Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun dengan Teknik Meremas
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bhatia, P., Davis, A., & Shamas-Brandt, E. (2015). Educational gymnastics: The effectiveness of montessori practical life activities in developing fine motor skills in kindergartners. Early Education and Development, 26(4), 594–607. https://doi.org/10.1080/10409289.2015.995454
Brown, C. G. (2010). Improving fine motor skills in young children: An intervention study. Educational Psychology in Practice, 26(3), 269–278. https://doi.org/10.1080/02667363.2010.495213
Christenson & Sheridan. (2001). School and families: Creating essential connections for learning. (Vol. 38, Issue 5). The Guilford Press.
Damayanti, E., & Nasrul, M. A. (2020). Capaian perkembangan fisik motorik dan stimulasinya pada anak usia 3-4 tahun. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 67–80. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/2699
Deslandes, R., & Bertrand, R. (2005). Motivation of parent involvement in secondary-level schooling. Journal of Educational Research, 98(3), 164–175. https://doi.org/10.3200/JOER.98.3.164-175
Grissmer, D., Grimm, K. J., Aiyer, S. M., Murrah, W. M., & Steele, J. S. (2010). Fine motor skills and early comprehension of the world: Two new school readiness indicators. Developmental Psychology, 46(5), 1008–1017. https://doi.org/10.1037/a0020104
Hurlock, E. B. (1978). Perkembangan anak jilid 1. Erlangga.
Hurlock, E. B. (1991). Psikologi perkembangan : Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Erlangga.
Kartono, K. (1995). Psikologi anak: Psikologi perkembangan. Mandar Maju.
Lestariningrum, A., Nugroho, I. H., & Budiarti, A. (2020). Kegiatan meremas koran dalam mengembangkan kemampuan motorik halus anak usia dini. Child Education Journal, 2(2), 106–113. https://doi.org/10.33086/cej.v2i2.1617
Livana, Armitasari, D., & Susanti, Y. (2018). Pengaruh stimulasi motorik halus terhadap tahap perkembangan psikososial anak usia pra sekolah. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 4(1), 30. https://doi.org/10.17509/jpki.v4i1.12340
Pangestika, R. A., & Setiyorini, E. (2015). Pengaruh bermain plastisin terhadap perkembangan motorik halus pada anak pra sekolah. Jurnal Ners Dan Kebidanan (Journal of Ners and Midwifery), 2(2), 169–175. https://doi.org/10.26699/jnk.v2i2.art.p169-175
Pebriana, P. H. (2017). Analisis penggunaan gadget terhadap kemampuan interaksi sosial pada anak usia dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26
Permendikbud. (2014). Permendikbud 137 tahun 2014 tentang Standar Nasional PAUD. Permendikbud 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional PAUD.
Priyanto, A. (2014). Pengembangan kreativitas pada anak usia dini melalui aktivitas bermain. Jurnal Ilmiah Guru “COPE,” 02, 41–47.
Pullias, E. V, Permadi, E., & Young, J. D. (1979). Guru adalah segala-galanya. Tarate.
Strooband, K. F. B., Howard, S. J., Okely, A. D., Neilsen-Hewett, C., & de Rosnay, M. (2022). Validity and reliability of a fine motor assessment for preschool children. Early Childhood Education Journal, 0123456789. https://doi.org/10.1007/s10643-022-01336-z
Suharmisi, A. (2021). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research-CAR) Edisi Revisi (Revisi). PT Bumi Aksara.
Sumantri. (2005). Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. In Dinas Pendidikan. Depdiknas (Dit. PPTK & KPT).
Suriantoso, F. A., Suryaningsih, N. M. A., & Endah, C. (2016). Meningkatkan kemampuan motorik halus melalui permainan playdough pada anak kelompok bermain di PAUD Tegaljaya. Jurnal Pendidikan Universitas Dhyana Pura, 1(1), 17–30.
Sutini, A., & Rahmawati, M. (2015). Mengembangkan kemampuan motorik halus anak melalui model pembelajaran BALS. Cakrawala Dini, 5(2).
The National Assosiation for The Education of Young Children. (2003). 1–16.
Yuniyartika, Y., Setyaningsih, K., & Fitri, I. (2022). Pengaruh media playdough terhadap perkembangan motorik halus pada anak usia 5-6 tahun di TK Amanah Sekayu. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(3), 239–246.
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.3.1957-1966.2022
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id