Peran Tutor dalam Pembelajaran Virtual pada Pendidikan Kesetaraan Paket C di SKB Cerme Gresik

Widodo Widodo, Heru Siswanto, Gunarti Dwi Lestari

Abstract


Pembelajaran Virtual tidak asing bagi pendidikan nonformal, terutama diperkotaan. Ini dilakukan untuk memberikan kemudahan bagi peserta didik untuk tetap mengikuti pembelajaran meskipun jauh dari tempat belajar. Tutor sebagai pendidik memiliki peran penting dalam menyelenggarakan pembelajaran virtual pada pendidikan kesetaraan Paket C. Fokus penelitian yaitu peran tutor dalam pembelajaran virtual Pendidikan kesetaraan paket C SKB Cerme, Gresik. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpuan. Hasil penelitian tentang peran tutor dalam pembelajaran virtual; 1) sebagai pembimbing dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran yang dihadapi peserta didik dalam melalui virtual, 2) sebagai motivator untuk menumbuhkan kesadaran diri dan berkembang sesuai potensi, menciptakan iklim kondusif untuk belajar yang menyenangkan (enjoyfull learning), 3) sebagai fasilitator dengan menciptakan suasana kondusif, membuat prosedur pembelajaran, menyediakan sarana prasarana, dan sumber belajar, dan 4) sebagai pengelola pembelajaran partisipatif yaitu mempersiapkan rencana dan perangkat pembelajaran melibatkan peserta didik pada pembelajaran virtual, dan mengevaluasi pembelajaran. Kesimpulan penelitian menunjukkan pentingnya peran tutor dalam pembelajaran virtual pada Pendidikan Kesetaraan Paket C sebagai membimbing, motivator, fasilitator, dan mengelola pembelajaran agar dapat mencapai tujuan dengan baik.

Keywords


Tutor, Pendidikan Kesetaraan, Paket C, pembelajaran virtual

Full Text:

PDF

References


Afriansyah, Hade. 2019. “Pengembangan Model Pembelajaran Virtual (MPV) Berbasis Video E-Learning Moodle.” Bahana Manajemen Pendidikan 8(1):52–58. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/bahana ISSN: Print 2614-6576 online Print 2614-6967.

Asmara (2009) Prestasi Belajar. http://prestasi-belajarsiswa blogspot.com/2013/07/pengertian-prestasi-belajar-definisi.html diakses sabtu 20 januari 2016.

Bogdan & Biklen (1992) Qualitative research for education: an introduction to theory and methods- second edition. Allyn and Bacon: Boston.

Britain, Sandy & Liber, Oleg. (1999) A Framework for Pedagogical Evaluation of Virtual Learning Environments. University of Wales – Bangor.

Chambers, Robert (1996) Participatory Rural Appraisal (PRA); Memahami Desa Secara Partisipatif. Yogyakarta: Kanisius

Combs & Ahmed (1985) Attacking Rural Poverty, How Non-Formal Education Can Help (terjemah: Tim YIIS). Jakarta: CV. Rajawali.

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Joesoef, Soelaiman (1992) Konsep Dasar Pendidikan Luar Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Kunandar, 2013. Penilaian Autentik, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

McPherson, M. & Nunes, M.B. (2004). Developing Innovation in Virtual Learning: An Action Research Framework. London: Routledge-Falmer.

Muktiono Waspodo (2009) Peran Tutor Dalam Pembelajaran Dengan Pendekatan Andragogi, Jurnal Visi Kementerian Pendidikan : Jakarta

Munawaroh, Isniatun (2005) Virtual Learning Dalam Pembelajaran Jarak Jauh, Majalah Ilmiah Pembelajaran No. 2 (2005) https://journal.uny.ac.id/index.php/mip/article/view/5979

Nashar. (2004). Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press.

Pidarta (1999) Perencanaan Pendidikan Partisipatoris dengan Pendekatan Sistem. Jakarta: Rineka Cipta.

Robbins & Coulter (2012) Management, 11th Edition. USA: Prentice Hall.

Rogers (2005) Non-Formal Education; Flexible Schooling or Participation Education? Hong Kong: Kluwer academic publisher.

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Said, Hamdanah. 2017. Model Pembelajaran Virtual : Solusi Peningkatan Efektivitas Pembelajaran di Madrasah. Yogyakarta : TrustMedia Publishing

Sardiman. (2010). interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: PT.Raja Grafindo.

Sudjana (2004) Manajemen Program Pendidikan; untuk PNFdan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Production.

Sudjana, Nana (2000) Dasar-dasar Belajar Mengajar, Bandung: PT Sinar Baru Algensindo.

Suwaid, Muhammad (2009) Mendidik Anak Bersama Nabi; Panduan Lengkap Pendidikan Anak disertai Teladan Kehidupan Para Salaf. Surakarta: penerbit Arafah

Tim Dosen UPI (2009) Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Uno, H. B. (2010). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara

Waspodo, Muktiono (2009) Peran Tutor Dalam Pembelajaran Dengan Pendekatan Andragogi. Jurnal Ilmiah VISI PTK-PNF - Vol. 4, No.1 – 2009 (hal. 63-70) Jakarta: Indonesia

Winataputra, Udin S. dkk. (2008) Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.3.2207-2222.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id