya: Bandung.
Masna. 2016. Meningkatkan Kemampuan Kognitif Pengenalan Huruf Melalui Media Kartu Huruf Pada Kelompok B KB Anggrek Muara Badak Tahun Ajaran 2015/2016. JW PAUD, 1(1): 1-15.
Muarifah, A., & Nurkhasanah, N. 2019. Identifikasi Keterampilan Motorik Halus Anak. Journal of Early Childhood Care and Education, 2(1), 14.
Mulyati, E., & Watini, S. 2022. Implementasi Model ATIK untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Menggunakan Bahan Loostpart di TK Mutiara Setu. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2): 652-656.
Morrison, George S. 2012. Dasar-Dasar Pendidikan Anak usia Dini (PAUD). Alih Bahasa oleh Suci Romadhona & April Widiastuti . Jakarta: Indeks.
Nahdi, K., & Yunitasari, D. 2020. Literasi Berbahasa Indonesia Usia Prasekolah : Ancangan Metode Dia Tampan dalam Membaca Permulaan Abstrak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1): 434–441.
Nuraeni, A. 2016. Peran Orang Tua dalam Pengembangan Literasi Dini Anak Kelompok B di Gugus 7 Mangunan Dlingo Bantul. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3: 245–256.
Nurutami, R., & Adman, A. 2016. Kompetensi Profesional Guru Sebagai Determinan Terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1): 119.
Sari, D. Y. (2017). Peran Guru dalam Menumbuhkan Literasi Melalui Bermain Pada Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2).
Sudono, Anggani. 2007. Permainan Kreatif. Jakarta: PM. Pustaka.
Suyanto, Slamet. 2005. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat.
Sri Watini 2021. Pengembangan Model ATIK Untuk Meningkatkan Kompetensi Menggambar Pada Anak Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2):1512-1520.
Waraningsih, T.S. 2014. Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Menggunakan Media Kartu Kata di TK Sulthoni Ngaglik Sleman. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.
Watini, Effendi. 2018, The Playing Method ”ASYIK” Based on Multiple Intelligence in Learning Sciende Process at the Early Childhood Education Program PAUD Age 5-6 Years. https://www.macrothink.org/journal/index.php/jse/article/view/12108
Watini, Viola T Devana (2021), Teori Kuantum Baru yang Sesuai Sains dan Teknologi dengan Kaidah Ilmu Islam, https://adi-journal.org/index.php/abdi/article/view/450
Zahro, I.F., Atika, A.R., & Westhisi, S.M. 2019. Strategi Pembelajaran Literasi Sains Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Potensia, 4(2): 121-130.
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.3.1641-1650.2022
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id