Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Meningkatkan Jiwa Kewirausahaan Siswa Pada SMK Negeri 6 Merangin
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan kekuatan hubungan antara penerapan pembelajaran Pembelajaran Berbasis proyek dan jiwa kewirausahaan siswa, hubungan antara Pelaksanaan Unit Produksi dan jiwa kewirausahaan siswa serta kontribusi penerapan pembelajaran berbasis proyek dan pelaksanaan unit produksi dapat meningkatkan semangat dan jiwa kewirausahaan siswa. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang positif antara penerapan pembelajaran berbasis proyek terhadap semangat kewirausahaan siswa. Dari hasil uji t terlihat bahwa thit>ttabel atau 2,119 > 2,0687, dan nilai sinifikasi hitung 0,045< 0,05. Pengaruh yang positif antara pelaksanaan unit produski terhadap semangat kewirausahaan siswa bahwa thit>ttabel atau 2,451 > T 2,0687, dan nilai signifikasi hitung 0,022 < 0,05. Pengaruh yang positif antara pembelajaran berbasis proyek dan pelaksanaan unit produski terhadap semangat kewirausahaan siswa. Dari hasil uji F terlihat bahwa nilai F hitung lebih besar dari F tabel dimana nilai Ftabel = 3,40.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andriani, Y., Fitria, H., & Martha, A. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Inovatif Pada SMP Negeri 8 Prabumulih. JPT: Jurnal Pendidikan Tematik, 243–252. https://www.siducat.org/index.php/jpt/article/view/134
Nawawi, M. R. (n.d.). Meningkatkan Kemampuan Kreatifitas Siswa Melalui Video by design Pada Mata Pelajaran PAI di SMKN 2 Tangerang Selatan. FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Rahman, A., & Sukri, M. (2021). no - Pembangunan Instrumen Karakter Kreatif Pelajar Pendidikan Teknikal Dan Latihan Vokasional (TVET). Anp Journal of Social Science and Humanities, 2(2), 112–122. https://doi.org/10.53797/anp.jssh.v2i2.16.2021
Setyawan, R. I., Purwanto, A., & Sari, N. K. (2019). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Dikdas Bantara, 2(2), 81–93. https://doi.org/10.32585/jdb.v2i2.372
Wibowo, N. (2016). Upaya Memperkecil Kesenjangan Kompetensi Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan dengan Tuntutan Dunia Industri. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 23(1), 45. https://doi.org/10.21831/jptk.v23i1.9354
Yuniarti, Y. (2021). Project Based Learning sebagai Model Pembelajaran Teks Anekdot Pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 73–81. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/jpbsi/article/view/17795%0Ahttp://jurnal.unissula.ac.id/index.php/jpbsi/article/viewFile/17795/6343
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.3.1815-1822.2022
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id