Pelaksanaan Pembelajaran Sosiologi Model Problem Based Learning Kelas XI IPS di MA Mujahidin Pontianak

Siti Chintya Wulan Rajab, Imran Imran, Iwan Ramadhan, Maria Ulfah, Riama Al Hidayah

Abstract


Problem Based Learning dapat disebut dengan model PBL. Tujuan dilakukan penelitian ini ialah untuk mendapatkan informasi terkait perencanaan, pelaksanaan hingga hasil pembelajaran yang telah dilakukan dalam pelajaran Sosiologi melalui model Problem Based Learning kelas XI IPS di MA Mujahidin Pontianak. Adapun metodelogi penelitian ini jenis deksriptif, kemudian sumber data terdiri atas guru Sosiologi dan empat siswa kelas XI IPS MA Mujahidin Pontianak. Pada teknik pengumpulan data, diantaranya melakukan observasi, wawancara hingga dokumentasi. Perolehan hasil penelitian membuktikan bahwa perencanaan pembelajaran telah dipersiapkan guru dengan baik. Guru telah mempersiapkan RPP, LKPD, serta menyusun materi pelajaran permasalahan sosial dalam masyarakat di Microsoft Power Point. Pada pelaksanaan pembelajaran telah dilaksanakan dengan menyesuaikan RPP. Kegiatan belajar mengajar menyesuaikan terhadap lima sintaks model PBL. Hasil pembelajaran yang diamati yaitu ranah pengetahuan, sikap, dan keterampilan.

Keywords


Problem Based Learning, Sosiologi

Full Text:

PDF

References


Afandi, M. (2013). Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. Semarang: UNISSULA PRESS.

Agustiningrum, E. (2019). The use of Problem Based Learning in Improving Students’ Learning Achievement. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 10(1). https://doi.org/10.26418/j-psh.v10i1.33234

Ahmadi, M., Ardianti, S. D., & Pratiwi, I. A. (2021). NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM CERITA RAKYAT SENDANG WIDODARI KABUPATEN KUDUS. PROGRES PENDIDIKAN, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.29303/prospek.v2i1.55

Amelia, A., & Hermaya Aditiya Nur Karsa, A. (2019). Program Aplikasi Pengadaan Barang pada PT Kartu Perdana Berbasis Dekstop. Equivalent : Jurnal Ilmiah Sosial Teknologi, 1(1). https://doi.org/10.46799/jequi.v1i1.14

Anwar, Y., & Adang. (2013). Sosiologi Untuk Universitas. Bandung: PT Refika Aditama.

Azizi, A. N. (2021). Strategi Pembelajaran Rasulullah. Jurnal Studi Islam “Al-Fikrah,” 3(1), 1–11.

Dahlia, N. (2021). Studi Tentang Proses Pengembangan Koleksi pada Perpustakaan STITMA Yogyakarta. Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 9(2). https://doi.org/10.24036/113163-0934

Dianna, D. N. (2020). Dasar-Dasar Penelitian Akademik : Analisis Data Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal Akuntansi, March.

Ertikanto, C. (2016). Teori Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Media Akademi.

Fitriyah, I. R., Fauzan, F., Setiawan, A., Musaffak, M., & Sasmito, S. (2022). Pembelajaran Menyusun Teks Ulasan Siswa Kelas VIII Berdasarkan K-13 (Studi Kasus: MTs. Muhammadiyah 1 Malang). Kode : Jurnal Bahasa, 11(1). https://doi.org/10.24114/kjb.v11i1.33506

Ghufron, A. (2017). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Nilai-Nilai Budaya Yogyakarta Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(2). https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.12449

Hamdayama, J. (2017). Metodologi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hariyanto, H., Rispawati, R., & Zubair, M. (2020). Teaching Learning Process Of Pancasila And Civic Education At School Of Special Student Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Mataram. Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 7(1). https://doi.org/10.29303/juridiksiam.v7i1.107

Imran, dan I. R. (2019). Penilaian dan Pembelajaran Sosiologi Konsep, Implementasi dan contoh. IAIN Pontianak Press.

