Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Di SMA Negeri 1 Paleleh Barat

Febrianti Febrianti, Melizubaida Mahmud, Radia Hifid

Abstract


The study aimend to determine the effect of extracurricular activities on the student character building at SMA Negeri 1 Paleleh Barat. It employet a quantitative descriftif method,Quantitatif approach. The data used in this study are primary data obtained from scattering questionnaires to students of SMA Negeri 1 Paleleh Barat who meet the standards set by researchers whit a population of 185 students and samples of 37 students. At the same time, data analysis used simple regression analysis using the SPSS 25 program. The findings denote that the extracurricular activities positively and significantly affect the student character building at SMA Negeri 1 Paleleh Barat,which means that more routine students carry out extracrrucular activities,it will improve student character building. Additionally,the calculation result indicates that the coefficient of determination in this study is 34,4%, meaning that the variable of student character building can be explained by the variable of extracurricular activities for 34,4%. In contrast,the reaming 65,6% is explained by other variables that are not examined in this study.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh kegiatan ekstrakurikuler terhadap pembentukan karakter siswa Di SMA Negeri 1 Paleleh Barat.Adapun Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer yang diperoleh dari penyebaran Kuisioner/angket kepada siswa SMA Negeri 1 Paleleh Baratyang memenuhi standar yang sudah ditetapkan peneliti dengan jumlah populasi 185 siswa dan sampel dalam penelitian ini adalah sejumlah 37 siswa. Analisis Data yang digunakan yaitu Analisis Regresi Sederhana dengan menggunakan bantuan program SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kegiatan ekstrakurikuler berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembentukan karakter siswa Di SMA Negeri 1 Paleleh Barat, yang dapat diartikan bahwa semakin siswa rutin melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler maka akan meningkat pula pembentukan karakter siswa. Hasil Penelitian perhitungan koefisien determinasi dari penelitian ini yaitu sebesar34,4% yang berarti variable pembentukan karakter siswa dapat dijelasakan oleh variable kegiatan ekstrakurikuler sebesar 34,4% sedangkan sisanya sebesar 65,6% dijelaskan oleh variable lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


Keywords


Extracurricular Activities, Student Character Building, Kegiatan Ektrakurikuler, Pembentukan Karakter Siswa

Full Text:

PDF

References


Anifral,Hendri.2008.Ekskul olahraga upaya membangun karakter karakter siswa.http://202.152.33.84/index.php?.content:Vicu & Ida 16421itemid:46.Saturday.1 Nov 2021.pkl 22:10 WITA

Asmani,Jamal Malmun.2013.Buku panduan internalisasi pendidikan karakter disekolah.Yokyakarta:Diva press.

Arikunto,S.2010.Prosedur penelitian sesuatu pendekatan praktis. Jakarta:Rineka Cipta

Arikunto,S.2002.Metedologi penelitian suatu pendekatan proposal.Jakarta: Rineka Cipta

Azwar,S.2011.Reabilitas dan validasi.Yokyakarta : Pustaka Belajar

Airtanah, A. (2014). Bab ii kajian teori. Bab Ii Kajian Teori, 1, 9–34.

Chatib Munif.2014. Sekolah anak anak juara cetakan ketiga.Bandung : Kaifa.

Creswell.J.W(2013)Research design pendekatan kuantitatif,kualitatif dan mixed.Yogyakarta: pustaka pelajar.

Diyah, L. (2016). Karakter Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri ( Sman ) 09 Bandar Lampung Impacts of Intracurricular and Extracurricular Activities Towards the Formation of High School Students’.Jurnal Pendidikan Volume 14, Nomor 2, Agustus 2016, 14, 171–186.

Dursun, P. (2012). This capitaisasion lagislation A Background paper for country tax administration.66 (December),37–39.http://www.oecd.org/ctp hax-global/s.thin_capitalition_background.pdf

Degeng.1991.Karakteristik belajar mahasiswa berbagai pengguruan tinggi di Indonesia .Jakarta:Depdikbud Dirgen Dikti proyek pengembangan pusat fasilitas bersama antara Univversitas/IUC

Euis Puspitasari.2014. Pendekatan pendidikan karakter.Jurnal pendidikan sosial dan ekonomi, Vol 3.No 2 hal 46.

Farih, M. N. (2020). Peran Guru Sebagai Fasilitator Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Sejarah Di Sma Negeri I Kajen Kabupaten Pekalongan.

Fatimah, H. (n.d.). Bahan 1 PDF.

Inriyani,Y.,Wahjoedi,W.,& Sudarmiatin, S. (2016). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud, 1, 1–7.

Kemandirian, P. D., Jawab, T., Tk, D., & Xiii, P. (2020). Identifikasi Penerapan Pendidikan Karakter. 3(1).

Kurniawan, F., Hadi, T., Jur, K.,Fakultas,K., Keolahragaan, I., & Negeri, U. (n.d.). Ekstra Kurikuler Sebagai Wahana Pembentukan Karakter Siswa di Lingkungan Pendidikan Sekolah. 1–17.

