Pengaruh Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SMP Negeri 1 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo

Aldipan Bahua, Irina Popoi, Agil Bahsoan, Usman Moonti, Melizubaida Mahmud

Abstract


Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode penelitian Survei. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner pada Siswa kelas VII Smp Negeri 1 Bulango Selatan. Jumlah Penarikan Sampel dalam penelitian ini sebesar 40 responden. Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh Pembelajaran Tatap Muka Terbatas terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu SMP Negeri 1 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo.. Besaran pengaruh Pembelajaran Tatap Muka Terbatas terhadap Motivasi Belajar Siswa 46,4% sedangkan sisanya sebesar 53,6% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti.

Keywords


Pembelajaran Tatap Muka Terbatas, Motivasi Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


A. M., S. (2018). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press,.

Ambarita, M. J., S.Pd.K, J., & Restanti, M. D. (2020). Pembelajaran Luring. Indramayu: Adab.

Andini, D. A., Dewi, S. K., & Supangat. (2021). Implementasi Manajemen Pembelajaran Tatap Muka Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 1013-1019.

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA Pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Islam, 18.

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemic Covid 19. Jurnal Pendidikan Islam, 18.

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. (2020). Jurnal Pendidikan Islam, 18.

Dimyati, D., & Mudjiono, D. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djamarah, S. B. (2011). Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif.

Erikasari. (2019). Peranan Motivasi, Kreativitas dalam, Proses Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Tekonolgi Pendidikan.

Ibrahim, A. S. (2015). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Perilaku Membolos Pada Siswa Kelas Vii Smp Batik Surakarta. Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Perilaku Membolos Pada Siswa Kelas Vii Smp Batik Surakarta, 15.

Jamaluddin, A. A. (2020). Model-Model Pembelajaran Tatap Muka.

Kembang, G. L. (2019-2020). Perbandingan Model Pembelajaran Tatap Muka Dengan Pembelajaran Daring. 125.

Lagili, L. I., Moonti, U., & Mahmud, M. (2019). Economic Education Journal, 17.

Laode, W. A. (2015). Studi Korelasional Anatara Kompetensi Gramatikal Dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar. Motivasi Belajar Bahasa Arab Mahasiswa STAIN Kendari, 127.

Lefudin, M.Pd. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Nissa, S. F., & Hariyanto, A. (2020). Implementasi Pembelajaran Tatap Muka Di Masa Pandemic Covid 19. Ikatan Alumni PGSD Unars, 8.

Prasti, H. F. (2012). Indikator-indikator Motivasi Belajar.

Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Pada Standar Proses Pendidikan. Jakarta. Pramedia.

Sardiman, A. M. (2020). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Bandung: PT RajaGrafindo Persada.

Sumarsono, P., Inganah, S., Iswatiningsih, D., & Husamah. (2020). Belajar dan Pembelajaran. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Susanti, S. M. (2019). Strategi Pembelajaran Berbasis Motivasi.

Tandi, M., & Limbong, M. (2021). Evaluasi hasil Belajar Siswa SMA Kristen Barana' pada Pembelajaran Tatap Muka di Masa New Normal. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8.

Tanuwijaya, N. S., & Tambunan, W. (2021). Alternatif Solusi Model Pembelajaran Untuk Mengatasi Resiko Penurunan Capaian Belajar dalam Pembelajran Tatap Muka Terbatas di Masa Pandemic Covid-19. Jurnal Manajemen Pendidikan, 11.

Uno, H. B. (2011). Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: Pt Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.3.1609-1614.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id