Peran Tutor dalam Pembelajaran Virtual pada Pendidikan Kesetaraan Paket C di SKB Cerme Gresik
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afriansyah, Hade. 2019. “Pengembangan Model Pembelajaran Virtual (MPV) Berbasis Video E-Learning Moodle.” Bahana Manajemen Pendidikan 8(1):52–58. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/bahana ISSN: Print 2614-6576 online Print 2614-6967.
Asmara (2009) Prestasi Belajar. http://prestasi-belajarsiswa blogspot.com/2013/07/pengertian-prestasi-belajar-definisi.html diakses sabtu 20 januari 2016.
Bogdan & Biklen (1992) Qualitative research for education: an introduction to theory and methods- second edition. Allyn and Bacon: Boston.
Britain, Sandy & Liber, Oleg. (1999) A Framework for Pedagogical Evaluation of Virtual Learning Environments. University of Wales – Bangor.
Chambers, Robert (1996) Participatory Rural Appraisal (PRA); Memahami Desa Secara Partisipatif. Yogyakarta: Kanisius
Combs & Ahmed (1985) Attacking Rural Poverty, How Non-Formal Education Can Help (terjemah: Tim YIIS). Jakarta: CV. Rajawali.
Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Joesoef, Soelaiman (1992) Konsep Dasar Pendidikan Luar Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Kunandar, 2013. Penilaian Autentik, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
McPherson, M. & Nunes, M.B. (2004). Developing Innovation in Virtual Learning: An Action Research Framework. London: Routledge-Falmer.
Muktiono Waspodo (2009) Peran Tutor Dalam Pembelajaran Dengan Pendekatan Andragogi, Jurnal Visi Kementerian Pendidikan : Jakarta
Munawaroh, Isniatun (2005) Virtual Learning Dalam Pembelajaran Jarak Jauh, Majalah Ilmiah Pembelajaran No. 2 (2005) https://journal.uny.ac.id/index.php/mip/article/view/5979
Nashar. (2004). Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press.
Pidarta (1999) Perencanaan Pendidikan Partisipatoris dengan Pendekatan Sistem. Jakarta: Rineka Cipta.
Robbins & Coulter (2012) Management, 11th Edition. USA: Prentice Hall.
Rogers (2005) Non-Formal Education; Flexible Schooling or Participation Education? Hong Kong: Kluwer academic publisher.
Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Said, Hamdanah. 2017. Model Pembelajaran Virtual : Solusi Peningkatan Efektivitas Pembelajaran di Madrasah. Yogyakarta : TrustMedia Publishing
Sardiman. (2010). interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: PT.Raja Grafindo.
Sudjana (2004) Manajemen Program Pendidikan; untuk PNFdan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Production.
Sudjana, Nana (2000) Dasar-dasar Belajar Mengajar, Bandung: PT Sinar Baru Algensindo.
Suwaid, Muhammad (2009) Mendidik Anak Bersama Nabi; Panduan Lengkap Pendidikan Anak disertai Teladan Kehidupan Para Salaf. Surakarta: penerbit Arafah
Tim Dosen UPI (2009) Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Uno, H. B. (2010). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara
Waspodo, Muktiono (2009) Peran Tutor Dalam Pembelajaran Dengan Pendekatan Andragogi. Jurnal Ilmiah VISI PTK-PNF - Vol. 4, No.1 – 2009 (hal. 63-70) Jakarta: Indonesia
Winataputra, Udin S. dkk. (2008) Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.3.2207-2222.2022
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id