Pengaruh Feedback Guru Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII Di MTS Negeri 1 Bone Bolango Kabupaten Bone Bolango

Sabrina Adjulani, Usman Moonti, Sudirman Sudirman, Melizubaida Mahmud, Agil Bahsoan

Abstract


Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Feedback Guru Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII MTs Negeri 1 Bone Bolango Kabupaten Bone Bolango. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner pada Siswa kelas VII di MTs Negeri 1 Bone Bolango Kabupaten Bone Bolango.Jumlah Penarikan Sampel dalam penelitian ini sebesar 58 responden.Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh Feedback Guru Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII MTs Negeri 1 Bone Bolango Kabupaten Bone Bolango. Besaran pengaruh Feedback Guru Terhadap Aktivitas Belajar Siswa 14,8% sedangkan sisanya sebesar 85,2% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti.


Keywords


Feedback Guru; Aktivitas Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


Arikunto. (2012). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Darisman, Eka Kurnia. (2021). Belajar Psikologi Olahraga Sebuah Teori Dan Aplikasi Dalam Olahraga. Surabaya: CV Jakad Media Publishing

Emily. (2018) “Feedback influences children’s reasioning about math equivalence: A -meta-analytic review”, Thingking &Reasoning, Vol. 24 No. 2.

Febriana, Eka Fitri. (2015). Pengaruh Immediate Feedback Disertai Reward Terhadap Hasil Belajar Materi Asam Basa di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4:1,158.

Haryoko, Sapto. (2011). “Efektivitas Strategi Pemberian Umpan Balik Terhadap Kinerja Praktikum Mahasiswa D-3 Jurusan Teknik Elektronika”, Cakrawala Pendidikan, Vol. 30 No. 1.

Ihsana El Khuluqo. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nata, Abuddin. (2011).Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaraan. Jakarta: Kencana,

OemarHamalik. (2011). Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya

Rofa’ah. (2016). Pentingnya Kompetensi Guru dalam Kegiatan Pembelajaran dalam Prespektif Islam. Yogyakarta: Deepublish

Sardiman. A.M. (2014). Interaksi dan Motifasi Belajar Mengajar.Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Sari Mila. (2017). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Drill And Practice Terhadap Aktivitas Belajar Siswa (Studi Kasus Mata Pelajaran Akuntansi Pokok Bahasan Jurnal Umum Kelas X Sman 5 Kota Sukabumi Tahun ajaran 2015-2016). Skripsi. Bandung: UNPAS

Sugiyono.2018. Metode Penelitian PendidikanPendekatan Kuantitatif, Kualitiatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Uno, Hamzah B, & Nurdin Mohamad. (2011). Belajar dengan Pendekatan Pailkem. Jakarta: PT Bumi Aksara

Wahyudi,Dedi. (2016). Penggunaan Media, Variasi, Dan Umpan Balik Dalam Proses Pembelajaran Untuk Mengoptimalkan Hasil Belajar Siswa. JURNAL EDUCATIVE: Jurnal of Education. Vol.1 No.2.

Wirdarsih, C.A.A (2016). Aplikasi Teori Umpan Balik (feedback) dalam Pembelajaran Motorik Pada Anak Usia Dini. E-Journal STKIP Siliwangi.Vol. 2 No. 1.pp 20-29




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.3.1597-1602.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id