The Effect Of The Teaching Factory Learning Model On The Work Readiness Of Class XII Students Of SMKN 1 Sinunukan
Abstract
This study examines the relationship between the variables of production/service -based learning models (teaching factory), the experience of the prekerind and the BKK to the readiness of student work at SMKN 1 Sinunukan. The purpose of this study is to determine the relationship between the variables of production/service -based learning models (teaching factory), the experience of Prakerin and BKK to the readiness of student work at KLS XII SMKN 1 Sinunukan. The process in this study includes: data collection or information and then managed into the form of statistical data so that there is a relationship between variables, the results of this researcher are made with a quantitative descriptive approach because it describes and analyzes the results of the research statistics.
Penelitian ini menguji hubungan antara variabel model pembelajaran berbasis produksi/jasa (teaching factory), pengalaman magang dan BKK terhadap kesiapan kerja siswa SMKN 1 Sinunukan. Alasan dilakukannya penelitian ini adalah sebagai salah satu syarat untuk ujian tesis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara variabel model pembelajaran berbasis produksi/jasa (teaching factory), pengalaman Prakerin dan BKK terhadap kesiapan kerja siswa di KLS XII SMKN 1 Sinunukan karena hasil penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi pada lembaga pendidikan dan ilmiah. pengetahuan. Proses dalam penelitian ini meliputi: mengumpulkan data atau informasi kemudian mengelolanya dalam bentuk data statistik sehingga terdapat hubungan antar variabel, hasil penelitian ini dibuat dengan pendekatan deskriptif kuantitatif karena menggambarkan dan menganalisis hasil penelitian dari statistik penelitian.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Febrina, A., Hasri, C., & Suryani, K. (2021). Pengembangan Standar Pelaksanaan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Dan Komputer. Seminar Nasional Informatika (SENATIKA), 342–347. http://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/SENATIKA/article/view/1179
Iwan Rusliyanto, K. (2019). Pengaruh Praktik Kerja Industri, Bursa Kerja Khusus, Kompetensi Produktif Akuntansi, Dan Efikasi Diri Terhadap Kesiapan Kerja Siswa. Economic Education Analysis Journal, 2(1), 18–23.
Khadifa, A., Indriayu, M., & Sudarno. (2018). Pengaruh Praktik Kerja Industri dan Efikasi Diri Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Banyudono 2017/2018. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 4(1), 14–41. https://jurnal.uns.ac.id/bise
Lestari, I., & Siswanto, B. T. (2015). Pengaruh pengalaman prakerin, hasil belajar produktif dan dukungan sosial terhadap kesiapan kerja siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(2), 183–194. https://doi.org/10.21831/jpv.v5i2.6384
Pamungkas, B. D., & Hanifa, S. L. (2020). Pengembangan Sistem Informasi Pendaftaran Lowongan Pekerjaan Berbasis Web Untuk Bursa Kerja Khusus (Bkk) Di Sekolah Menengah Kejuruan (Smk) Tulungagung. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 5(1), 25. https://doi.org/10.29100/jipi.v5i1.1560
Santoso, T., Yoto, Y., & Nurhadi, D. (2021). Learning Teaching Factory Reviewed from POAC Management on the Competence of Engineering and Motorcycle Business Expertise SMK. … and Critics Institute (BIRCI-Journal …, 10951–10965. http://bircu-journal.com/index.php/birci/article/view/3148
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.3.1759-1768.2022
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id