Analisis Pengelolaan Manajemen Perpustakaan Dalam Meningkatkan Gerakan Literasi Sekolah

Julidian Julidian, Sudarno Sudarno, M. Husni Arifin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pengelolaan manajemen perpustakaan pada SMK Swasta yang ada di Kota Pekanbaru, serta untuk menganalisis penerapan fungsi-fungsi manajemen perpustakaan dalam upaya meningkatkan Gerakan Literasi Sekolah di SMK Swasta Akreditasi A di Kota Pekanbaru. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan memberikan deskripsi tentang pengelolaan manajemen perpustakaan pada SMK Swasta di Kota Pekanbaru. Subjek dari penelitian adalah perpustakaan sekolah dan objek penelitian adalah manajemen pengelolaan perpustakaan sekolah. Teknik analisis dilakukan melalui tiga kegiatan yang terjadi secara bersamaan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan sebagai dasar dalam melaksanakan kegiatan dalam pencapain visi, misi dan tujuan perpustakaan sudah terlaksana dengan sangat baik, baik untuk perencanaan program kerja yang harus dilaksanakan oleh tim manajemen perpustakaan maupun perencanaan terhadap bahan-bahan pustaka itu sendiri. Pengorganisasian sudah terlaksana dengan baik, hal ini sebagai dasar dalam pembagian tugas dan tanggung jawab dalam team work sehingga pelaksanaan tugas dan tanggung jawab benar-benar dilaksanakan oleh sumberdaya manusia yang memiliki kompetensi dibidangnya. Penggerakan yang dilakukan oleh pimpinan dilaksanakan dengan baik, pola kepemimpinan yang demokratis, hal ini sesuai dengan harapan bawahan yang menginginkan adanya keterbukaan dalam lingkungan kerja. Pengawasan sudah terlaksana dengan baik, pelaksanaan pengelolaan perpustakaan sekolah sesuai dengan tujuan, serta visi dan misi perpustakaan yang telah disusun sebelumnya.


Keywords


Literasi; Perencanaan; Pengorganisasian; Penggerakan; Pengawasan

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta, Rineka Cipta.

Bungin, Burhan. (2003). Analisis Data Penelitian Kualitatif, Pemahaman Filosofis dan Metodologis ke Arah Penguasaan Model Aplikasi. Jakarta, Raja Grafindo Persada.

Kemendikbud. (2016). Pandauan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung, Alfabeta

Winda Sari dan Marlini. (2012). Penerapan Fungsi Manajemen Dalam Pengelolaan Perpustakaan di SMK Taman Siswa Padang. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan. Vol 1 No 1

Ulum, Amirul. (2016). Membumikan Gerakan Literasi di Sekolah. Yogyakarta, Lembaga Ladang Kata.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor Tahun 2009 Tentang Standar Nasional Perpustakaan

Manullang, Atik dan Ratmino. (2012). Manajemen Pelayanan. Yogyakarta, Pustaka Pelajar.

Maryanto. (2018). Inovasi Manajemen Perpustakaan Dalam Rangka Mendukung Budaya Literasi Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan. Vol 1 No 2.

Safroni, Ladzi. (2012). Manajemen dan Reformasi Pelayanan Publik dalam Konteks Birokrasi Indonesia. Surabaya, Aditya Media Publishing.

Siagan, Sondang P. (2012). Fungsi-Fungsi Manajemen. Jakarta, Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.3.2191-2206.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id