Karim.2013. Pengaruh keikutsertaan siswa dalam bimbingan belajar dan ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar matematika.JMP matematika. JMP IAIN Antasari.Vol1No.1,hal (1-8)

Lutan,Rusli.1986.Pengelolaan interaksi belajar mengajar intrakurikuler,kurikuler dan ekstrakurikuler.Jakarta : Universtas Terbuka.

Megawangi,Ratna.2007.Pendidikan Karakter.Jakarta : Indonesia Heritage Foundation.

Noor.Rohina M.2012. pengembangan karakter anak secara efektif disekolah dan dirumah. Jakarata : PT.Pustaka insan madani.

Nuraskiyah. (2017). Strategi Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Smp Negeri 3 Mapilli Kec. Mapilli Kab. Polewali Mandar.

Oemar Malik.2005. Kurikulum dan pembelajaran.Jakarta : PT. Bumi Aksara. oeng siol Tiang & Tarigan 1958. Renang.Jakarata:Keng po

PERSETUJUAN Skripsi yang berjudul “ Faktor -Faktor Pendukung Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Renang Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah Prambanan 1 Klaten Tahun Ajaran 2015 / 2016”yang disusun oleh Muhammad Chandra , NIM 12601244049 ini telah disetujui . (2016).

Pratiwi, S. I., Kristen, U., Wacana, S., Salatiga, K., & Tengah, J. (2020). Pengaruh ekstrakurikuler pramuka terhadap karakter disiplin siswa sd. 2(1), 62–70.

Sekolah, E. D. I. (2017). Jurnal sosioreligi. 15.

Semarang,U.N.,Basket,E.B.,& Belajar,P. (2019). PENGARUH EKSTRAKURIKULER BOLA BASKET TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATAPELAJARAN OLAHRAGA Laila Fathia Zulfiani Djuniadi Putri Khoirin Nashiroh. 36–39.

Susilowati,Dwi."Pentingnya pendidikan Karakter Sejak Dini.http://kompasiana.com/www.dwisosilowati.com/pentingnyapenanamankaraktersejakdini.54307745513902660700c.Diakses 6 Nov

Suheli,S.(2018).Manajemen Peserta Didik Berbasis Pesantren dalam Pembentukan Karakter.JurnalKependidikan,6(2),207–221. https://doi.org/10.24090/jk.v6i2.2258

Suryobroto.2002. Proses belajar mengajar disekolah. Jakarta : PT. Rineke cipta

Syamsudin,Bambang.(2012).Dampak kegiatan ekstrakurikuler olahraga frekuensi tinggi rendah dan kegiatan bukan olahraga terhadap hasil belajar siswa SMP Santa Meria Bandung. dalam jurnal pendidikan UPI 2012.

Sudjada.2014.Metode statistika. Bandung:tarsito

Sugiyono.2007. Metode penelitian kuantitatif,kualitatif dan R&D.Bandung:

Alfabeta.

Sugiyono.2017. Metode penelitian kuantitatif,kualitatif dan R&D.Bandung:

Alfabeta.

Sugiyono.2011.Metode penelitian kuantitatif,kualitatif dan R&D.Bandung:

Alfabeta.

Sugiyono.2015. Metode penelitian kombinasi (mix metode).Bandumng:Alfabeta.

Syam, S.,& Saleh,S.(2017).Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler terhadap Pembentukan Karakter Siswa SMPN 22 Makassar. 3(87).

Suwardi & Daryono,(2017).managemen peserta didik,Yokyakarta: Gava media.

Takd ir.(2017). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Terhadap peningkatan Kemampuan Konsep Diri (Self concept) Peserta Didik SMA Negri 1 Sinjai Timur Kabupaten Sinjai. In Jurnal Sains dan Seni ITS (Vol. 6, Nomor 1).

Tangerang,D. I. S. D. N. (n.d.). Analisis pembentukan karakter siswa di sdn tangerang 15. 4, 158–179.

Wina Sanjaya.(2009).strategi pembelajaran beriorientasi standar proses pendidikan. Jakarta : Kencana media grup.

Wiyani,Novan Ardi.(2013). Membumikan pendidikan karkter di SD. Yokyakarta : Ar Ruzz media

Wahyusumidjo.2009.Kepemimpinan kepala sekolah tinjauan tioritis dan permasalahan. Jakarta : Rajawali Pers.

Wulandari, R. A. (2015). Sastra dalam pembentukan karakter siswa. 2(2).

Zubaedi.2011.Desain Pendidian karakter.Jakarta:kencana prenada media grup.

Zubaed.2012.Design pendidikan karakter konsepsi dan aplikasinya dalam lembaga pendidikan.Jakarta: Kencana perdana media grup.

Zulhan,N.2010.Pendidikan berbasis karakter.Surabaya: Jepe press media utama




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.2.1535-1552.2022

Refbacks



Copyright (c) 2022 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id