Pengaruh Motivasi Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango

Silvani Ali, Usman Moonti, Irwan Yantu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Motivasi Belajar dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMP Negeri 1 Bulango Utara Kabupaten Bone Bolango. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan jumlah responden 60 responden (siswa) di SMP Negeri 1 Bulango Utara. Instrumen utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan regresi linier berganda selanjutnya dilakukan uji asumsi klasik. Hasil penelitian Y = 13,151 + 0,362X1 + 0,136X2. Persamaan ini mengandung arti bahwa setiap variabel terjadi perubahan (penurunan atau peningkatan) sebesar 13,151 unit pada variabel Hasil Belajar Siswa (Y) diikuti oleh perubahan (penurunan atau peningkatan) sebesar 0,362 unit variabel motivasi belajar (X1) maka diikuti oleh perubahan (penurunan atau peningkatan) sebesar 0,136 kemandirian belajar (X2). Demikian pula hasil pengujian hipotesis dilihat dari nilai sig. sebesar 0,000<0,05 menunjukkan bahwa ada pengaruh variabel Motivasi Belajar (X1) Terhadap Hasil Belajar Siswa (Y). Sedangkan hasil pengujian hipotesis dilihat dari nilai sig. sebesar 0,105>0,05 menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh variabel Kemandirian Belajar (X2) Terhadap Hasil Belajar Siswa (Y). selanjutnya hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan R Square sebesar 0,398 yang berarti bahwa sebesar 39,8% variabilitas mengenai hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Bulango Utara. Berdasarkan hasil diatas, dapat disimpulkan bahwa Motivasi Belajar berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Siswa sedangkan Kemandirian Belajar tidak berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Siswa.

Keywords


Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


Adicondro,N., Purnamasari, A. 2011. Efikasi Diri, Dukungan Keluarga Dan Self Regulated Learning Pada Siswa Kelas VIII. Jurnal Humanitas. Vol 1.

Agus, Suprijono. 2012. Metode dan Model-Model Mengajar. Bandung:Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivirate Dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

_____________. 2015. Konsep, Teknik, Aplikasi Menggunakan Smart PLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hamalik , Oemar. 2012. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung:Remaja Rosdakarya.

Hamdu , Ghullam., Agustina, Lisa. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol 12.

Kusuma, Zuhaira Laily., Subkhan. 2015. Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMAN 3 Pati Tahun Ajaran 2013/2014. Economic Education Analysis Journal. Vol 4.

Mahmudi, Ibnu. 2012. Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Bimbingan Konseling Islam. Jurnal Bimbingan dan Konseling. Vol 1.

Mudjiman, Haris. 2011. Belajar Mandiri. Surakarta: UNS PRESS.

Mulyaningsih, I.E . 2014. Pengaruh Interaksi Sosial Keluarga, Motivasi Belajar, Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar . Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 20 (4), 441-451.

Nurwahyuni. 2013. Pengaruh Konsep Diri Siswa dan pola asuh orang tua terhadap kemandirian belajar siswa SMP di Palu Sulawesi Tengah. Tri Sentral Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol. 2 Edisi 4 Juli-Desember.

Rifa’I, Achmad., Catharina, T. Anni. 2012. Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES PRESS. Hal 69.

Sanjaya, Wina. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran, Teori dan Praktek Pengembangan Kurikulum KTSP. Jakarta:Kencana.

Sardiman, A.M. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Hal 83.

____________. 2018. Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta: PT Raja Raja Grafindo Persada. Hal 75.

Slameto. 2015. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Bumi Aksara. Hal 74-76.

Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Hal 138.

_____________.2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung:Alfabeta.

Suhendri, Huri. 2014. Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemandirian Belajar. Vol 3 No. 2.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2011. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung:Remaja Rosdakarya. Hal 155

Suprihatin, Siti. 2015. Upaya Guru Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro. Vol 3 (73-82).

Tanjung, Rapita dkk. 2021. Analisis Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Ujung Batu Barus. Jurnal MathEdu (mathematic Education Journal). Vol 4: 88-96.

Uno, H. B. 2011. Teori Motivasi & Pengukurannya: Analisis Di Bidang Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.2.1553-1560.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id