Implementasi TV Sekolah Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini

Maya Nurfadhillah, Sri Watini

Abstract


Pendidikan merupakan kunci utama bagi suatu negara untuk unggul dalam persaingan global. Dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana yang diamanatkan oleh pembukaan UUD 1945 dan pemenuhan hak setiap warga negara untuk memperoleh pendidikan yang diamanatkan pasal 31 ayat 1 UUD 1945. Pendidikan dianggap sebagai bidang yang paling strategis untuk mewujudukan kesejahteraan nasional. Sumber Daya Manusia (SDM) yang cerdas dan berkarakter merupakan prasyarat terbentuknya peradaban yang tinggi. Seiring perkembangan zaman, Pendidikan, guru atau pendidik sangat dituntut dalam mengembangkan kompetensinya sehingga dapat beradaptasi dengan perkembangan yang ada. Penggunaan TV Sekolah bertujuan demi memberikan alternatif pembelajaran yang menyenangkan dan dapat memotivasi anak usia dini dalam mempersiapkan diri memasuki dunia belajar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, yang berusaha mendeskripsikan suatu kejadian yang terjadi di lingkungan sekitar rumah peneliti kemudian di gambarkan sebagaimana adanya, dengan teknik tanya jawab, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa anak usia dini di lingkungan sekitar rumah peneliti, didapatkan anak-anak sangat senang menonton Modul pembelajaran dan Video yang ada pada channel sekolah RA Al -Hikmah bahkan hampir Sebagian dari mereka menirukan Gerakan yang ada pada video kegitan pentas seni. Ini menggambarkan bahwa anak-anak termotivasi untuk belajar tanpa mereka sadari dengan menirukan tarian. Tak hanya itu, saat menonton modul pembelajaran, anak-anak ini saling berebutan menjawab pertanyaan yang di sampaikan dalam video pembelajaran. Setelah di interview mereka senang dengan kemasan video yang di tampilkan, karena di kemas dengan adanya Animasi, Lagu, serta interaksi 2 arah dalam penyampian materi juga dapat melihat kegaiatan-kegiatan sekolah yang tidak mereka rasakan.

Keywords


TV Sekolah, motivasi, Usia dini

Full Text:

PDF

References


A.A. Anwar Prabu Mangkunegara. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Bandung: Remaja Rosdakarya Aini Qurotul, Watini Sri dkk (2020), Drawing Competency Development Using the ATIK Model in Kindergarten (TK),http://solidstatetechnology.us/index.php/JSST/article/view/3117 Agusdwitanti, H., Tambunan, S. M., & Retraningsih. (2015, Juni). Kelekatan dan Intimasi pada Dewasa Awal. Jurnal Psikologi.

Ali, Muhammad. (1982). Penelitian Pendidikan prosedur dan strategi. Bandung: Angkasa

Anne Gracia RK, Sri Watini. Peningkatan Kognitif melalui Literasi Numerik dan Saintifik dengan Metode Atik pada Kegiatan Cat Air di TK Mutiara Lebah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan: Vol. 5 No. 2 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.

Bambang Warsita. Pemanfaatan Program Siaran Televisi Pendidikan Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Teknodik Vol. 17 - Nomor 3, September 2013: Pustekkom Kemdikbud

Debora Rannu, Sri Watini. Implementasi TV Sekolah untuk Pembelajaran Semi Daring di TK Tunas Harapan Nusa. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan: Volume 5, Nomor 2, Februari 2022: JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Dwi Andrian, Sri Watini. Implementasi TV Sekolah Berbasis Literasi Digital di TK Tunarungu Sushrusa Denpasar Barat. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan: Volume 5, Nomor 4, April 2022: JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Fitri Laila Suwardi, Sri Watini. Implementasi Siaran TV Sekolah Sebagai Media Informasi Efektif di LKP Fitri Pandeglang. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal P-ISSN 2407-8018 E-ISSN 2721-7310 DOI prefix 10.37905 Volume 08 (2) May 2022: AKSARA Hamzah B. Uno, (2017) TEORI MOTIVASI DAN PENGUKURANNYA (Analisis di bidang pendidikan). Jakarta: Bumi Aksara

Ifat Latifah, Sri Watini. Peran TV Sekolah sebagai Alternatif Media Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pada TKIT Al Hikmah. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan: Volume 5, Nomor 2, Februari 2022 (602-606): JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan

Kuswandi Wawan. 2008. Komunikasi massa analisis interaktif budaya massa. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurul Arifiyanti. Program Pembelajaran Melalui Televisi Di Paud. Jurnalal Athfal Vol. 3 No.1 Juni 2020. :Stainu Purworejo

Santrock, John W. (2011). Perkembangan Anak Edisi 7 Jilid 2. (Terjemahan: Sarah Genis B) Jakarta: Erlangga.

Sisdiknas, Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional. (Jakarta: Kemendikbud, 2003).

Sudjana Nana dan Ibrahim. 1989. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Bandung.

Untung R, Watini Sri dkk (2022), Class DojolLMS in the Interactive Learning of PAUD Educators in the Disruption Era 4.0, http://jiecr.org/index.php/jiecr/article/view/90

Watini, Efendy (2018), The Playing Method ”ASYIK” Based on Multiple Intelligence in Learning Sciende Process at the Early Childhood Education Program PAUD Age 5-6 Years.https://www.macrothink.org/journal/index.php/jse/article/view/12108 Wijana D Widarmi, Konsep Dasar pendidikan Anak Usia Dini dalam Wijana D Widarmi, dkk. Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. (Jakarta: Universitas Terbuka, 2008). h. 1.6 Yulince Peday, Sri Watini. Implementasi Media TV Sekolah sebagai Pembelajaran Daring di TK Pertiwi VI Manokwari. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan: Volume 5, Nomor 3, Maret 2022: JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.3.1621-1628.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id