Pengaruh Feedback Guru Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII Di MTS Negeri 1 Bone Bolango Kabupaten Bone Bolango
Abstract
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Feedback Guru Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII MTs Negeri 1 Bone Bolango Kabupaten Bone Bolango. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner pada Siswa kelas VII di MTs Negeri 1 Bone Bolango Kabupaten Bone Bolango.Jumlah Penarikan Sampel dalam penelitian ini sebesar 58 responden.Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh Feedback Guru Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII MTs Negeri 1 Bone Bolango Kabupaten Bone Bolango. Besaran pengaruh Feedback Guru Terhadap Aktivitas Belajar Siswa 14,8% sedangkan sisanya sebesar 85,2% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto. (2012). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Darisman, Eka Kurnia. (2021). Belajar Psikologi Olahraga Sebuah Teori Dan Aplikasi Dalam Olahraga. Surabaya: CV Jakad Media Publishing
Emily. (2018) “Feedback influences children’s reasioning about math equivalence: A -meta-analytic review”, Thingking &Reasoning, Vol. 24 No. 2.
Febriana, Eka Fitri. (2015). Pengaruh Immediate Feedback Disertai Reward Terhadap Hasil Belajar Materi Asam Basa di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4:1,158.
Haryoko, Sapto. (2011). “Efektivitas Strategi Pemberian Umpan Balik Terhadap Kinerja Praktikum Mahasiswa D-3 Jurusan Teknik Elektronika”, Cakrawala Pendidikan, Vol. 30 No. 1.
Ihsana El Khuluqo. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nata, Abuddin. (2011).Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaraan. Jakarta: Kencana,
OemarHamalik. (2011). Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya
Rofa’ah. (2016). Pentingnya Kompetensi Guru dalam Kegiatan Pembelajaran dalam Prespektif Islam. Yogyakarta: Deepublish
Sardiman. A.M. (2014). Interaksi dan Motifasi Belajar Mengajar.Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Sari Mila. (2017). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Drill And Practice Terhadap Aktivitas Belajar Siswa (Studi Kasus Mata Pelajaran Akuntansi Pokok Bahasan Jurnal Umum Kelas X Sman 5 Kota Sukabumi Tahun ajaran 2015-2016). Skripsi. Bandung: UNPAS
Sugiyono.2018. Metode Penelitian PendidikanPendekatan Kuantitatif, Kualitiatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Uno, Hamzah B, & Nurdin Mohamad. (2011). Belajar dengan Pendekatan Pailkem. Jakarta: PT Bumi Aksara
Wahyudi,Dedi. (2016). Penggunaan Media, Variasi, Dan Umpan Balik Dalam Proses Pembelajaran Untuk Mengoptimalkan Hasil Belajar Siswa. JURNAL EDUCATIVE: Jurnal of Education. Vol.1 No.2.
Wirdarsih, C.A.A (2016). Aplikasi Teori Umpan Balik (feedback) dalam Pembelajaran Motorik Pada Anak Usia Dini. E-Journal STKIP Siliwangi.Vol. 2 No. 1.pp 20-29
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.3.1597-1602.2022
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id