Jeprianto, J., Ubabuddin, U., & Herwani, H. (2021). Penilaian Pengetahuan Penugasan Dalam Pembelajaran di Sekolah. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 16–20. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v2i1.55

Jihad, A., & Abdul, H. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Jumadi, J. (2019). The use of Student Team Achievement Division (STAD) in Improving Students’ IPS learning achievement of Class IX F SMP N 21 Pontianak. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 10(1). https://doi.org/10.26418/j-psh.v10i1.33235

Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Nesi Anti Andini, Sri Enggar Kencana Dewi, S. (2021). Impelementasi Menejemen Pembelajaran Tatap Muka Di Masa Pandemi Covid-19. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(5).

Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rahmadhani, A., & Raksun, A. (2021). Pelatihan Batu (Baca Dan Tulis) Untuk Meningkatkan Budaya Literasi Di Pkbm Oi Rida Desa Nata Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 3(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v3i2.572

Rahmawati, A. S. (2019). Pengaruh Pembelajaran STAD dan Inquiry terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah di SMA. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 4(1), 35. https://doi.org/10.24905/psej.v4i1.1216

Ramadhan, I. (2021). Penggunaan metode problem based learning dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada kelas XI IPS 1. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 358–369. https://doi.org/10.37329/cetta.v4i3.1352

Ramadhan, I., Manisah, A., Angraini, D. A., Maulida, D., Sana, S., & Hafiza, N. (2022). Proses Perubahan Pembelajaran Siswa dari Daring ke Luring pada Saat Pandemi Covid-19 di Madrasah Tsanawiyah. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2). https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2200 Ramadhan, I., Nugraha, T. J., Firmansyah, E., Alkahfy, R., & Rian, R. (2021). Perubahan Proses Pembelajaran Tatap Muka Pasca Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di MAN 2 Pontianak. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(8), 86–93. https://doi.org/10.5281/zenodo.5746197

Ronaldi, R., & Supriyoko, S. (2020). Manajemen Pembelajaran Alam Dalam Upaya Meningkatkan Kemandirian Peserta Didik. Media Manajemen Pendidikan, 2(3). https://doi.org/10.30738/mmp.v2i3.6778

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Saputro, A., & Wijayanti, O. (2021). TANTANGAN GURU ABAD 21 DALAM MENGAJARKAN MUATAN SBdP DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 1(3), 51–59. https://doi.org/10.51574/jrip.v1i3.77

Saragih, L. M., Tanjung, D. S., & Anzelina, D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Basicedu, 5(4), 2156–2163.

Sariani, N. L. P. (2020). STRATEGI KOMUNIKASI DALAM MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN DI BHR LAW OFFICE. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 2(2). https://doi.org/10.38043/jimb.v2i2.2313

Sundayana, W. (2017). Telaah Kurikulum Dan Perencanaan Pembelajaran Panduan Bagi Calon Guru Dan Guru Dalam Merancang Pembelajaran Yang Sistematis. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Susanti, E. P., Yantoro, Y., & Kurniawan, A. R. (2020). Strategi Guru dalam Pembelajaran Berhitung Pembagian di Sekolah Dasar. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 10(1), 53. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v10i1.3691

Tiara, S. K., & Sari, E. Y. (2019). ANALISIS TEKNIK PENILAIAN SIKAP SOSIAL SISWA DALAM PENERAPAN KURIKULUM 2013 DI SDN 1 WATULIMO. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 11(1), 21. https://doi.org/10.17509/eh.v11i1.11905

Widiasworo, E. (2018). Strategi Pembelajaran Edutainment Berbasis Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Yuhana, A. N., & Aminy, F. A. (2019). Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Konselor dalam Mengatasi Masalah Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1). https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.357

Yulianti Rahayu, R. D., Mawardi, M., & Astuti, S. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 SD melalui Model Pembelajaran Discovery Learning. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 4(1), 8. https://doi.org/10.26737/jpdi.v4i1.927

Yuniartik, H., Hidayah, T., & Nasuka. (2017). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SLB C Se-Kota Yogyakarta. Journal of Physical Education and Sports, 6(2), 148–156.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.3.2151-2164.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id