Pola Asuh Orang Tua Dalam Menanamkan Nilai Moral Agama Islam Pada Anak Buruh Tani

Dina Prihatini, Syahrul Syahrul, Irma Irayanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh orang tua dalam menanamkan nilai moral agama Islam pada anak studi keluarga buruh tani di desa padangguni kecamatan padangguni. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Cara komunikasi yang diterapkan oleh keluarga buruh tani kepada anak untuk meciptakan keakraban dengan meluangkan waktu untuk anak, mendengarkan cerita anak dan berusaha menjadi teman cerita yang menyenangkan. 2) Cara pengawasan yang dilakukan keluarga buruh tani yaitu pengawasan dalam rumah dan pengawasan di sekolah. 3) Dalam menanamkan nilai moral agama islam orang tua buruh tani menggunakan tiga metode yaitu metode teladan, metode memberitahu dan metode larangan. 


Keywords


Pola asuh, Nilai Moral Agama Islam, Buruh Tani

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, Y. (2019). Pengawasan Orang Tua Dalam Penggunaan Gadget Pada Anak Di Ra Yapsisumberjaya Lampung Barat. In Αγαη (Vol. 8, Issue 5, p. 55). UIN Raden Intan Lampung.

Dewi, I. S. (2021). Peran Orang Tua Dalam Pendampingan Belajar Anak Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Dusun Jenetallasa Desa Kayuloe Barat Kecamatan Turatea Kabupaten Jeneponto Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Hasbullah. (2001). Dasa-Dasar Ilmu Pendidikan. BPK Gunung.

Hidayah, H., T, M. Y., & Alwi, B. M. (2020). Implementasi Pola Asuh Orang Tua Dalam Menanamkan Nilai Moral Anak Usia Dini. In NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education (Vol. 3, Issue 2, p. 70). Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. https://doi.org/10.24252/nananeke.v3i2.17469

Irayanti, I., Yasin, U., Afrilistiani, M., & Indraswari, R. N. (2022). Peran Keluarga Dalam Menumbuhkan Jiwa Nasonalisme Generasi Muda. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 12(01), 21–25. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v12i01.12212

Jatmikowati, T. E. (2018). Efektifitas Komunikasi Orang Tua Terhadap Kepribadian Intrapersonal Anak. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v4i2.1936

Lapebesi, R. A., Pramesti, E. N., Munawardani, A. L. N., Ahyandi, M. N., Sari, M. T., & Yuhan, R. J. (2021). Analisis Jalur Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Jumlah Kriminalitas di Jawa Timur Tahun 2020. Jurnal Sains Matematika Dan Statistika, 7(2). https://doi.org/10.24014/jsms.v7i2.13381

Mufidah, H. (2008). Komunikasi antara orang tua dengan anak dan pengaruhnya terhadap perilaku anak:(studi kasus di SMP Islam Al-Azhar 2 Pejaten Jakarta Selatan).

Rahmawati, R., & Gazali, M. (2018). Pola komunikasi dalam keluarga. Al-Munzir, 11(2), 245–327.

Saputri, Y. (2017). Peran Pengawasan Orang Tua Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Mts Al-Amin Labokeo Kabupaten Konawe Selatan. IAIN KENDARI.

Smetana, J. G. (2006). Social-cognitive domain theory: Consistencies and variations in children’s moral and social judgments. Handbook of Moral Development., 119–153.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.3.2377-2386.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id